25 Januari 2017

Tips Hindari Kesalahan saat Pindah Rumah


Tips Hindari Kesalahan saat Pindah RumahPindah ke hunian baru adalah hal yang paling menyenangkan sekaligus menegangkan di hidup kita karena kehidupan baru dimulai tepat sesaat setelah kita ‘meninggalkan’ kehidupan kita yang lama.. Pindah rumah tentu membutuhkan proses yang tidak mudah. Dimulai dari menjual rumah lama dan membeli rumah baru (atau tidak melalui proses jual-beli sama sekali), mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk pindahan, dan yang paling sulit - menyiapkan diri sendiri untuk pindah dari rumah yang telah ditinggali bertahun-tahun. Belum lagi harus menghadapi kesalahan yang umum terjadi saat pindah rumah.. Duuh, ribet! Kita sedang memikirkan untuk pindah tempat tinggal, tapi butuh panduan yang jelas agar proses pindah rumah menjadi mudah? Yuk, simak beberapa tips dibawah ini agar terhindar dari kesalahan saat akan pindah rumah!

  • Rencanakan Packing dari Jauh Hari

Banyak orang yang menganggap remeh urusan packing, padahal sebagian besar masalah yang terjadi saat pindah rumah berawal dari kesalahan dalam packing barang. Entah itu ada barang yang ketinggalan, rusak dan hilang karena proses pengepakan yang tidak benar. Rencanakan proses packing Kita dengan rinci teliti agar terhindar dari masalah di kemudian hari.
  • Cari Jasa Pindahan yang Tepat

Apabila Kita memilih untuk menggunakan jasa pindahan dalam membantu Kita saat packing untuk pindah rumah, pilihlah dengan cermat dan teliti. Jangan asal memilih jasa pindahan karena beresiko kepada seluruh barang yang Kita percayakan. Pilihlah penyedia jasa pindahan yang berkredibilitas dan berkualitas yang tinggi namun tetap dengan harga yang masuk akal. Salah satu marketplace penyedia jasa pindahan rumah yang terpercaya di Indonesia adalah Sejasa.com. Cukup dengan mengakses website atau mendownload aplikasi Sejasa di Samsung Play Store, dan memasukkan lokasi serta layanan yang Kita butuhkan, Kita tinggal duduk manis dan menunggu barang Kita sampai ke rumah baru Kita.

  • Asuransikan Barang Berharga Kita


Dalam proses pengiriman barang dari rumah baru ke rumah lama, banyak hal yang dapat menimpa barang berharga Kita. Tidak dapat dibayangkan betapa galau-nya kita kelak bila komputer atau TV kesayangan somplak sana-sini akibat kurir pengirim yang ceroboh. Guna menghindari hal tersebut menimpa kita, asuransikan barang berharga kita yang sekiranya termasuk ke dalam kategori pecah-belah agar tidak menyesal nantinya.

  • Selalu Memberi Label pada Kardus


Ini merupakan peraturan utama ketika packing barang: selalu labeli kardus sesuai isinya! Ini akan meringkas waktu yang harus Kita lewati mengecek isi kardus satu per-satu bila kardus berisi barang pindahan tidak diberi label.

  • Tidak Memindahkan Semua Barang ke Rumah Baru


Pilah-pilih mana sekiranya barang yang akan digunakan oleh Kita dan anggota keluarga lainnya. Jangan terlalu memaksa untuk memindahkan seluruh barang dari rumah lama ke rumah baru Kita tanpa pemikiran yang matang. Daripada menyesakkan rumah baru Kita dengan barang-barang yang tak terpakai, Kita bisa menjual atau lebih bagus lagi – memberikan barang-barang yang tak berguna tapi masih layak pakai kepada orang yang lebih membutuhkan. Hitung-hitung amal, bukan? 
  • Tidak Mengumbar di Internet secara Berlebihan


Dengan adanya perkembangan teknologi yang memunculkan berbagai jenis media sosial, tidak afdol rasanya bila pindahan rumah tanpa mem-posting di internet. Hal tersebut sah-sah saja selagi Kita masih di batas wajar. Privasi dan keamanan Kita serta keluarga Kita adalah prioritas utama. Jangan pernah meng-upload foto rumah beserta alamat lengkap rumah baru Kita ke internet karena hal tersebut ‘mengundang tamu’ untuk datang. Cukup bercerita mengenai kepindahan Kita ke keluarga dan teman dekat saja.

  • Jangan Lupa untuk Mengganti Alamat di Kartu Identitas Kita


Laporkan kepindahan dan alamat baru Kita kepada RT, RW, Kelurahan, Bank, Perusahaan Asuransi, sekolah, dan kantor tempat Kita bekerja. Hal ini bertujuan selain untuk mempermudah Kita, juga agar menghindari penyalah-gunaan oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Diantara teman-teman ada yang berencana pindahan? Semoga tips dari saya ini bermanfaat ya.




[placement artikel]

8 komentar:

  1. Saya juga baru pindah mbak..Pindah antar negara pula. Repotnya pake bangeet...mulai dari packing barang..daftar ke negara yang baru, daftar ke RS supaya dapat nama dokter pribadi..capeeek :D

    BalasHapus
  2. Aku pernah dua kali pindah. Pindah kedua ribet banget karena barang semakin banyak. Kayaknya harus dikirim bertahap sih ya :)

    BalasHapus
  3. Untuk Anda yang sangat suka bepergian atau traveling, menguasai bahasa asing adalah hal yang sangat diperlukan karena Anda memerlukan bahasa tersebut untuk berkomunikasi dengan orang yang Anda temui terutama jika Anda bepergian ke luar negeri http://jalan2.com/forum/blogs/entry/1629-7-manfaat-traveling-dan-pentingnya-mempelajari-bahasa-asing/

    BalasHapus
  4. Hihihi iyaa saatnya menyeleksi barang yang dibutuhkan dan kudu didonasikan yaa, dibawa semua, penuuh..

    BalasHapus
  5. Wah saya udah ngalamin pindah rumah sebanyak 7x, setuju dengan tipsnya 😊

    BalasHapus
  6. Paling ribet kalau mengganti alamat di kartu identitas cel. Urusannya ribet hahaa

    BalasHapus
  7. Aku dulu ninggalin sofa karena rumah yang sekarang aku tempat lebih kecil, separonya. Trus pakai dus khusus agar nggak rusak.

    BalasHapus
  8. Kereen tipsnya ni mbak. Siap diaplikasikan tar kalo jadi pindahan :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)