Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Tentang Sahabat-Sahabat Kecilku dan Keunikannya



Ini bukan menyoal idealisme aku untuk berusaha menghapus paradigma ranking di kelas. Karena memang mengikuti kurikulum KTSP dan nggak ada kolom untuk menuliskan “ranking” di buku rapor tiap semesternya. Tapi ini menyoal bagaimana aku bisa berlaku adil dengan melihat kecerdasan yang dimiliki setiap anak-anakku. Setiap tahun aku bertemu mereka dengan karakter unik, kecerdasan yang berbeda, dan juga keusilan yang luar biasa.


Sebenarnya aku ngerasa hubunganku dengan anak-anak itu ada kalanya bisa sebagai sahabat. Bahkan mereka adalah guru kecil yang sebenarnya buatku. Nah, tema arisan blog ke empat yang di lempar Agustina masternya frozen kuro dan Mbak Nunung adalah persahabatan. Aku bahas deh persahabatanku dengan murid-muridku. Dan dari sudut pandang aku bahwa setiap sahabat kecilku ini adalah juara di masing-masing kemampuannya.

Semester satu kemarin usai menerima rapor, Naila berseru padaku “ibu… yang rangking satu sampai tiga siapa?” seketika aku senyum donk. Dan sambil berseru juga aku pun menjawab “Naila… anak-anak ibu semuanya rangking dan semuanya juara!”. Aku yakin Naila yang waktu itu bersama Chelsea, Revy, Wiwid dan lainnya bingung. Tapi biarlah mereka belajar memahami bahwa deretan angka di buku rapor yang mereka terima tiap tahunnya hanya sekedar angka yang berfungsi sebagai symbol ketuntasan mereka belajar. 

Mengenai keunikannya, aku jabarin nih ya ke- 22 anak yang membekas banget di hatiku selama mengajar kelas 3 ini. 

1.      Naila Revita Ramadhani
Anak perempuan tjantik dengan perawakan bongsor ini termasuk anak yang pandai dalam beberapa hal seperti linguistic dan berhitung. Tetapi sayangnya beberapa penyusunan kosa kata masih bolak balik dan untuk hitungan dia masih kurang teliti sedikit. Tapi, she can be a leader untuk teman-temannya. Kemampuan menuntun temannya ini bisa sabar banget, dan kalau udah kadung jengkel dia akan uring-uringan sendiri.

2.      Revy Nur Setya
Si pengalah dan pemalu ini memiliki keunggulan dalam daya ingat yang luar biasa. Revy bisa dibilang “nyautan” karena anak ini selalu focus ketika saya menerangkan materi di kelas. 

3.      Tunggul Aji Wibowo
Si ceriwis dengan kemampuan berhitung dan ingatan yang tokcer. Kemampuan verbal yang sangat bagus terlebih ketika dia belajar menceritakan kembali sebuah dongeng yang dia baca. 

4.      Muhammad Irfan
Jiwa seni yang sangat menonjol ini terlihat dari kegemaran Irfan menyanyi dan menggambar. Terlebih cita-citanya kalau besar nanti mau jadi penyanyi dangdut PALAPA. All right.. ibu doakan kamu ya nak!

5.      Kartarina Chelsea Haryanto
Juaranya hafalan tapi kalau sudah mendapatkan materi yang susah dia akan mandheg dan pasti menyerah begitu saja.

6.      Khoirul Nur Huda
Ini anak sebenarnya unggul di hitungan tetapi karena kebanyakan berbicara dia jadi sering nggak focus. Tapi khoirul ini jagonya menulis halus. Bisa rapi…piiiii.

7.      Nur Afitri
Si kecil yang pinter banget dalam berdagang tapi sayangnya dia pemalu.




8.      Ike Fransiska Yuliantini
Ike si centil ini unggul dalam seni suara alias menyanyi. Suaranya yang jernih dan merdu suka bu guru suruh maju menyanyi paling akhir dan rikues dua lagu. Hahaha..

9.      Noval Aditya Pratama
Si kecil ini selalu paling akhir kalau mengerjakan tugas karena sifat kehati-hatian yang dia miliki. Dan dia ini bisa jadi penganalisis handal jika bu guru sediakan beberapa permasalahan yang harus dipecahkan dalam kelompok.

10.  Sri Wahyu Widodo
Bu guru memanggilnya Srinthil 😂 tapi teman-teman biasa memanggil Wiwid. Hahahaha. Anak ini urusan berhitung lumayan, membaca lumayan, tapi kecerdasan kinestetiknya paling jago. Dia akan menjadi sosok siap siaga ketika bu guru minta tolong ini itu terlebih urusan pegang paku dan palu untuk dekorasi kelas.

11.  Irham Ulil Albab
Dia termasuk pendiam tapi anak ini sangat religious. Terbilang kalem sih dan dia pinter dalam keagamaan.

12.  Siti Rafiatun Nisak
Anak perempuan usil yang kalau maju di depan kelas suka ngucel-ngucel rok. Kemampuan verbal sangat jago dan paling sering nyletuk ketika bu guru melemparkan pertanyaan. Terbilang ini anak pemberani. 

13.  Rizky Vaditya Pratama
Sebenarnya anak ini termasuk pinter dalam urusan berbahasa, Cuma sayangnya dia gampang mutung dan kalau nggak bisa akan nangis. Huhuu…

14.  Rama Aji Setyawan
Laki-laki bongsor yang doyan makan. Tapi dia akan menjadi sosok paling melindungi diantara teman-temannya. Rama ini termasuk hati-hati dalam mengerjakan tugas tapi kadang dia teledor.

15.  Alfin Mahbubatul M
Si pemalu yang diam-diam selalu berusaha untuk belajar supaya bisa. Sory to say, dia pernah tinggal kelas dan memang termasuk anak yang butuh waktu untuk memahami sesuatu. Tetapi bu guru pernah mendapati dia mendapat skor mendekati sempurna dan begitu ditanya “Alfin belajar dirumah setiap bu guru selesai mengajar?” anak ini mengangguk dan benar saja, bukunya rapi dengan catatan yang bu guru tulis di papan tulis. Yawlaaa… aku terharu. 😌😌😌

16.  Siti Zaenatul Laila
Biasa dipanggil Lala. Dia ini punya kelebihan dalam jiwa social dengan teman-temannya begitupun sama bu guru. Dan ada rahasia nih, dia ahli pijit paling enak di kelas. Hahaha.

17.  Triyani
Si pemalu ini mampu dalam urusan berhitung tetapi masih belum lancar dalam kemampuan membaca. Tapi anak ini kalau urusan mewarnai termasuk paling bagus.

18.  Mutiara Oktaviana
Anak ini pendiam banget dan untuk kemampuan baik berhitung, kinestetik, bahasa bisa dibilang rata-rata sih.

19.  Meila Ranti Rahayu
Anak ini sering di bully karena profesi orang tuanya sebagai pengangkut sampah dari rumah ke rumah. Tapi Meila ini sebenarnya baik dan mau untuk berusaha.

20.  Noval Andika
Noval ini unggul dalam olah raga dan beberapa kegiatan kinestetik. Tapi sayangnya kalau pelajaran di kelas suka kurang focus.

21.  Senja Krisdayanti
Anak ini… sering jadi objek bully. Memang dia memiliki banyak kekurangan tetapi senja ini kalau urusan dengan teman paling suka ngalah. 

22.  M. Farel Fariansyah
Aku bingung kalau menjelaskan anak ini karena saking diemnya dan pasif. Maaf ya nak… di kelas selanjutnya jadilah anak pemberani dan aktif. 

Wih.. panjang yach cerita soal anak-anak. Hahaha… belum seribu kata sih ini. Tapi yang jelas aku paling suka dari mereka adalah mereka belajar salig mengasihi, menghargai satu sama lain, mampu berkoordinasi dengan baik sekalipun debat kusir jadi ornament yang bikin seru. Dan aku ngrasain dengan mereka itu nggak sekedar sebagai ibu dan anak, guru dan murid, tetapi juga bisa sebagai sahabat. Dan kemarin kita habis piknik bareng. hihihi




Apalagi dalam keseharian aku biasa mengajak mereka berdiskusi terlebih soal beberapa pilihan tugas. Entah SBK, IPA ataupun bahasa. Memang aku menilai anak-anakku sangat kooperatif meskipun masih ada satu atau dua anak yang seenak udelnya sendiri. So far untuk menghandle mereka masih tergolong mudah. Cuma memang vocal mereka nyaring dan kelas akan ramai kalau ditinggal. Kemarin ketika uang kas mereka masih tersisa Rp 95.000, 00. Anak-anak bingung mau dipakai buat apa, tapi Naila mengusulkan untuk bukber bersama di sekolah. Cuma maaf bu guru belum bisa mengabulkan permintaan mereka. Remfong, cynt

pic source by google


16 komentar

  1. weisss, luvly teacher nih keknya yaaaak... aseeek.emg bershabat sama anak2 mbacell... yg ada cuman ceriaaa aja yaa. lom banyak mikir problema *tsaaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget bawaannya heppy terus

      Hapus
  2. Tiap anak punya keunikan dan keistimewaan tersendiri ya mbak, membuat hidup lebih berwarna ya kan 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak vita mereka makhluk unik2 semuaaaa

      Hapus
  3. bu guruuu, salut deh sama bu guru yang paham satu per satu karakter anaknya. pantesan anak anak cintah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee tuntutan pekerjaan sih ini mbak

      Hapus
  4. Ha...ada yang mau jadi penyanyi dangdut Pantura ? Cita-cita yang keren tetapi tidak umum Cik Gu...tetapi biasanya yang beginian membekas trus bisa terwujud....TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tidak umum sih itu menurut beberapa orang. tapi buat anakku itu cita-cita terbaik yang dia miliki :)

      Hapus
  5. Bu guru keren banget. Selama setahun mengenal anak anaknya dengan baik. Mampu mendeskrisikan perilaku dan kepribadian ke-22 anak anaknya. Jd pingin jd guru

    BalasHapus
  6. Wah, sepertinya seru sekali hidup mbak ini, bisa bersahabat dengan banyak anak-anak.

    BalasHapus
  7. wahhh.. Bu Guru satu ini paham betul dengan karakter murid-muridnya.. dan ini pasti akan memudahkan komunikasi dengan mereka.. siippp..

    BalasHapus
  8. Aku dulu sering banget nyatetin nilai temenku buat aku jadikan motivasi hahaha. Jadi inget masa masa itu :D

    BalasHapus
  9. Keren banget bu guruu, bisa tahu persis kelebihan dan kekurangan anak didiknya, Barakalllah cyiin..

    BalasHapus
  10. Hebat nih bu guru, pasti jadi kesayangan murid-murid ya, Chel
    Etapi sahabatan dengan anak kecil malah menyenangkan, polos tanpa tendensi, hihii

    BalasHapus
  11. Bugurcil keren nih apal satu2 sama karakter anak2nya.

    BalasHapus
  12. wah yang dimention namanya pasti bahagia sekaliii

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)