Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Home Treatment: Mengatasi Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Garam



Home Treatment: Mengatasi Jerawat dengan Jeruk Nipis dan Garam ~~ “Ibu guru jerawatan, ya? Katanya kalau ada jerawat itu tandanya lagi jatuh cinta.” Pagi-pagi ketika selesai berdoa salah seorang muridku nyletuk seperti itu. Aku kaget donk, anak kecil main cinta-cintaan. Dan korelasinya apa coba antara jerawat dan jatuh cinta. Ahahaha.. anaku lucu siyh, itu artinya mereka perhatian donk dengan penampilanku. 


Benar saja, di pipi dan bagian dahi memang ada jerawat yang lumayan gedhe sih. Jujur, namanya jerawat itu ganggu banget..nget! apalagi memang dari factor hormonalku itu memang subur dan rawan banget jerawatan. Ditambah lagi aku memasuki minggu dimana tamu bulanan memang jatahnya dating. Ya uwes deh, ini wajah memang tidak pernah aman dari jerawat…cinta. Ahak!

Dasarnya perew yak, aku itu terbilang juarang banget pakai skin care dari dokter. Aku trauma, cynt. Pernah gitu perawatan dengan krim dokter, bukanya kinclong tapi jerawat rata sekujur muka. Ya sudah, treatment pengobatan sama bu Haryani di Salon Manis dan aku rutin dengan cara yang lebih alami. Lebih safe dari bahan kimia berbahaya yang lagi marak diluaran, harga ramah di kantong dan bahkan bisa minta aja sama tetangga sekolah. Ya sih aku pakai perawatan Jafra juga, kalaupun dibilang mahal sih untuk jangka waktu sekitar enam bulan pemakaian ya aku bilang sih masih bisa dijangkau. 
 
gambar pinjam dari google
Tapi karena aku minim waktu buat ke salon, akhirnya aku putuskan untuk treatment sederhana aja di rumah. Murah, nggak perlu ninggalin anak, dan yang jelas bikin sumi makin cinta deh. Ini juga hasil dari diajarin sama sahabat SMA ku namanya Sinyo. Selain jerawatan, jidat aku full sama bruntusan. Ya sudah Sinyo menyarankan untuk treatment jeruk nipis dicampur garam. Jeruknya bisa beli di warung atau metik di kebun bu Lis tetangga sekolah, garemnya bisa ambil di dapur sendiri. Hemat dan mudah kan.

Caranya mudah aja, kok. Diikutin yach!

1.      Siapkan 1 buah jeruk nipis. Potong jadi 4 bagian kemudian peras.
2.      Ambil satu sendok makan garam. Usahakan garamnya yang halus ya. Kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis tadi.
3.      Usapkan secara merata di seluruh wajat dan pijat kurang lebih 2-3 menit. Lakukan secara perlahan ya, supaya nggak begitu sakit karena garam yang fungsinya semacam srub.
4.      Bilas dengan air bersih, kemudian bersihkan deh. 

Kenapa sih aku pilih jeruk nipis dan garam? 

Jadi begini, udah bukan rahasia umum lagi kalau jeruk nipis memiliki fungsi yang bagus untuk kecantikan. Bahkan banyak brand kecantikan memilih jeuk nipis sebagai bahan utamanya. Seperti yang aku kutip dari www.glucoberryasli.com


Karena jeruk nipis mengandung antiseptik yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat membandel. Kandungan AHA dan vitamin C tinggi pada jeruk nipis menjadi kandungan yang sangat bagus untuk memutihkan kulit secara alami. Antioksidan juga vitamin C pada jeruk nipis dapat mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit juga meregenerasi sel kulit baru. Tidak hanya dapat memutihkan kulit saja, manfaat jeruk nipis juga di sinyalir dapat mengatasi komedo, mengecilkan pori-pori, juga flek hitam yang membandel. Kandungan AHA (alpha hydroxy acids) sangat berperan penting dalam membuka pori-pori kulit. Pori-pori yang terbuka dengan bebas maka  akan merangsang pembentukan kulit baru atau regenerasi sel.


Dan kenapa jeruk nipis dicampur dengan garam dapur? Aku ngutip lagi nih ya dari www.hariangadis.com mengenai kandungan garam, yaitu :



Salah satu manfaat garam untuk wajah berjerawat adalah mengurangi dan menyembuhkan jerawat secara signifikan. Hal ini disebabkan kandungan potasium maupun belerang yang terdapat di dalam garam. Dua komponen ini akan bekerja untuk menyeimbangkan konsentrasi air di dalam kulit serta menghilangkan kotoran yang bisa membuat jerawat bertambah parah.



Oke jadi jelas kan ya, kenapa aku lebih memilih home treatment jeruk nipis dan garam. Karena ini treatment alami ya dimohon bersabar karena butuh waktu yang nggak sebentar dan butuh konsistensi aja sih. Lakukan paling nggak seminggu 2x untuk menghilangkan jerawat dan bruntusan. 

Tertarik untuk mencoba? Setidaknya dengan wajah mulus bisa membantu kita memaksimalkan tampilan  saat lebaran donk ya. Semoga bermanfaat…

6 komentar

  1. chell..makasih infonya..aku share ke putri remajaku deh yg bingung ngatasi jerawat

    BalasHapus
  2. chell..makasih infonya..aku share ke putri remajaku deh yg bingung ngatasi jerawat

    BalasHapus
  3. Aku lagi jerawatan di dagu nih. Baru tau cara yg ini, lho.

    BalasHapus
  4. Wah kebetulan baru beli jeruk nipis kemarin, ntar cobain ah ke anakku, daerah hidungnya ada jerawat kecil2.

    BalasHapus
  5. Bener Chela memang garam dan jeruk nipis itu top cer dan alami bgt. bagus banget buat di share. aku juga melakukan tritmen yg sama., cuma bedanya larutan garamnya aku ganti dengan larutan infus nacl 0,9%, itu mengandung garam juga. aku lakukan itu krn aku banyak stok cairan infus itu untuk home Care perawatan luka. berhubung sisa2 larutan itu ga mau ku buang jd kumamfaatkan.

    BalasHapus
  6. Ntar bikin kering muka nggak ya, aku pernah mau nyoba tapi kok takut dengan hasilnya. Makasih ya infonya, ntar nyoba deh kalo jerawatan lagi :)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)