19 Juni 2017

Pentingnya Menyediakan Meja Belajar Anak



gambar by google & editing sendiri
 
Pentingnya Menyediakan Meja Belajar Anak ~~ Sebagai seorang guru, ternyata penting banget buat mengenali tipe atau karakter belajar anak. Seperti yang kita ketahui bahwa ada tiga tipe belajar anak yaitu auditori, visual, dan kinestetik. Begitupun aku ketika mengajar anak-anak di kelas. Tidak serta merta pembelajaran hanya sekedar ceramah. Butuh pembelajaran dimana setiap karakter belajar anak bisa dipenuhi. Salah-salah anak hanya sekedar duduk, diam atau bahkan ndlosor dan nggak focus sama sekali. 


Ketika anak nggak focus, biasanya mereka akan memunculkan gerak-gerik tersendiri. Seperti usil dengan teman, sedikit-sedikit memancing keramaian di kelas, duduk dengan posisi semi tiduran atau kata orang Jawa tuh ndlosor, bahkan ada yang sampai mendiamkan pelajarannya dan nggak ngapa-ngapain. Riweuh memang, padahal fasilitas meja kursi juga sudah disediakan sekolah. Apalagi kalau sampai mereka terbiasa belajar dalam posisi duduk yang salah, takutnya akan mengalami masalah dalam perkembangan tubuhnya. Seperti :

1.      Kelainan di tulang belakang yakni kifosis, lordosis, dan skoliosis.

2.      Kelainan pada mata seperti yang terjadi pada umumnya yaitu miopi atau rabun jauh. Hal ini dikarenakan posisi duduk mempengaruhi jarak pandang mata dengan objek. 

3.      Kondisi tubuh menjadi lebih cepat lelah.

4.      Sulitnya untuk konsentrasi. Aku nemuin kasus dimana ada sekolah dalam satu kelas hanya disediakan karpet dan anak-anak ketika menulis tidak menggunakan meja. Dalih dari sekolah tersebut adalah ingin mengembangkan kemampuan kinestetik anak tetapi aku rasa kurang pas. Justru anak menjadi ramai dan saling senggol sana-sini.

Maka dari itu selain memperhatikan karakter belajar anak, sebagai guru juga sangat perlu untuk memperhatikan kondisi ataupun lingkungan belajar anak. Membuat nyaman anak-anak di kelas bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

1.      Dekorasi kelas supaya kelas terlihat lebih hidup

2.      Menyeting tempat duduk anak baik secara berkelompok atau dibuat model melingkar maupun letter U.

3.      Ajak anak untuk memberi nama dalam kelompok meja sesuai dengan tokoh yang mereka sukai. 

4.      Perhatikan juga kebersihan kelas dan penataan kelas.

5.      Paling penting adalah dukungan guru dalam menyajikan pembelajaran yang menarik untuk anak-anak. 

6.      Selain sekolah, factor keluarga juga berperan penting seperti menyedikan meja belajar anak yang sekarang ini banyak beredar di pasaran dengan berbagai karakter. Ya, kemarin sempet survey untuk Intan sih meskipun masih memilih harga yang terjangkau. Banyak tersedia karakter Minnie mouse, hello kitty, upin ipin, ben 10, dll.

7.      Aku sih berharapnya pihak sekolah bisa meng-upgrade meja dan kursi anak-anak supaya lebih stylish gitu sih. Tapi sepertinya ini cuma impian kosong aja mengingat dana BOS sudah dialokasikan di berbagai hal. Eh semoga saja bisa diwujudkan dink. Kan nggak ada yang nggak mungkin.

sumber : mataharimall.com

Ngomongin meja belajar, ternyata di mataharimall.com ada banyak pilihan meja belajar anak. Mau dari karakter lucu atau minimalis ternyata ada juga. Range harganya juga terjangkau sih menurut aku. Apalagi beberapa model meja belajar anak sedang ada diskon, seperti salah satunya yang bikin aku kepincut yaitu Kea Panel Meja Belajar Hello Kitty SDHK9004 dengan warna pink. Ini sih cocok banget untuk belajar Intan nantinya, apalagi pink sesuai warna kesukaan dan menggambarkan karakter cewek banget. Meja belajar ini berukuran 1230x510x1400. Terbuat dari bahan particle board namun cukup kokoh dan finishing rapih. Meja belajar ini dilapis dengan PVC sehingga membuat meja belajar ini lebih tahan lama untuk digunakan. Dibandrol dengan harga 2.036.000 rupiah dan ada diskon sebesar 15% sehingga menjadi 1.750.000 rupiah.

Jadi bagaimana bu, menyediakan meja belajar anak itu sangat perlu ya ternyata. Supaya belajar anak menjadi nyaman dan menarik karena sesuai dengan karakter kesukaannya. Dengan begitu anak jadi lebih bersemangat belajar dan insyaallah prestasinya akan meningkat.

10 komentar:

  1. Meja belajar model begitu yang seperti ada di gambar adalah favorit anak-anak tetapi sayang penggunaannya hanya sementara kalau boleh aku bilang. Mengajar anak-anak memang tantangan tersendiri ya, tetap semangat ya Bu Guru!!

    BalasHapus
  2. Lagi nyari meja belajr nih mbak, biar bisa lebih fokus isi buku aktivitasnya. Makasih referensinya

    BalasHapus
  3. Itu meja belajarnya unyu pisaaan..ternyata penting banget yaa meja belajar..

    BalasHapus
  4. Karena msh dlm masa pertumbuhan, posisi duduk akan sangat berpengaruh. Maka dari itu, posisi yang baik harus sangat diperhatikan.

    BalasHapus
  5. Bener banget mbak meja belajar juga penting untuk fokus belajar, apalagi ngilhat ganguan tulang belakang seperti lordosis, skoliosis dan kifosis. Jadi kayak udah wajib banget tuh meja belajar yang aman dan nyaman untuk mendukung proses belajar

    BalasHapus
  6. Saya juga lagi kepikiran buat beliin anak meja belajar. Waktu kecil, saat punya menja belajar memang belajar jadi semangat deh

    BalasHapus
  7. Anak-anakku punya meja belajar tapi kok ya lebih memilih belajar dimana-mana. Jadi harus lebih sering mengingatkan saja.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)