Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Ingin Punya Rumah Idaman? Coba 6 Trik Mudah Ini !!


Ingin Punya Rumah Idaman? Coba 6 Trik Mudah Ini !! - Membangun dan mewujudkan rumah idaman yang sesuai dengan selera sendiri merupakan impian setiap orang. Bisa tinggal dengan nyaman di rumah idaman yang di bangun sendiri tanpa perlu beli rumah merupakan hal yang paling nikmat yang patut kamu syukuri. Sayangnya untuk mewijudkan dan menciptakan impian tersebut bukanlah perkara yang musah untuk dilakukan. Ada langkah dan tahapan yang musti kamu lakukan sebelum dan selama proses pembangunan rumah idaman.



Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah mulai dari membeli atau memiliki tanah terlebih dahulu untuk membangun rumah idaman tanpa beli rumah. Baru kemudian melakukan perencanaan matang mengenai proses pembangunan rumah idaman setelah semua transaksi pembelian tanah selesai. Lantas apa saja yang perlu kamu perhatikan ketika kamu membangun rumah idaman ? adakah trik dan tips tertentu untuk meringankan langkah pembuatan rumah idaman ? perhatikan informasi detail berikut ini :

1.      Tetapkan Desain Rumah Dengan Rinci
Sebelum kamu mulai membangun rumah idaman, tentu kamu harus memiliki perencanaan yang cukup matang. Kamu bisa mulai dari membuat rancangan desain rumah idaman yang kamu inginkan. Desain ini diperlukan agar pekerja dapat mengerti bangunan rumah seperti apa yang harus mereka realisasikan. Jangan sekali – kali menyepelekan tahapan yang satu ini. Gambar desai yang kamu buat harus dibuat se detail mungkin guna menghindari kesalahan pada saat membangun struktur rumah. Kamu tentu tidak ingi mengeluarkan banyak uang lagi untuk merubah bangunan yang tidak sesuai.

Tidak ada salahnya untuk menyewa jasa arsitek professional untuk menerjemahkan rumah idaman yang kamu inginkan kedalam gambar oleh sang arsitek. Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa sewa jasa arsitek merupakan pengeluaran tambahan untuk membangun rumah idaman. Namun justru bila kita memilih jasa arsitek yang tepat kita dapat menghemat waktu pengerjaan agar lebih cepat. Hal ini juga dapat menghindari kesalahan yang tidak perlu sehingga kedepannya akan menghemat biaya.

2.      Buat RAB atau Rencana Anggaran Biaya
Setelah memiliki gambar desain rumah idaman, kamu harus memperhitungkan biaya yang dibutuhkan ketika membangun rumah idaman tanpa beli rumah. Selain berfungsi untuk mengetahui nilai anggaran yang dibutuhkan untuk membangun rumah idaman, Rencana Anggaran Bangunan juga diperlukan untuk mengontrol pengeluaran uang. Dengan adanya RAB akan memungkinkan kamu untuk mengetahui kenaikan atau penurunan harga material yang digunakan oleh jasa tukang.

3.      Jangan Lupa Ajukan Surat IMB atau Izin Mendirikan Bangunan
Sebelum kamu memulai proses membangun rumah idaman, pastikan desain rumah idaman yang kamu miliki telh disetujui oleh pemerintah setempat melalui pengajual Surat Ijin Mendirikan Bangunan. Ketika kamu mengajukan IMB, kamu akan mendapatkan petunjuk dari pemerintah setempat mengenai tata cara penrencanaan pembangunan yang tidak melanggar aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Disamping itu, kamu juga akan mendapatkan informasi bila ada rencana pemerintah terhadap area sekitar rumah idaman yang akan kamu bangun. Hal ini akan memudahkan kamu untuk menyesuaikan diri dengan informasi tersebut. Bagi kamu yang mengajukan kredit untuk membangun rumah hal ini pun akan cukup membantu.

4.      Pilih Kontraktor atau Pekerja Kompeten
Pilih pekerja atau kontraktor yang memiliki kompeten yang sangat baik dan terpercaya dibidangnya. Tenaga kerja yang professional akan bekerja dengan efisien danmenghasilkan bangunan dengan kualitas yang maksimal. Bila kamu memiliki saran atau kenalan kontraktor sebaiknya gunakan jasa beliau. Mengingat kontraktor sudah tau betul apa yang harus mereka lakukan untuk mewujudkan rumah idaman yang kamu inginkan tanpa beli rumah.
                    
5.      Riset Bahan Berkualitas
Jangan percayakan pembelian dan pemilihan bahan atau material bangunan begitu saja kepada pihak pekerja bangunan. Kamu juga harus turut andil melakukan riset agar kamu tidak tertipu oleh pekerja karena kamu tidak mengetahui material apa yang bagus dan material mana yang kualitasnya tidak terlalu baik. Material yang bagus akan menghemat biaya renovasi atau perbaikan yang akan kamu lakukan di masa yang akan datang.

6.      Beli Material Bangunan Sendiri
Bila perlu lakukan pemesanan dan pembelian material bangunan yang akan kamu gunakan sendiri guna menghindari pengeluaran berlebihan. Kamu bisa bekerja sama dengan toko material bangunan untuk hanya melayani pemesanan dan pembelian yang dilakukan oleh kamu sendiri atau oleh orang yang kamu percaya.

Jangan lupa untuk menyimpan dan mengumpulkan nota tanda bukti pembayaran untuk mengontrol pengeluaran selama proses pembangunan rumah idaman berlangsung. Disamping itu kamu juga bisa melakukan pengeceka harga material bangunan, karena tidak menutup kemungkinan bila ada kesalahan pada saat mencatat atau menulis nilai harga material.

Itulah beberapa hal penting dan beberapa tips cerdas yang bisa kamu terapkan untuk merealisasikan rumahidaman yang kamu impikan tanpa harus beli rumah. Hindari untuk lepas tangan dari proses pembangunan, libatkan diri secara aktif untuk melakukan pengecekan dan mengawasi kinerja pekerja bangunan. Agar rumah idaman bisa sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Tapi apabila anda tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan hal tersebut, maka sebaiknya mencari agen jual rumah Bandung yang berkualitas sesuai dengan keinginan anda atau mencari informasi rumah dijual melalui situs jual beli rumah.



[PLACEMENT POST]

2 komentar

  1. Beli material sendiri tapi agak riweh ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak riweuh banget memang persiapan mau bikin rumah.biasanya pada nyicil

      Hapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)