27 Maret 2017

7 Alasan Dekorasi Kelas



7 Alasan Dekorasi Kelas - Buat aku suasana kelas yang ramai dan menyenangkan itu penting. Karena pada dasarnya aku kurang suka dinding yang polos. Terlebih buat aku, kelas itu ibarat rumah. Aku dan anak-anak adalah penghuninya dimana kita bertanggungjawab untuk membersihkan, menghias, menjaga, dan pokoknya dibuat senyaman mungkin. Supaya apa? Yang jelas biar betah.


Maka dari itu, aku dan anak-anak memutuskan untuk mendekor kelas a la kami. Dekorasinya sih sederhana dan dengan dana sendiri dari uang kas anak-anak. Akan lebih bahagia kalau kami diperbolehkan berkreasi dengan cat dinding berwarna-warni. Ahhh... aku kok ngelantur kemana-mana. Hahaha.. tapi meskipun dengan dekorasi mandiri, aku dan anak-anak bahagia banget!

Ya sih beberapa ada yang nyinyir dan menganggap dekorasi kelas itu nggak penting. Tapi buat aku penting karena :

1. Anak-anak menjadi nyaman di kelas
Yes.. udah aku bilang tadi bahwa kelas itu ibarat rumah. Jadi kalau rumah itu kosong pasti akan enggan masuk. Dengan adanya dekorasi kelas mereka diharapkan nyaman dan semangat belajar.

2. Ajang anak-anak berkreasi
Karena ini adalah dekorasi mandiri, selain beli poster perkalian pembagian di pasar anak-anak juga membuat hiasan kelas sendiri. Seperti tirai sederhana di jendela, origami yang ditempel, hasil gambar dan mewarnai, hasta karya kincir, bahkan tugas portofolio juga mereka pasang.

3. Kelas menjadi lebih ramai dan berwarna 
Karena tembok bisa dibilang penuh dengan pajangan, sudah pasti kelas menjadi ramai dan lebih berwarna. Disini justru menghindari nuansa singup. You know lah gimana kondisi sekolah-sekolah kalau sepi...horor chuy!

4. Memotivasi anak untuk berkarya sebagus mungkin
Ini kebukti ya ketika aku mencoba mengajak anak-anak untuk berkompetisi. Contohnya saat kerja kelompok atau individu. Hasil yang bagus akan tertempel di tembok. Sudah pasti mereka akan berusaha dengan maksimal dan berlomba-lomba untuk menunjukkan hasil terbaik mereka. Meskipun pada akhirnya akan aku tempel semua di tembok kelas.

5. Belajar menghargai karya sendiri dan orang lain
Nggak jarang aku menemukan hasil kerja anak yang disobek dan dibuang karena bagi mereka hasilnya jelek. Melalui dekorasi kelas yang mereka buat sendiri, disini aku mengajarkan bahwa hasil karya sendiri harus dihargai. Terlebih hasil orang lain karena untuk menyelesaikan satu tugas mereka juga butuh kerja keras.

6. Melatih Tanggung Jawab 
Aku memberikan anak-anak kebebasan untuk mengelola kelas mereka sendiri. Mulai dari tempat duduk sampai dekorasi. Dengan begitu mereka akan bertanggungjawab dengan kelas mereka dan sebisa mungkin mereka akan menjaga kelas mereka agar tetap terlihat menarik.


7. Melatih kerja sama dengan teman
Iya, untuk menempel karya mereka aku sekedar mengomandoi kurangnya dimana. Selebihnya mereka berunding dan kemudian akan bersama-sama memasang satu per satu printilan di kelas. Ada yang pegang palu, ada yang bagian pegang gambar, bawain paku sampai mindahin kursi dan meja. Hahaha.. seru!

Jadi akan sangat wajar jika di kelas pajangan terlihat kurang rapi dan gak simetris karena anak-anak lah yang berkreasi. 7 alasan dekorasi kelas ini memang berhasil membuat anak-anakku senang dan betah di kelas. Karena sering kali aku melihat ketika jam istirahat, usai jajan mereka akan asyik di kelas sambil memandangi hasil karya mereka yang menghiasi tembok kelas.

Nah, bapak ibu guru kelasnya juga di dekor? Share yukk.. kali aja kan kita bisa sharing pajangan apa lagi yang bisa nyempil di tembok.xixixixi

12 komentar:

  1. sup bu guru kelas jadi asyik dilihat

    BalasHapus
  2. kelasnya bersihh... nyaman deh

    BalasHapus
  3. Pas aku ngajar di kelas 3, bisa nih ngajak kayak gini, Mbak.
    Ini kelas 1 agak acakadul. Lah kalau buat ketrampilan misal gak bisa pada nangis. Hihi. Tapi seru ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelas 3 juga ada yang nangis kok kalau nggak bisa

      Hapus
  4. jadi penasaran dekorasi kamar cheila hahaha

    BalasHapus
  5. Kelas Marwah juga didekorasi, jadi anak - anak lebih nyaman dan betah di kelas

    BalasHapus
  6. Kalau anak-anak yang dibiarkan berkreativitas saat mendekor biasanya mereka akan senang dan betah :)

    BalasHapus
  7. senang sekarang kelas2 di SD jadi cantik dan segar
    penyuluh pun jadi asyik abis kasih materi ikutan foto2 di kelas he... he..

    BalasHapus
  8. Sama mba.. Aku jg lbh seneng kalo dinding itu ga kosong melompong. Rasanya gimanaaa gitu. Kalo dinding rumah aku pasti hias ama pigura foto2 keluargaku saat traveling kemana2. Kalo duku di sekolah, aku jg seneng kalo dpt kelas yg rame suasananya, jd belajar juga lbh nyaman, fokus dan betah :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)