10 Oktober 2016

Terapkan 3 Kebiasaan Ini Di Rumah


Terapkan 3 Kebiasaan Ini Di Rumah - Ada saat dimana jadi guru itu sangat lelah. Merancang pembelajaran, ngajar, evaluasi, belum tugas tambahan lainnya. Segitu banyak tanggung jawab tapi honor belum layak, biar deh Allah kasih rejeki berlebih buat saya dan suami *halagh*. Bel istirahat atau pulang sebenarnya bukan siswa doank yang bahagia dengerinnya. Guru juga! Dan biasanya istirahat saya pakai buat kepo instagram artis, kalau gak ya kepo akunnya lambe turah. Hahaha. Emak haus gosip, nak!





Dunia mah gitu. TV lagi rame-ramenya nayangin si Kanjeng yang pinter gandain uang. IG rame banget sama artis yang lagi hebohnya endors sana-sini. Yah, namanya TV sekarang lagi rame-ramenya sama pasangan Raffi sama Nagita Slavina. Mau gosip, keseharian keluarganya, sampai promo produk Raffi Ahmat- Nagita yang lagi gencar-gencarnya di Alfamart. Trus duit mereka buat apa jika tiap detik nongol hampir di semua channel TV? Hahaha!

Ada satu kemirisan sih di sudut pandang saya ketika mengawasi tingkah polah anak-anak waktu istirahat. Namanya anak ya si peniru ulung, spons paling ampuh dan mesin fotocopy paling canggih se jagad Bimasakti. Tingkah mereka itu neiru banget sama sinetron yang lagi hits banget di salah satu stasiun TV. Mulai dari cara mereka bergaul dengan membentuk geng kecil lah, olok-olokan sama temannya lah, sampai gaya berantemnya mirip, dan diantara anak-anak saya menamainya “mainan a la anak jalanan”. Oh Please!

KPI kemana aja sih? Kenapa lulus sensor? Kenapa jam segitu harus ditayangin sinetron begituan? Saya mah setuju kalau Dunia Dalam Berita ditayangkan lagi di jam-jam anak belajar kalau malam. Demi apa? Demi kemaslahatan bersama dimana anak gak niru sinetron-sinetron yang menyimpan unsur kekerasan dan cinta-cintaan gak mutu begituan.

Nah, ini bukan semata tugas guru ya ketika dalam bisni pertelevisian diisi sama iklan ini itu, artis yang itu-itu aja dan boyong sekeluarga buat nongol di TV, sampai sinetron yang isinya berantem sama cinta-cintaan. Keluarga adalah sebaik-baiknya sekolah untuk anak. Dan penanaman karakter serta kedisiplinan itu ada dalam keluarga. Saya sih pengen ngajak para orang tua untuk melakukan beberapa kebiasaan ini demi si anak, seperti :

1.      Matikan TV disaat jam anak belajar
Kapan hari saya melihat poster bertuliskan “matikan TV dari jam 18.00 wib – 20.00 wib”. Saya setuju banget, di jam-jam itulah biasanya anak-anak belajar. Agar konsentrasinya tidak terganggu alangkah baiknya orang tua tidak sengaja menonton TV pada jam tersebut. Ingat, ayah sama bunda yang kompak ya!

2.      Konsisten dalam membuat peraturan di rumah
Ini juga penting, ketika anak dilarang nonton TV jangan sampai orang tua melanggar kesepakatan yang sudah dibuat. Bagi anak orang tua adalah role model, jadi jangan sampai role modelnya hanya sekedar bikin aturan tanpa bisa memberikan contoh. Dinasehati saja anak gak ngerti, tapi wajib diberi contoh.

3.      Dampingi anak saat menonton TV
Jangan sampai ayah sama bunda lalai dalam mendampingi anak saat nonton TV. Ada tuh tayangan khusus anak, remaja, dewasa, dan bimbingan orang tua. Jangan sampai anak salah nonton ya. Bahaya. Selain itu menonton TV bersama bisa jadi satu alternatif quality time antara orang tua dan anak, jadi kebersamaan gak harus selalu piknik bukan?

Sepertinya gak susah kan ya kalau dicoba ke anak-anak kita. Anak itu aset loh, jadi sudah semestinya kita sebagai orang tua untuk selalu mengajarkan dan memberikan contoh yang baik. Boleh lah ngefans sama artis kondang seperti Aliando, Raffi Ahmad atau Nagita Slavina. Tapi yang lebih penting adalah beri pengertian ke anak bahwa ada porsi tersendiri yang sesuai dengan umurnya, termasuk tontonan sehari-hari. Mungkin ada yang sudah menerapkan ketiga kebiasaan diatas, atau ada yang mau menambahkan tipsnya? Saya tunggu ^^


Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Mana sekarang nggak cuma TV pulak Mbak~ ada youtube loohh hehe XD
    Di Youtube juga banyak konten yang ngga baik buat anak-anak

    BalasHapus
  2. Kebiasaan yg bagus memang harus diterapkan di rumah ya Che. Ship

    BalasHapus
  3. Selektip pilih tayangan buat anak, nonton inpotainment tunggu mereka bobo huahaha

    BalasHapus
  4. Nice tips, say. Aku jg prihatin banget dengan ponakan yang TV mania banget. Lupa segalanya kalo udah berhadapan sama layar TV. Hadeuh. Ini kudu jalanin 3 tips ini deh, diawasi oleh ibunya. Kalo olehku, bisa2 kena pentung ntar si ponakan, haha.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)