2 September 2016

Bekal Masa Depan Chil-Go! Si Kinestetik Mau Jadi Dokter



                Bekal Masa Depan Chil-Go! Si Kinestetik Mau Jadi Dokter - Umumnya setiap anak jika ditanya soal cita-cita pasti yang jadi favorit adalah antara dokter, insinyur, dan pilot. Begitu juga Keisha keponakan saya, si anak kinestetik ini sering banget bilang keinginannya untuk menjadi dokter. Soal alasan sih dia bilang mau sering-sering periksa mbah Uti yang sakit. Bahkan dalam bermainpun dia selalu memerankan peran sebagai seorang dokter. Namanya cucu pasti teriring doa dari simbah agar kelak dia beneran jadi dokter.  


                Beberapa kali saya sering kasak-kusuk sama mbak saya (mamanya Keisha). Awalnya sih biasa curhatan biasa antara seorang adik ke mbak satu-satunya. Lama kelamaan kami terlibat dalam sebuah topic yang lumayan berat untuk saya. Pendidikan yang saat ini menjadi bahan perbincangan dimana-mana, entah kurikulumnya, kasus-kasus yang lagi heboh di media massa, dilematisnya orang tua dalam milih sekolah anak, dan yang paling sering dikeluhkan para orang tua adalah soal biaya sekolah. 


                Untuk menjadi seorang dokter seperti impian Keisha sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan sekarang ini laju perekonomian Indonesia mengalami inflasi hampir 20% tiap tahunnya. Kebayang gimana nantinya biaya pendidikan Intan dan adik-adiknya jika saat ini saja biaya pendidikan tiap tahunnya naik. Bahkan untuk kebutuhan pokok saja selalu naik dan naik. 


                Bijak dalam keuangan itu perlu, mempersiapkan dana pendidikan untuk anak itu wajib. Mbak memang sudah berinvestasi untuk biaya pendidikan ketiga anaknya. Dari pengakuan mbak dia ikut dalam program asuransi, selain itu beliau mengajak ketiga anaknya untuk membuat tabungan mandiri di salah satu bank swasta. Untuk biaya pendidikan rata-rata mengalami kenaikan sebanyak 7%-15% tiap tahunnya, tentu banyak pilihan investasi yang bisa dipilih oleh para orang tua.


                Kebayang berapa rupiah yang harus digelontorkan mbak dan suaminya untuk mewujudkan cita-cita Keisha untuk jadi dokter. ZAP Finance Reseach Division menyatakan bahwa persiapan biaya pendidikan bisa kita hitung dengan kalkulator financial. Kebetulan saat ini usia Keisha 3 tahun, jadi coba dilihat perhitungan biaya pendidikannya. 
  Gimana mbak, mantap kan nominal yang harus kalian siapkan? Hahahaha…

            Perkiraan biaya pendidikan Keisha aja udah segitu nominalnya. Gimana nanti untuk biaya Intan dan adik-adiknya. Sebagai orang tua tentu kepingin anaknya sekolah setinggi-tingginya. Bahkan saya aja berkeinginan nantinya bisa menyekolahkan Intan dan adik-adiknya sampai jenjang sarjana. Harapan lainnya syukur-syukur anak-anak saya nantinya dapat beasiswa pendidikan. 


            Saya dan papa juga sudah sering membahas soal pendidikan Intan. Sebagai orang tua yang masih benar-benar junior dalam menapaki kehidupan rumah tangga, sebisa mungkin kami tetap memprioritaskan dana pendidikan anak-anak kami. Beberapa cara yang kami lakukan diantaranya :


1.      Membuat rekening khusus untuk tabungan Intan. Saya sengaja memilih bank daerah dan sengaja memilih jenis tabungan yang tidak menyediakan ATM. Khawatir karena kalau tahu ada simpanan jadi gatal buat diambil. 
uwel2 duit trus dimasukin ke macan^^

2.  Menyediakan celengan khusus di rumah. Sengaja memang saya beli dari jaman pengantin baru. Sampai saat ini masih sering saya dan suami isi meskiun hanya recehan. Saya berharap dengan cara ini saya juga bisa mengajarkan ke Intan kalau menabung itu perlu.


           Ada banyak cara lain yang bisa dipilih para orang tua untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak. Salah satunya adalah dengan mengikuti Program Bekal Masa Depan  Chil-Go!. Merupakan salah satu langkah Morinaga dalam mendukung gerakan #SiapCerdaskanBangsa yang ditujukan kepada para orang tua untuk dapat berbagi  stimulasi dan ide kreatif dalam mengembangkan Kecerdasan Majemuk Si Kecil. Melalui program ini diharapkan para generasi mendatang mampu menjadi Generasi Platinum yang multitalenta.


 Nantinya Morinaga Chil-Go! akan memilih 9 orang pemenang hadiah utama dan 3.035 orang pemenang hadiah hiburan selama periode program berlangsung. Hadiah utama dari Bekal Masa Depan Chil-Go! ini adalah Dana Asuransi untuk Pendidikan dengan total senilai 3 Milyar Rupiah dibagi menjadi 3 (tiga) kategori di masing-masing periode, yaitu :


a.      Platinum: Asuransi Pendidikan senilai Rp 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah)*

b.      Gold: Asuransi Pendidikan senilai Rp 300.000.000,- (tiga ratus juta rupiah)*

c.       Silver: Asuransi Pendidikan senilai Rp 200.000.000,- (dua ratus juta rupiah)*

* berdasarkan perhitungan investasi hingga anak berusia 18 tahun



            Bisa klik disini deh mengenai stimulasi yang saya berikan ke Keisha untuk menstimulus kecerdasan kinestetiknya.  Untuk cara bergabung bisa dilihat video di bawah ini. Atau bisa juga klik disini. 


Melalui Keisha saya belajar bagaimana mengenali kecerdasan setiap anak. Every child is unique, jadi memberikan stimulasi yang sesuai dengan kecerdasan yang dimiliki itu sangat penting.


5 komentar:

  1. Miqdad punya tabungan dari gerabah bentuknya mobil VW, favorit banget, tapi sayang banget mudah pecah :(

    BalasHapus
  2. Setuju banget ama opininya stiap anak itu unik.jadi gk boleh dibeda2kan satu dgn yg lain.bener,kan?

    BalasHapus
  3. Semoga Keisha besok dapet beasiswa kedokteran ya...

    BalasHapus
  4. aamin... semoga jadi dokternya kesampaian..ya nak..

    BalasHapus
  5. Aduh, cita-citanya mulia banget Dek :) Semoga tercapai ya ..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)