Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Mudik Dekat? Ngga Masalah...!!



Fenomena yang lekat banget sama ramadan dan idul fitri adalah mudik. Biasanya tuh di berita memang ada highlight tentang mudik dan serba-serbinya. Aku mudik? Hahaha.. mudiknya Cuma beda kecamatan aja dan cukup 30menit perjalanan aja. Tapi kalau mbak memang ngrasain mudik ke Tegal. Aku donk juga pingin macet-macetan trus melaporkan serunya mudik a la reporter TV gadungan. 

Selamat Tinggal Tahun Ajaran 2016/2017




Akhir tahun pelajaran 2016/2017 sudah berlalu semenjak tanggal 17 Juni kemarin. Tapi rasanya memang aku belum move on banget deh. Pisah sama anak-anak itu menyisakan momen yang cukup menyedihkan loch. Secara kita udah temenan hampir satu tahun, tau-tau di putus begitu aja. Kan sakit cynt.  

Makin Kreatif dan Produktif Menjadi Guru Bersama ASUS E202



~Creative is not something given, it’s a skill that can be brought up and trained~

kutipan dari buku karangan Yoris Sebastian


Setuju donk bahwa sekarang ini siapa saja dituntut untuk kreatif. Dunia yang serba digital memang rasanya kita juga harus bisa mengikuti perkembangannya yang semakin hari semakin cepat saja. Beruntungnya saat ini kita dihadapkan pada kemajuan teknologi yang semakin canggih, jadi untuk mengembangkan kreatifitas dan produktifitas bukan satu hal yang semu. Bahkan kurang updatenya peralatan pendukung bukan jadi satu alasan untuk tidak   berkreasi.

Pentingnya Menyediakan Meja Belajar Anak



gambar by google & editing sendiri
 
Pentingnya Menyediakan Meja Belajar Anak ~~ Sebagai seorang guru, ternyata penting banget buat mengenali tipe atau karakter belajar anak. Seperti yang kita ketahui bahwa ada tiga tipe belajar anak yaitu auditori, visual, dan kinestetik. Begitupun aku ketika mengajar anak-anak di kelas. Tidak serta merta pembelajaran hanya sekedar ceramah. Butuh pembelajaran dimana setiap karakter belajar anak bisa dipenuhi. Salah-salah anak hanya sekedar duduk, diam atau bahkan ndlosor dan nggak focus sama sekali. 

Tentang Sahabat-Sahabat Kecilku dan Keunikannya



Ini bukan menyoal idealisme aku untuk berusaha menghapus paradigma ranking di kelas. Karena memang mengikuti kurikulum KTSP dan nggak ada kolom untuk menuliskan “ranking” di buku rapor tiap semesternya. Tapi ini menyoal bagaimana aku bisa berlaku adil dengan melihat kecerdasan yang dimiliki setiap anak-anakku. Setiap tahun aku bertemu mereka dengan karakter unik, kecerdasan yang berbeda, dan juga keusilan yang luar biasa.

Janji Ibu Lunas ya, Nak....!!!



Janji ibu lunas ya, Nak…! ~~ Sebenarnya bukan janji sih. Ini berupa karya wisata mini yang aku rencanakan sama anak-anak kelas 3B. Piknik mandiri dengan biaya uang kas karena jumlahnya yang lumayan banyak gitu. Awalnya sih uang kas ini untuk keperluan intern kelas tapi karena anak-anak rutin membayar tiap minggunya dan jarang sekali digunakan, jadilah menumpuk banyak. Dan ibu guru mengusulkan untuk mengadakan piknik yang deket aja di Waduk Kedung Ombo.



Home Treatment: Mengatasi Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Garam



Home Treatment: Mengatasi Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Garam ~~ “Ibu guru jerawatan, ya? Katanya kalau ada jerawat itu tandanya lagi jatuh cinta.” Pagi-pagi ketika selesai berdoa salah seorang muridku nyletuk seperti itu. Aku kaget donk, anak kecil main cinta-cintaan. Dan korelasinya apa coba antara jerawat dan jatuh cinta. Ahahaha.. anaku lucu siyh, itu artinya mereka perhatian donk dengan penampilanku. 

Ramadhan Happy Bersama Pocky



Ramadhan Happy Bersama Pocky ~ Siapa disini yang suka ngemil? Aku donk bakal ngacung tinggi banget. Iya aku suka ngemil terutama buah, tapi kalau nggak ada ya sekenanya aja sih di cemil. Bisa keripik, biscuit, atau bahkan ngemil jajanan di warung Budhe Tri depan rumah. Tapi karena ini bulan Ramadhan, kebiasaan ngemil aku kurangi donk pastinya, dan memang setelah berbuka selalu ada cemilan yang menemaniku. Baik lembur ngerjain nilai atau bahkan ngeblog. Babhay dulu deh sama diet!

Kangen Jogja dan Impianku Suatu Saat Nanti


Kangen Jogja dan Impianku Suatu Saat Nanti ~ Aku kangen Jogja. Menyusuri malam di Malioboro. Menikmati hembusan pantai Parangtritis. Naik andong menyusuri jalanan Jogja. Dan menikmati malam yang seolah tak pernah sepi dari manusia. 

Mitos Merang Tentang Anyang-Anyangan





Mitos Merang Tentang Anyang-Anyangan - “Jempol kaki bapak kenapa kok diikat pakai merang?” tanyaku sore menjelang magrib saat kami sedang duduk di teras rumah. Kebiasaan sama bapak dari dulu ya gitu, menikmati sore sambil bercerita. Tapi ini ada pemandangan “aneh” di jari kaki beliau.