Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

5 Hal yang Menjadi Perhatian Kami Pasca Ibu Opname


Akhir Agustus kemarin ibu sakit dan harus opname selama kurang lebih 1 minggu. Sedih sih kalau orang tua sakit terutama ibu. Apalagi ibu memang sudah menderita diabetes sejak 2005 kalau gak salah. Dan itu mengharuskan ibu untuk benar-benar menjaga pola makan dan harus mengkonsumsi obat. Selain itu juga kondisi psikis juga wajib diperhatikan, apalagi terkadang ibu kalau dilarang untuk tidak sembarang makan bisa saja marah. Terus ngambek gitu. Duh, maaf ya bu.


Katanya sih gitu, kita kudu sabar ngadepi orang yang sakit. Apalagi kalau diabetes memang bawaannya lapar aja. Padahal dokter kemarin berpesan supaya ibu menjaga pola makan dan jangan sampai kadar gula dalam darah itu rendah atau bahkan tinggi. Menjaga supaya stabil itu penting banget.

Maka dari itu sepulang dari rumah sakit kemarin saya, bapak dan mbak ketat banget buat ngawasi ibu. Ini semua memang kami lakukan secara bergantian karena anak ibu cuma 2 (saya dan mbak) terlebih peran bapak. Karena bagaimanapun ibu itu bisa dibilang obatnya ya cuma bapak. Mereka kan soulmate banget *uhuk*.

Beberapa hal penting dari dokter yang biasa kita terapkan untu ibu diantaranya:

1.      Keteratutan pola dan jam makan
Memang karena kami hidup di desa, basicnya ibu juga seorang petani dan ibu rumah tangga biasanya soal makan itu yang penting kenyang. Apalagi sepulang dari sawah, bisa dijamin porsi makan bertambah. Nah dengan anjuran dokter memang ibu dianjurkan untuk diet tapi gak boleh diet yang ekstrim. Maksudnya adalah ibu makan di jam-jam yang sudah ditentukan misalnya sarapan pukul 07.00, cemilan buah jam 10.00, makan siang jam 12.00, cemilan sore 15.00 dan makan malam jam 18.00 wib. Di rumah sakit bisa teratur begitu sih, dirumah kadang ibu suka curi-curi makan. Hahaha.

2.      Memperhatikan porsi makan
Nah ini yang jadi sasaran mbak dalam menyiapkan makan ibu. Sepengalaman teman kantor saya yang bapaknya juga diabetes, biasanya untuk makan itu ditimbang. Berapa banyak karbohidratnya, proteinnya, endebla endebrew. Dan itu semua gak boleh banyak-banyak. Harus pas! Mbak sih menyiapkan nasi dengan cetakan mangkuk kecil, jadi pagi, sore, malam porsi ibu ya semangkuk kecil itu ditambah sayur dan lauknya.

3.      Ganti konsumsi gula biasa menjadi gula khusus diabetes
Ini sudah lama ibu lakukan, beliau sudah beralih ke gula khusus diabetes. Jadi kalau dirasain memang manisnya tipis-tipis gitu. Mungkin kalau kurang manis ibu bisa minum teh sambil lihat saya. Hahaha.

4.      Gak boleh capek, stress, dan harus selalu bahagia
Jadi ini kunci utama, terutama buat saya yang sudah dicap sebagai troublemaker kalau dirumah. Hahaha. Menyenangkan hati ibu menjadi PR besar buat saya agar ibu gak mikir aneh-aneh sampai stres dan takutnya ngedrop lagi. Apalagi sekarang saya dan suami memutuskan untuk menggunakan jasa pengasuh. Gapapa, istilah jawanya kami mremake ibu biar sehat , gak kecapean dan panjang umur. Aamiin.

5.      Rajin olah raga
Keliatannya ibu jarang banget olah raga, tetapi ternyata diawal pagi saya selalu mendapati sepeda yang gak ada di parkiran rumah. Dan ternyata ibu sering bersepeda walaupun cuma ke pasar. Hampir setiap pagi ibu ke pasar untuk beli nasi jangung atau belanjaan laiinya dan beliau memilih naik sepeda. Bahkan sesekali sama bapak mereka jalan pagi bareng selepas subuh. Deuh romantis ya.

Sebagai jaga-jaga dan maunya sih gak masuk rumah sakit lagi ya. Ibu memang sudah menyiapkan dana kesehatan sejak lama. Jadi waktu opname kemarin nomboknya gak banyak-banyak amat karena 60% sudah dicover sama dana kesehatan yang ibu punya.Apalagi untuk sehat itu mahal, ada baiknya jika kita jaga-jaga untuk menyiapkan dana kesehatan seperti yang ibu lakukan. Banyak pilihannya, mau nabung sendiri di bank, ikut BPJS atau mempercayakan pada asuransi kesehatan terbaik. Sebenarnya banya kpilihan asuransi, salah satunya adalah Futuready.  
pic from : futuready.com



pic from : futuready.com

Futuready adalah perusahaan broker asuransi terpercaya, informatif, dan netral dalam memberitahukan berbagai informasi mengenai asuransi yang hendak digunakan. Dengan memiliki pengalaman tingkat internasional, menjadikan situs dari AEGON Grop yang bermula di Belanda ini telah memiliki berbagai kerjasama dengan berbagai perusahaan Asuransi terkemuka dan terpercaya. Sebagai bukti ternyata Futuready menjadi satu-satunya broker asuransi resmi yang sudah mendapat ijin dari OJK. Kita bisa memperoleh informasi tentang kebutuhan asuransi termasuk asuransi kesehatan, dan bisa juga kita memilih perusahaan yang kredimel dan resmi. Insyaallah aman deh.

 Apapun pilihannya yang paling penting adalah menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar senantiasa diberikan kesehatan olehNya. Aamiin.




1 komentar

  1. Tidak boleh capek, dan ini yang perlu pengelolaan batin yang bagus, yakni ga boleh stres, sungguh ini penting karena sangat berpengaruh terhadap perbaikan kesehatan ke depannya ya, Mbak.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)