20 Februari 2017

Persiapan Study Tour Siswa Sekolah Dasar

persiapan study tour

Persiapan Study Tour Siswa Sekolah Dasar - Agenda rutin tahunan di sekolah selain dengan pelaksanaan ujian dan lomba adalah pelaskanaan study tour. Kerennya sih field trip gitu tapi bagi murid saya, mereka mengenal dengan istilah piknik. Satu hari dimana sangat dinanti-nanti dan pasti mereka tidak akan bisa tidur seminggu lebih demi menantikan piknik bersama teman dan guru-gurunya.


Piknik atau study tour ini sangat dinanti oleh murid dan mereka akan rela menyisihkan uang saku dan rutin menabung demi mencicil biaya study tour. Karena ini adalah semacam harinya anak-anak, jadi yang repot dibalik pelaksanaan study tour ini biasanya adalah gurunya. Bisa sih mengggunakan jasa biro, tapi selama mengajar di sekolah saya ini, kami tidak memilih jasa biro. Mm... menyesuaikan kondisi ekonomi orang tua murid lah. Dan sudah 3 kali ini saya terlibat di panitia study tour. Jujur... repot shay!

Karena ini adalah mempersiapkan harinya anak bersenang-senang, maka team guru juga harus melalui beberapa tahapan yang biasa kami lakukan. Seperti :

1.      Perencanaan
Perencanaan ini biasanya akan dibentuk panitian kecil selama kurang lebih 3 bulan sebelum hari H. Biasanya panitia akan dipilih saat rapat bulanan dewan guru dengan kepala sekolah sebagai penanggung jawabnya. Selain membentuk panitia juga membahas mengenai lokasi wisata, armada bus, konsumsi, dan lain-lain.

2.      Menentukan Lokasi Wisata
Setelah dibentuk panitia kecil, ketua panitia akan berunding mengenai tujuan wisata. Biasanya untuk kalangan sekolah, kami akan memilih wisata edukasi. Entah itu museum, candi, kebun binatang dan berakhir di pantai. Begitupun kota tujuannya, bisa memilih wisata lokal ataupun luar kota. Yang menjadi favorit anak-anak adalah wisata ke luar kota dan sensasi naik bus.  Terlebih bus yang ada teloletnya. Om telolet om!

Saya jadi ingat jaman SMP dulu, kelas dua kami melaksanakan study tour Jakarta- Bogor dan merasakan sensasi wisata di Jakarta dan jalan-jalan ke Bogor bersama teman-teman. Sensasi 3 hari 2 malam naik bus itu bikin mabok, dan nginep di asrama haji yang katanya serem. Hahaha.. pengalaman menyenangkan lah.

3.      Menyusun Proposal
Setelah di bentuk panitia kecil dan memilih tujuan wisata, langkah berikutnya adalah penyusunan proposal yang nantinya akan diajukan ke kepala sekolah, dinas pendidikan, dan polsek. Karena ini masih menyangkut instansi, maka pelaksaan tidak hanya sekedar asal berangkat saja. Harus tertera tujuan serta rincian secara gamblang yang nantinya proposal itu akan disetujui atau tidak. Terlebih dalam proses pengajuan ijin ke dinas pendidikan.

4.      Pemberitahuan ke orang tua / wali murid
Setelah proposal deal, biasanya pihak sekolah akan memberikan pemberitahuan ke orang tua mengenai agenda study tour. Memang selentingan agenda itu akan tersebar sebelumnya, nah dengan adanya pemberitahuan resmi dari sekolah diharapkan orang tua akan mengerti dan paham mengenai pelaksanaan serta rincian dana yang biasa kami beritahukan secara transparan ke orang tua.

Nggak jarang kami menerima komentar pedas mengenai pelaksanaan study tour. Nah tujuan dengan adanya pemberitahuan ini adalah salah satu cara membuka cara pandang orang tua bahwa guru nggak sekedar ikut study tour, tapi juga memiliki tanggung jawab besar selama pelaksanaannya nanti.

5.      Pelaksanaan
Ini semacam gong nya. Jadi disaat semua tahapan dimulai dari perencanaan sampai penyusunan proposal, pengajuan ijin dinas dan polsek disetujui, saatnya eksekusi. Enak memang kesannya guru akan piknik gratis, tapi dibalik itu semua kami juga sedang bekerja. Melayani anak-anak dari mulai urusan makan, urusan anak-anak yang teler di perjalanan, pengawasan ketika di objek wisata bahkan nanti ketika kami pulang dan mengembalikan anak ke orang tua masing-masing.

Dengan perencanaan yang baik saya percaya pelaksanaan akan berjalan lancar juga. Tentu harus didukung dengan kerjasama, loyalitas, dan komunikasi yang baik antar panitia. Murid happy guru pun juga happy.

6.      Pembubaran panitia
Paling terakhir adalah ini, panitianya dibubarin. Ya iya lah... ketika semua sudah terlaksana, disinilah saat untuk menilai, mengevaluasi dan introspeksi kinerja panitia stuy tour. Termasuk dalam hal ini adalah laporang keuangan. Soal keuangan itu sangat riskan jadi dengan adanya keterbukaan dalam kepanitiaan diharapkan memang tidak ada prasangka ini itu. Tau donk soal duit itu bisa jadi gesekan panas. Sepanas arang. Hahaha.


Begitulah kiranya mengenai persiapan study tour siswa sekolah dasar yang saya dan teman-teman biasa lakukan. Karena ini adalah moment anak bersenang-senang jadi diharapkan memang guru bisa melayani semaksimal mungkin. Capek sih banget, tapi kalau semua berjalan lancar sesuai rencana juga bikin hati lega. Enak kan jadi guru, selain mengajar tugas guru juga piknik sama anak-anak. Setiap tahun pula agendanya, jadi nggak ada istilah bu guru kurang piknik yah. Hahaa... 

Bagaimana? mau piknik sama bu guru? atau mau ngajakin bu guru jalan-jalan ke Bogor, bandung, atau Jakarta? hem,,, di tunggu deh ya.... 

9 komentar:

  1. Ah jadi kangen study tour. Dulu study tourku ke Jogja dan Bali. Miss those moments :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. agenda setiap tahun malah jogja nih ges.hahahah

      Hapus
  2. Baca tulisannya jadi kangen Jogja bu guru..... terakhir ke sana waktu SMA taun 2007 :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. dolan lagi donk ke jogja yang selalu ngangenin ^^

      Hapus
  3. Saya baru tahu ternyata proposalnya ke Dinas juga

    BalasHapus
  4. setelah baca jadi kangen masa2 sd dulu..hehe soalnya juga ke joga sd dulu.

    BalasHapus
  5. Hahaha nggak ada istilah guru sekolah kurang piknik ya :D Oh kalau study tour itu ternyata harus ada ijin sana sini dulu ya, mba.

    BalasHapus
  6. Jadi inget study tour jaman sekolah dulu.. seruuuuu

    BalasHapus
  7. aku pingin ngajak bu guru ke museum atau ke parik gitu bu, biar anak anak tahu proses pembuatan kue yang biasa dimakan atau apa gitu. Kalau ke museum biar anak-anak tahu dan kenal akan sejarah. Mau ya bu, hehe

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)