Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

JNE I Love Monday



Aku itu termasuk orang yang lumayan sebel kalau ngadepin hari Senin. Dunia berasa nggak adil banget, sist. Perjuangan untuk Senin ke Sabtu butuh waktu berhari-hari. Lha ini, Minggu ke Senin aja cuma 24 jam. Yaelah… mana hari Senin itu seragam ngajar bikin ngap banget.


Sering sih ngayal kalau ke sekolah boleh lah pakai seragam bebas gitu. Jadi nggak terpaku Senin pakai seragam coklat susu yang sering disebut keki, Selasa batik lurik, Rabu- Kamis PSH, Jumat dan Sabtu pakai batik. Suka mikir, kapan sih aku mengekspresikan diri sekalipun masih berbatas seragam ngajar? Kan sekalian yah kalau pakai seragam bebas bisa bikin foto a la - a la selebgram buat menuhin feeds instagram gitu, sist. *kemudian di unfollow berjamaah*

Ngayal nggak sih ada peraturan yang kasih kebebasan mengenai berseragam? Ini JNE berbak hati banget membuat program “JNE I Love Monday” yaitu penerapan casual dress code bagi karyawan back office.

JNE ini merupakan ekspedisi pengiriman langganan aku banget sih. Semenjak mengenal dunia online shop dan sekarang nyambi jualan sepatu via online, aku masih percaya banget sama JNE buat nganterin barang orderan ke costumer. Bahkan aku sampai akrab sama mas Gondrong si kurir JNE yang rajin anter barang belanjaan online di rumah. Buat pindah ke lain hati dari JNE memang susah sih. 

Berdiri semenjak tahun 1990, sampai saat ini JNE memiliki 40 ribu lebih karyawan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesiai dimana  mayoritas berumur 20 sampai 35 tahun sehingga bisa dikategorikan “Generasi Millennial”. Nah JNE berusaha mengikuti tren millenial ini, dengan meluncurkan JNE I Love Monday.


Mengenai penerapan “I Love Monday” ini, Presiden Direktur JNE M. Feriadi mengatakan, “Mulai bulan April 2017, setiap hari Senin karyawan back office bebas mengenakan pakaian casual dan mengekspresikan karakter diri masing-masing dalam penampilannya, tentunya tetap dalam etika maupun norma perusahaan. Hal ini menjadi langkah sederhana namun efektif dalam menambah keceriaan suasana kantor dan kenyamanan dalam aktifitas bekerja, terutama di hari Senin. Saat ini diawali dengan penerapan bagi karyawan di kantor pusat, selanjutnya casual dress code setiap hari Senin akan dijalankan juga oleh karyawan back office JNE di seluruh Indonesia”.

Selain dalam lingkungan kerja, tren millennial pun turut mengubah kebiasaan dalam aktifitas pengiriman paket yang dilakukan oleh masyarakat saat ini. 5 sampai 10 tahun yang lalu, pengiriman JNE didominasi oleh pengiriman paket pribadi dan saat ini aktifitas pengiriman paket telah menjadi bagian dari hidup setiap orang karena perkembangan e-commerce yang menyentuh hampir seluruh produk-produk konsumsi untuk berbagai keperluan, bahkan barang-barang kebutuhan sehari-hari. Oleh karena itu JNE pun turut mengikuti perkembangan zaman tersebut dengan berbagai langkah, baik dari inovasi produk layanan sampai dengan program maupun acara.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik, JNE bukan hanya berpartisipasi dalam hal-hal yang berkaitan dengan perekonomian, tapi juga bidang lainnnya. Perkembangan teknologi telah membuka peluang bagi siapapun seperti generasi Y, bahkan generasi Z, untuk melakukan aktifitas pengiriman paket yang semakin mudah dengan adanya internet. Sehingga, JNE pun selalu memiliki peran di berbagai bidang, seperti olahraga, pendidikan, sosial, budaya, dan sebagainya.

Tentu berbagai perubahan budaya dan kebiasaan yang terjadi, menuntut para tenaga kerja untuk lebih kreatif dalam menciptakan karya-karya di bidangnya masing-masing dalam memenuhi kebutuhan pasar yang turut berkembang juga. Seperti halnya JNE, pengembangan dan inovasi tidak hanya dilakukan dalam hal-hal besar, tapi juga hal kecil seperti menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan ceria. 

Terbukti sih dengan penerapan casual dress code setiap hari Senin dalam “I Love Monday” di JNE, antusiasme karyawan sangat tinggi dan karyawan di cabang pun turut meminta hal ini juga diberlakukan di seluruh Indonesia, bahkan beberapa orang karyawan sampai membeli baju baru agar penampilannya dalam mengekspresikan karakter personal makin maksimal di awal pekan. Tentunya dengan kepercayaan diri yang bertambah, maka akan menstimulasi kreatifitas yang berdampak pada peningkatan produktifitas dan performa kinerja.  

Sukses untuk JNE dan semoga semakin inovatif dan diikuti dengan semakin baik pelayanannya terhadap pelanggan.

2 komentar

  1. Aku malah suka lupa hari.. Hari senin rasanya minggu melulu hihi. Btw, jne selalu jadi andalanku :)

    BalasHapus
  2. JNE memang sekarang ini perkembanganya sangat baik
    semakin maju dan berguna

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)