Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tanah



4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tanah - Salah satu bidang investasi di sector properti yang paling banyak diminati masyarakat adalah investasi tanah. Pasalnya, selain harga tanah yang makin naik dari tahun ke tahun secara signifikan, tidak dibutuhkan biaya perawatan khusus tiap tahun seperti hal nya pada roperti rumah atau apartemen. Bagi teman-teman yang baru memulai investasi ini, ada baiknya teman-teman simak beberapa hal berikut agar tidak salah langkah:


1.      Perhatikan Kondisi, Lokasi dan Luas Tanah

Pilihlah tanah dijual dengan struktur tanah yang kuat dan stabil, sehingga memudahkan pembangunan rumah nantinya. Selain itu, belilah lokasinya. Makin strategis lokasi tanah, makin tinggi nilai jualnya. Strategis tidak berarti saat ini telah strategis. Teman-teman juga harus dapat memprediksi kawasan tanah dimana tanah tersebut berada di masa mendatang, apakah berkembang dengan cepat atau tidak. Kemudian, pilih luas tanah yang tepat, yang sekiranya cocok dan pas untuk dibangun hunian yang layak diatasnya.

2.      Perhatikan Status Tanah

Teman-teman harus teliti memilih tanah, jangan salah membeli tanah yang status kepemilikannya masih belum jelas, semisal: masih menjadi jaminan bank, tanah sengketa warisan, tanah berstatus pembebasan lahan untuk umum, dan sebagainya. Tanah dengan status kepemilikan tidak jelas hanya akan menyulitkan teman-teman kedepannya. Untuk memastikan status tanah kita, ketahui riwayat tanah tersebut dengan meminta informasi kepada pejabat setempat (PPAT).

3.      Perhatikan Kelengkapan Surat Tanah

Sebelum membeli tanah, pastikan surat-surat tanah masih lengkap dan absah. Apabila tanah dijual tersebut telah bersertifikat, perlu diperiksa apakah sertifikat tersebut telah berpindah tangan atau belum dengan cara  meminta Surat Keterangan Pendaftaran Tanah di kantor Kelurahan setempat. Proses akan lebih mudah jika sertifikat tanah tersebut atas nama si penjual itu sendiri. Sedangkan untuk keabsahan sertifikat, teman-teman  dapat meminta bantuan PPAT untuk memeriksa keasliannya melalui BPN (Badan Pertanahan Nasional).

4.      Perhatikan Biaya

Biaya lain-lain yang mengikat dalam proses jual beli tanah hingga terbentuk AJB (akta jual beli) juga harus Teman-teman perhitungkan, seperti biaya administrasi dengan pihak PPAT, pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) dan lain-lain. Pembeli dengan budget minim harus sangat memperhatikan poin no.4 ini agar pengeluaran tidak membengkak.

Pemahaman terhadap 4 poin di atas sangat penting agar Teman-teman tidak mengalami kerugian atau masalah ketika melakukan transaksi pembelian tanah. Teman-teman juga dapat memanfaatkan fasilitas iklan tanah dijual pada beberapa situs terpercaya.

          Bagaimana, masih berminat untuk investasi tanah? Semoga tips 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tanah ini bisa membantu teman-teman ya... Semoga bermanfaat.




[placement artikel] 

6 komentar

  1. Saya & suami lg nabung utk beli tanah.. Kami prefer tanah aja soalnya masih pindah2 tinggalnya. Makasih ilmunya mbaa! :)

    BalasHapus
  2. yup, aku pernak kena tipu tenatng luas tanah saat beli tanah

    BalasHapus
  3. Kita masih bergumul sama pengurusan sertifikat tanah dari tahun kemaren. Petugasnya lambat banget...karena kita nggak mau pake pelicin jadinya gitu deh..molor.

    BalasHapus
  4. Biasanya ngurus sertifikat lama dan mahal mbak. Mbah pernah beli juga di jakarta kena tipu sertifikat ganda

    BalasHapus
  5. yub betul banget, harus selalu teliti min, dan tanah merupakan infestasi yang jarang anjlok harganya, bahkan sangat aneh kalau harga tanah anjlok.

    BalasHapus
  6. yng pasti hrus cek apkah tanah itu sengketa apa tidak..

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)