5 Februari 2017

MACAM-MACAM ALAT UKUR CUACA

MACAM-MACAM ALAT UKUR CUACA - Untuk mendukung aktivitas kerja badan meteorologi dan klimatologi biasa menggunakan bantuan sejumlah alat ukur, berbagai macam alat ukur tersebut memiliki fungsi tertentu. Dengan menggunakan bantuan alat ukur tersebut berbagai perhitungan terhadap cuaca atau lainnya mendapatkan hasil yang pasti. Seperti saat ingin mengetahui kecepatan angin maka alat ukur yang digunakan adalah anemometer atau anemograf, anemometer juga digunakan oleh beberapa bidang industri lainnya. Saat ini alat ukur kecepatan angin dapat dengan mudah didapat di  toko offline jual anemometer atau toko onlinenya.


Untuk menambah pengetahuan kita mengenai alat-alat ukur cuaca, simak dulu yuk ulasannya dibawah ini :

  • Alat Ukur Suhu Udara


Alat ukur suhu udara disebut juga Termometer, terdapat 3 jenis termometer yaitu termometer maksimum, temometer minimum dan termometer tanah. Ketiga termometer ini memiliki fungsi yang berbeda. Termometer maksimum diperuntukkan untuk mengukur suhu udara maksimum, demikian juga dengan termometer minimum yang diperuntukkan untuk mengukur suhu udara minimum. Sedangkan termometer tanah diperuntukkan untuk mengukur suhu udara dalam tanah.
  • Alat Pengukur Kecepatan Angin



Anemometer merupakan alat ukur standar yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin.
Indonesia menggunakan satuan km/jam sedangkan sebagian negara ada yang menggunakan satuan mil/jam sebagai standar perhitungannya. Terdapat beragam jenis dari anemometer tergantung metode pengukuran yang digunakan, alat ini dapat anda temukan di toko jual anemometer di sekitar anda.
  •  Alat Pengukur kelembaban udara

Untuk mengukur kelembabab udara alat yang biasa digunakan ialah Psychrometer. Terdapat beberapa jenis Psychrometer yang lazim digunakan yaitu :
·         Psychrometer Assman
·         Psychrometer Sling / Putar
·         Termohigrograf


  •  Alat Pengukur Tekanan Udara

Alat pengukur tekanan udara bentuk yang mirip dengan termometer, alat ini disebut dengan nama barometer. Pengukuran tekanan udaran menggunakan satuan standar milibar (mb) atau hektopascal (hpa).


Itulah sebagian alat-alat ukur yang digunakan untuk pengukuran unsur cuaca oleh badan klimatologi dunia. Jika teman-teman berminat pada salah satu alat tersebut, teman-teman bisa mendapatkannya dengan mudah, baik itu di toko offline atau online. Karena perkembangan internet dan teknologi yang semakin pesat terutama dalam kemudaha berbelanja online, teman-teman akan sangat dengan mudah menemukan toko online jual anemometer dan alat ukur lainnya secara lengkap.


4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. koq gambarnya gak ada yang berupa peralatan versi digital?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih memberdayakan peralatan manual mas..

      Hapus
  3. Jadi ingat jaman SD bu, hahahaha

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)