21 Mei 2017

Cerita Memilih Diapers




Siapa disini para ibu yang pernah dilema memilih popok sekali pakai buat bayinya? Aku donk bakalan ngacung tinggi-tinggi. Awalnya aku nggak kepikiran untuk pakaiin diapers ke Intan, apalagi kan dia itu masih bayi merah gitu. Alasan aku sih karena kasihan ya, apalagi udara di bulan September pas Intan lahir kemarin lagi panas-panasnya. Ya sudah aku sama suami memang memilih pakai popok biasa. Konsekuensinya ya tiap pagi cucian popok numpuk, dan tugas papa buat nyuci sebelum berangkat ngajar. 



Jujur ye, nyuci tiap hari itu capek buibu. Dan kebetulan pas di acara selapanan Intan, aku baru pakaiin dia diapers. Itupun sama keponakan beli di market dekat rumah. Aku sih asal pakai aja yang penting selama acara aman dari drama ngompol dan pup dulu deh. Eh ternyata pakai diapers itu enak, praktis, nggak perlu sering gantiin popok kain kan yah. Dan cucian popok nggak menggunung seperti biasanya.  Nah, aku jadi ketagihan tiap malam pakaiin diapers, sampai suatu hari papanya nemuin ada merah-merah di kulitnya. Inikah yang namanya ruam popok?.


Aku pun berunding sama papa untuk mengganti merk diapers yang selama ini aku pilih untuk Intan. Anak kena ruam popok itu bikin nggak tega banget. Cranky apalagi kalau udara panas, kebayang perih dan gatal kan ya. Jadi cuma nangis dan nangis. Huhuhu..  Dan memang selama pasca lahiran, urusan belanja juga aku limpahin ke papa. Seperti biasa aku catat daftar belanjaan dan salah satunya tertulis diapers dengan merk MamyPoko Extra Dry Newborn. Memang sih nggak semata aku mutusin pakai merk ini, tapi sebagai ibu tentu akan memilih yang tebaik untuk anak, bukan. Sebelumnya aku nanya ke ibu-ibu yang lebih berpengalaman tentang diapers, dan dari mereka aku ngumpulin bahwa memilih diapers itu :

1.      Permukaannya lembut di kulit bayi sehingga bikin bayi merasa nyaman

2.      Harga terjangkau dan sesuai dengan dompet

3.      Tidak lembab dan menggembung karena menampung banyak pipis

4.      Terpenting adalah tidak menimbulkan iritasi.


Dari keempat hasil nanya sana – sini memang pilihan jatuh di MamyPoko Extra Dry Newborn. Setelah sebelumnya papa ngeyel “kenapa nggak cari yang promo aja sih mah, semua popok kan sama aja”. Eitss.. No..No..No.. bukan perkara harga promo sih, tapi ini menyangkut kemaslahatan bersama baik dari kenyamanan anak dan orang tua juga. 


Jadi aku perhatiin memang selama memakai MamyPoko Extra Dry Newborn ini diapersnya nggak kedodoran dan mudah banget dipakaiin ke Intan, permukaan yang lembut bikin dia nyaman dan yang terpenting aku nggak menemukan bekas merah di bagian tubuhnya karena memakai diapers. Aseli lembutnya itu bikin jatuh cinta. Selain itu memang diapersnya nggak lembab dan nggak mengembang, jadi memang ini pas banget buat Intan. 


Begitupun di hari berikutnya sampai sekarang di usia Intan 20 bulan, MamyPoko Extra Dry masih menjadi daftar belanja yang nggak bisa absen di list belanja bulanan. Kalau sekarang sih sudah bukan yang newborn lagi pakainya.  Buat aku memang ini popok terbaik sih, jadi ya setidaknya nggak bikin Intan ruam lagi. Aku kapok asal pilih, asal comot, dan tergoda promo jadi bikin anak nggak nyaman karena iritasi. 


Ohiya, kalau mengalami ruam popok seperti Intan dulu, kami biasanya :

1.      Tidak menggunakan diapers dan beralih ke popok kain sementara waktu.

2.      Basuh dengan air hangat-hangat kuku ketika habis pipis atau BAB.

3.      Jaga kebersihan perlak dan alas tidur anak, kalau lembab kasihan nanti semakin nggak nyaman.

4.      Kalaupun pakai diapers, usahakan 4-5 jam diganti.

5.      Sediakan krim khusus untuk mengobati ruam popok.

6.      Beikan larutan antiseptic khusus bayi di air yang digunakan untuk mandi.

7.      Jika masih belum mereda, segera bawa ke dokter. 


Sekian cerita pengalaman memilih diapers untuk Intan, semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. Memang benar mbak, untuk bayi kita harus hati-hati dan teliti dalam memilih produk serta mengurus anak kita, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  2. Affan juga pakai ini awal2 dulu, sekarang udah pakai yg standar aja plus clodi hihi, ngirit

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)