Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Ketika Bu Guru Harus Tampil Prima di Depan Anak-Anak



Ketika Bu Guru Harus Tampil Prima di Depan Anak-Anak - Sekarang ini profesi yang lagi banyak digandrungi adalah guru. Terutama guru SD. Padahal ni ya, untuk jadi guru itu modal gak cuma cukup ijasah aja. Dapet ijasah gampang tapi melaksanakan tanggung jawab sebagai seorang guru itu berat. Secara objek yang dihadapi adalah manusia, benda hidup, bernyawa, punya rasa, punya hati dan punya akal. Bahkan mengajar bukan hanya perkara transfer knowledge aja, tuntutan pemerintah yang makin hari makin tambah entah penanaman karakter lah, ketrampilan lah, tanggap inovasi dan perkembangan IPTEK lah bikin beban dan tanggung jawab guru itu makin banyak. 



Namanya objek yang dihadapi setiap hari manusia jadi ada aja ulahnya. Seperti waktu hari Senin kemarin yang mengharuskan saya untuk tidak  masuk sekolah. Karena tubuh akhirnya tumbang dengan serangkaian kegiatan dan aktifitas baik sekolah maupun rumah. Sekalipun di rumah pikiran masih tetap tertuju pada anak-anak, siapa yang akan nungguin mereka hari itu. Apalagi untuk ijin juga gak bisa lama-lama mengingat tugas dan dinanti anak-anak. 

Dan betul, begitu saya masuk keesokan harinya setelah turun dari motor anak-anak mengerubungi saya untuk bersalaman. Kondisi badan masih belum fit, lesu dan gak semangat. Ditambah menerima cecaran pertanyaan anak-anak, hidup berasa banget puyengnya. Hahaha... namanya ibu dari 22 anak, pastilah pada nyari. Belum lagi tanggung jawab ngurus anak dan suami. Begh. Nikmatnya. 

“bu guru kemarin kemana kok gak masuk? Sakit ya?”
“bu guru jangan sakit nanti kita gak ada yang ngajar.”
“kalau bu guru gak ada, teman-teman pada ramai terus”

Sebegitukah berartinya saya untuk anak-anak saya di sekolah. Seperti anak ayam kehilangan induknya ya. Hahaha.. tapi begitulah anak-anak, saya merasa perhatian mereka sekalipun hanya pertanyaan khas anak-anak itu adalah satu hal yang bikin saya bahagia banget jadi guru. Dan itulah kenapa saya gak mau setengah-setengah dalam melayani mereka. Meskipun anak orang mereka juga perlu diutamakan.

Bu Guru harus selalu tampil prima dihadapan anak-anak
Iya, karena guru ini adalah role model anak-anak dalam segala hal. Sepele, kalau lagi lesu pasti anak-anak ketularan gak semangat buat belajar. Kalau semangat, energi mereka akan berlipat-lipat dari kita. Superr banget kan, bahkan untuk melayani anak-anak saya ini butuh tenaga ekstra. Mereka super criwis, aktif, rasa ingin tahu yang besar, dan bahkan jika sekedar ceramah gak akan mempan. Menciptakan pembelajaran yang lebih kepada ngaak mereka bermain itu sangat capek. Mau gak mau saya mengikuti pola pikir dan imajinasi mereka meskipun polah saya terlihat lebay badai. 

Anak-anak tidak akan melihat apakah gurunya capek atau sedang kurang fit. Mereka hanya ingin belajar sambil bersenang-senang. Itulah kenapa tampil sehat dan prima itu wajib hukumnya. Pasang senyum, dandan cantik, sapaan yang ramah, selalu tampak bahagia memang semacam jadi patokan yang harus diperlihatkan setiap hari. Sekali tampak loyo, anak-anak saya gak segan buat protes. “bu guru gak semangat!”.
 
Untuk tampil prima apalagi pasca sakit memang harus memperhatikan pola makan dan asupan vitamin dalam tubuh. Beberapa hari terakhir karena memang kondisi badan yang gampang capek dan banyaknya aktifitas, saya jadi telat makan bahkan lupa makan. Padahal saya masih berkewajiban kasih ASI ke Intan. Sekalinya mau makan saya sembarangan milih menu yang cenderung pedas. Belum lagi air putih yang saya konsumsi dalam sehari bisa dikatakan kurang dari 2 liter. Alarm dalam tubuh juga saya cuekin dengan dalih “ah nanti juga enakan kalau dipakai buat tidur seharian”. Meskipun kenyataannya tidur dalam waktu agak lama susah karena diganggu anak. Hahaha. 

Terapkan Pola Hidup Sehat dan Minum Multivitamin
Demi kemaslahatan bersama baik di rumah maupun urusan sekolah, akhirnya saya kembali untuk memperhatikan kondisi badan diantaranya :
·         Kembali ke pola hidup sehat dengan makan makanan sehat,
·         memperhatikan jam tidur dan mengurangi begadang,
·         memperbanyak minum air putih agar tubuh tidak kekurangan cairan,
·         mengkonsumsi buah dan sayur. ,
·         Olahraga rutin,
·         Minum multivitamin tambahan.

Iya multivitamin tambahan sangat perlu. Nah, multivitamin yang saya konsumsi adalah Theragran-M yang berguna untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan pasca sakit. Kandungan Theragran-M Multivitamin – Mineral ini diantaranya sebagai berikut :
komposisi Theragran-M

Kapan sebaiknya mengkonsumsi Theragran-M? Dalam satu hari cukup minum 1 tablet aja karena tiap tablet mengandung salut gula yang mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh.  Dengan mengkonsumsi Theragran-M setiap hari dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh pasca sakit dan mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sehari-hari. Karena terdapat kandungan magenesium yang berperan dalam mengembalikan dan menjaga daya tahan tubuh agar cepat pulih dan juga membantu menjaga daya tahan tubuh dari serangan penyakit. 

Kalau minum Theragran-M ini saya jadi ingat dengan tablet dari dokter kandungan saya. Rasanya mirip cuma beda khasiat donk tentunya, dan di lidah memang gak ninggalin rasa apa-apa selain berasa manis aja. Yang pasti gak bikin saya mual, karena biasanya habis minum obat bawaannya mual. Alhamdullillah. Perlu digaris bawahi ternyata produk ini sudah memiliki sertifikat halal MUI dan terdaftar dalam BPOM, jadi sangat aman untuk dikonsumsi.

Saya beruntung karena ada Theragran-M yang membantu saya untuk segera tampil prima di depan anak-anak. Dan menurut saya Theragran-M ini adalah vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan. Rasanya memang gak rela aja jika anak-anak gak semangat dalam belajar karena gurunya masih loyo pasca sakit. Selain dengan menerapkan pola hidup sehat dan minum multivitamin, yang membantu saya untuk segera fit pasca sakit adalah semangat anak-anak serta doa dan semangat dalam diri saya. Karena sakit harus dilawan jadi untuk memberikan afirmasi positif itu perlu banget. Kalau saya sehat, Intan sama papa keurus. Begitu juga anak-anak, mereka akan bermain dan belajar penuh semangat bersama saya. 

Jadi dalam kondisi tubuh yang fit saya siap jika harus menari-nari di depan kelas sama anak-anak, bermain peran sambil menerangkan materi siap saya jabanin. Atau mengajak mereka untuk belajar di luar kelas dengan bermain denah. Ah, sehat itu mahal tapi sakit jauh lebih mahal. Jadi saya milih sehat aja deh.

"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

37 komentar

  1. Perhatian ya sama Bu Guru nya hehehe

    BalasHapus
  2. Bu guru tetap sehat yaa, jangan sakit..he..he..penting mba mengkonsumsi Theragran-M ini biar tetap power ngajarnya. Saya juga udah minum lho :)

    BalasHapus
  3. Bu guru tetap sehat yaa, jangan sakit..he..he..penting mba mengkonsumsi Theragran-M ini biar tetap power ngajarnya. Saya juga udah minum lho :)

    BalasHapus
  4. iya ya bu guru selain harus ehat harus bisa membahagiakan murid agar mereka betah di sekolah

    BalasHapus
  5. Iyaa, harus jaga kesehatan supaya tetap fit, demi mencerdaskan bangsa. :D

    BalasHapus
  6. Waktu kecil saya juga merasa aneh kalau mendengar ibu guru sakit. Soalnya merasa beliau itu luar biasa, mestinya gak pakai sakit seperti saya :)

    BalasHapus
  7. Hidup bu guru cantik dan sehat !!!

    BalasHapus
  8. Hidup bu guru cantik dan sehat !!!

    BalasHapus
  9. Bapakku juga guru mbak, tapi sudah 15 tahun pensiun... jaman dulu gaji guru gak sebesar sekarang, tapi beliau benar-benar guru dalam arti sebenarnya, yang niatnya bener-bener mengabdi, sabar sama murid-muridnya... itulah mengapa aku ga berani jadi guru, takut ga bisa seperti beliau.
    Makanya aku selalu salut sama-bapak/ibu guru yang selalu semangat ngajar....
    semangat ya bu guru...semoga sehat-sehat terus...

    BalasHapus
  10. Dan ngajar itu harus full energi..karena nggak cuma capek fisik tapi juga capek otak..haha

    BalasHapus
  11. Semangat Bu Guru. Sehat selalu biar bisa selalu siap mentransfer ilmu untuk anak anak Indonesia :).
    Btw, sy juga sudah coba TheragranM, lho, Bu Guru. Monggo kalau mau mampir baca-baca blog saya :))

    BalasHapus
  12. Bener mba, terkadang memang butuh vitamin tambahan kalau asupan nutrisinya kurang. Aku juga lagi boost vitamin nih ��

    BalasHapus
  13. Tahu banget deh Mbak misal ngajar dalam keadaan nggak fit. Berasa mau makan orang.

    BalasHapus
  14. Aku aja kudu seger terus di depan mahasiswa cuma saat hamil gini jadi sering lesuu

    BalasHapus
  15. Wuah gurunya imyut-imyut
    Aku jadi pengin diajar Ibu Cheila

    BalasHapus
  16. bu guru kesayangan nih, abisnya bu guru cantik dan baik hati sih

    BalasHapus
  17. Bu guruuuuu cantiiik dan sehat selalu yaaah

    bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  18. Bener ya Che, anak2 mah gk tau kko gurunya lg fit atau ngga. Taunya bu guru hadir dan mereka mau belajar. Keep health ya bugur cil

    BalasHapus
  19. Kalo aku masih kecil, aku pikir kamu bakalan jadi guru idolaku deh Chel.

    BalasHapus
  20. Pekerjaanmu mulia Chelia..dan tentunya butuh stamina yg prima ya..utk bisa terus memberikan yg terbaik.. Semangat dan fit selalu ya!

    BalasHapus
  21. Jadi ibu yang memiliki anak sekaligus ibu pekerja emang harusselalu fit,untunglah ada Theragran-M yang selalu menemani.

    Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  22. Kalau ibu gurunya segar bugar sehat kayak gini semua pasti senang \m/

    BalasHapus
  23. Semangat bu guru Chelia ^^ tetap sehat selalu yaaaa....

    BalasHapus
  24. Harus tetep jaga kondisi secapek apapun ya :)

    BalasHapus
  25. Bu guru harus tetep ceria dan fit depan anak didiknya, karena biar anak murid semangat belajarnya ya mbak chelia

    BalasHapus
  26. oh rahasianya theragran-M


    Regards
    budy | Travelling Addict
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  27. Hihi..gaya bangau terbangnya ajeb bgt.
    Super guru...!

    BalasHapus
  28. bener banget, guru adalah role model bagi para murid. Karenanya, tampil prima penuh semangat adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh seorang guru.
    Dan Theragran? Yes, aku jg sempat mencobanya lho, luar biasa khasiatnya. :)

    BalasHapus
  29. Hihi..gaya bangau terbangnya ajeb bgt.
    Super guru...!

    BalasHapus
  30. Saya mengajar 24 jam seminggu aja capek banget apalagi guru SD

    BalasHapus
  31. Bu guru memang selalu dikangeni.. makanya guru itu selalu awet muda..

    Seru ya mbak ngajar anak-anak itu kudu jadi kaya anak-anak juga :)

    Aku ni lagi drop juga, tapi mo nyoba Theragran belum berani coz lagi hamil.. meski katanya di web nya boleh.. tapi kayanya harus konsul dokter biar yakin ya.

    BalasHapus
  32. Jadi bu guru harus selalu bugar ya Cheila, biar muridnya ceria & semangat juga.

    BalasHapus
  33. Bu guru mah harus sehat teruuuus, biar tetap ceria kalau sedang menghadapi murid2nya hehehe...

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)