Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Sentuhan Kehangatan Ibu, Sehangat Transpulmin BB Balsam



Ketika memilih untuk tetap menjadi ibu pekerja, saya tidak serta merta melupakan kewajiban dan kodrat saya sebagai seorang ibu. Apalagi Intan sedang berada dalam fase golden age, mengikuti tumbuh kembangnya setiap hari memang menjadi satu hal yang sangat membuat saya bahagia dan bersyukur. Bahagia karena malaikat kecil kami tumbuh dan berkembang sesusai dengan usianya, bersyukur karena Tuhan menitipkan seorang guru kehidupan dalam keluarga kami. 

Meskipun melelahkan, saya sangat menikmati bahwa tumbuh kembang dan segala polahnya nanti pasti akan menjadi satu momen yang saya rindukan. Belajar mengoceh, belajar tengkurap, merangkak, jalan, berbicara, bahkan ada saat dimana dia kehilangan keceriaannya karena sakit. 

Usia tiga bulan adalah kali pertama saya dan papa mendapati Intan sakit. Memang usia bayi daya tahan tubuhnya belum sekuat kami dan gampang sekali terkena virus. Meskipun hanya sekedar influenza, jujur saya merasa sangat kasihan manakala dia harus menangis terus-terusan, cranky, susah bernafas dan maunya berada dalam pelukan saya. 


“Menurut sejumlah penelitian, umumnya si Kecil akan mengalami influenza sebanyak 8-9 kali selama 1 tahun. Padahal di satu sisi, anak yang berusia di bawah 2 tahun tidak boleh sembarangan diberikan obat, tanpa resep Dokter”

Dikondisi anak sakit, jujur kami bingung. Belum lagi saya harus menerima tuduhan dari beberapa orang tua jaman dulu kalau saya terlalu banyak minum air putih dan es. Konon, mitos itu dipercaya sebagai pemicu anak sakit batuk, pilek dan panas. Padahal ada faktor lain yang bisa menyebabkan seorang bayi terkena flu seperti cuaca yang tidak menentu atau memang kondisi tubuhnya yang kurang fit. 

Walaupun tidak tergolong penyakit berbahaya, gejala influenza dapat memberikan beberapa efek samping, lho. Si kecil dan ibu akan mengalami gangguan kualitas tidur karena rewel akibat nafasnya tersumbat. Membuat bayi menjadi rewel dan malas untuk belajar banyak hal baru, serta sangat berpengaruh terhadap kondisi ibu di keesokan harinnya. Sudah bisa dipastikan biasanya ibu akan begadang demi si kecil.

Anak sakit seorang ibu harus kuat dan tegar. Intan sakit kami tidak buru-buru ke bidan atau dokter. Saya dibantu papa melakukan home treatment yang sederhana untuk tetap membuat Intan nyaman. Memang home treatment ini sering kami lakukan ketika Intan sakit atau muncul gejala influenza, diantaranya : 

1.Lebih Sering Diberi ASI  πŸ‘ΆπŸ‘Ό

Katanya, ASI adalah obat paling mujarab bagi bayi. Begitupun ketika dia demam, untuk meredakan demamnya saya memberikan ASI lebih sering. Selain itu saya juga mengantisipasi agar Intan tidak dehidrasi. Begitupun saya, saya mengimbangi dengan makan-makanan bergizi dan minum multifitamin agar kondisi tubuh tetap fit. 

2. Berjemur di bawah terik matahari pagi 🌞

Rutinitas berjemur di pagi hari memang masih berjalan sampai usia enam bulan. Saat Intan pilek saya biasa menjemur dibawah terik matahari pagi sekitar jam 7.00-7.30 dengan durasi 10-15 menit sambil menepuk-nepuk punggung dan dadanya. Dan bahkan disaat usianya 23 bulan, saat batuk pilek kami masih rutin mengajak dia berjemur tiap pagi. 

3. Terapi uap πŸ’¨πŸ’¨

Terapi ini saya gunakan untuk mengupayakan suhu kamar tetap terasa hangat, apalagi saat musim penghujan. Caranya sangat mudah, papa menyiapkan air panas dalam baskom, kemudian ditetesi dengan minyak telon atau minyak kayu putih kurang lebih 10 tetes, dan meletakkan di sudut kamar. Uap yang keluar dari baskom nantinya akan terhirup oleh Intan dan bisa membantu agar hidungnya tidak tersumbat. 

4. Terapi Bawang Merah

Ini resep turun menurun yang saya dapat dari ibu. Bawang merah memang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pengobatan penyakit seperti asam piruvat, senyawa allisin, auxin dan giberillin. Terapi bawang merah ini saya biasa gunakan untuk meredakan batuk, pilek serta demam. Kandungan sulfur pada bawang merah terbukti berkhasiat untuk melegakan dan mencairkan dahak pada bayi. 

Sedangkan kandungan flavonoid berfungsi sebagai anti radang dan menurunkan demam. Bukan hanya itu, sikloaliim, kaemferol dan minyak atsiri sangat efektif menurunkan suhu panas saat demam bayi dan balita. 

Terapi bawang merah ini sangat mudah dan terhitung murah. Cukup sediakan 4-5 siung bawng merah, kemudian kupas hingga bersih, bisa diiris kasar tetapi saya lebih suka untuk di parut. Tambahkan satu sendok teh minyak telon atau minyak kayu putih, kemudian balurkan secara merata baik di ubun-ubun, dada, dan punggung. Baiknya lagi usapkan ketika anak sedang tidur agar tidak terganggu dengan bau yang ditimbulkan oleh bawang merah tersebut. 

5. Membuatnya tetap terasa hangat dengan Transpulmin BB Balsam  πŸ‘ͺ


 

Entah, saya heran ada apa dengan pelukan saya. Intan akan betah dan terlihat sangat nyaman ketika saya mendekapnya terlebih saat dia batuk pilek. Memang kehangatan ibu menjadi faktor utama dia sembuh. Dan memastikan dia untuk selalu mendapatkan kehangatan adalah kuncinya. Saya bersyukur ketika papa membawakan saya Transpulmin BB Balsam khusus untuk bayi, dan menyuruh saya untuk segera mengoleskan ke tubuh Intan. Dan semenjak itu, Transpulmin BB Balsam selalu menjadi teman setia kami saat Intan terserang influenza. 


Jika home treatment nggak mempan, biasanya kami mempercayakan pada dokter dan obat sesuai dengan resep yang sudah diberikan. Tapi untuk melegakan pernafasannya dan supaya tetap hangat, Transpulmin BB Balsam  tetap menjadi pilihan kami. 



Transpulmin BB Balsam merupakan balsam yang diformulasikan khusus untuk si Kecil yang berusia di bawah 2 tahun. Produk ini sendiri sudah dipercaya dan direkomendasikan oleh dokter spesialis anak selama kurang lebih 30 tahun. WOW!! Sudah lama juga ternyata. 

Terbuat dari bahan alami dengan aroma yang menyegarkan, seperti Eucalyptus Oil yang memberikan efek relaksasi dan anti-inflamasi. Serta ekstrak Bunga Chamomile dimana dapat membantu melegakan gangguan pernafasan seperti batuk dan pilek serta menghangatkan badan.

Dengan begitu, transpulmin sangat cocok untuk meredakan nyeri punggung, meredakan sakit kepala, meredakan sakit perut, dan menghangatkan badan. Tidak mengandung Champor dan Menthol karena menyesuaikan dengan kulit bayi dan tidak menyebabkan alergi. Ini penting karena kulit bayi itu sensitif. Serta bentuknya cream dimana lebih nyaman, mudah menyerap ke dalam kulit, tidak lengket dan tidak berminyak.


Dosis penggunaan Transpulmin BB Balsam juga sangat mudah sekali. Cukup oleskan pada dada, punggung, dan leher kemudian diamkan beberapa menit. Bisa digunakan 2-4 kali sehari. 

Kalau Intan biasanya saya oleskan setelah mandi dan disaat dia tertidur. Jadi sekalian mengantisipasi agar hidungnya tidak tersumbat ingus dan badannya tetap hangat. 
 
infografik by : transpulmin.co.id
Biasanya setelah diolesin Transpulmin BB Balsam, Intan terlihat sangat tenang tidurnya dan nggak rewel. Karena dari aromanya saja sudah menimbulkan efek aromaterapi, jadi drama cranky karena hidung tersumbat bisa sangat diminimalisir.


Nggak cuma untuk bayi dibawah usia 2 tahun saja. Ada juga lho Transpulmin Familly Balsam yang dapat membantu meredakan gejala influenza untuk anak usia 2 tahun keatas. 

Memiliki indikasi yang sama dengan Transpulmin BB Balsam, hanya saja untuk Transpulmin Familly Balsam nggak cuma mengandung Chamomile dan Euchalyptol. Ada tambahan Menthol, Camphor dan Sage Oil yang berfungsi tak hanya meringankan dan meredakan gangguan pernafasan, tetapi juga menghangatkan tubuh serta memberikan efek aromatherapy yang merelaksasi tubuh. 

Dosis penggunaan pun cukup oleskan 1 - 4cm Transpulmin Familly Balsam ke dada, punggung, dan leher. Atau bisa juga untuk digunakan sebagai aromaterapi, cukup masukkan beberapa cm Transpulmin Balsam kedalam baskom berisi air panas. Sensasi uap panas dengan aroma transpulmin akan membantu melegakan pernafasan. Gampang bukan?
 
Untuk mendapatkan Transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Familly Balsam ini gampang sekali. Papa dulu beli di apotek K 24 sebelah utara Simpang Lima Purwodadi. Kalian bisa juga di beli di Guardian, Century, Kimia Farma, Watson, Baby Shop dan toko obat di sekitar tempat tinggal kalian.
infografi by: transpulmin.co.id


KESIMPULAN

Dengan adanya Transpulmin BB Balsam, saya benar-benar terbantu ketika menghadapi Intan yang terserang influenza. Kehangatan dari Transpulmin memang bikin Intan rileks dan nggak cranky karena susah bernafas. Selain itu, saya nggak menemukan adanya iritasi di kulit sensitif Intan. Jadi saya benar-benar merasa cocok banget sama balsam keluarga yang satu ini. Ditambah lagi kemasannya yang mungil, sangat memungkinkan untuk dibawa kemana-mana dan siap sedia kapan saja.


Saya percaya bahwa sentuhan dan dekapan seorang ibu kepada anak akan menjadi penyembuh bagi keluarga. Terlebih bonding yang ada antara ibu dan anak memang menjadi sebuah ikatan yang tidak bisa dilepas begitu saja. Maka dari itu, dengan sentuhan lembut, dekapan manja dan sounding kepada si kecil, yakinilah akan menjadi penyemangat baginya untuk segera ceria lagi.


Bersama dengan sentuhan dan dekapan ibu, saya percayakan kehangatan itu bersama Transpulmin BB Balsam






Artikel ini diikutsertakan dalam loba blog yang diadakan Kumpulan Emak Blogger bersama dengan Transpulmin BB Balsam dan Transpulmin Familly Balsam






sumber : 
http://transpulmin.co.id/transpulmin-bb-balsam/
https://www.warassehat.com/bawang-merah/

41 komentar

  1. Waah.. ini andalanku banget klo dhafin sakit mbacel.. ga berani kl ga nyetok transpulmin dirumah pokoknya dah. Efektif bgt buat sibkecil pas batuk/pilek.
    Btw sippp infonya. Keren nih contentnya. Wish u luck yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa transpulmin ngebantu aku banget mbak maa.. makasih supportnyaa

      Hapus
  2. Aku juga pake ini banget Chel dari jaman Ubii sampai Aiden sekarang. Harus banget punya stok Transpulmin di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ges, stok aku juga ada dua bijik nih..hahahah

      Hapus
  3. Aku waktu kecil sering kalo demam dikasi irisan brambang itu mbak. Nggak suka tapi emang mujarab sihh.
    Baru tau nih, ada balsam buat anak-anak 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah kan irisan brambang emang ampuh kan yaa...

      Hapus
  4. Dari zaman Aiman sampai Aira, pakai balsem ini juga. Lumayan membantu kalau mereka lagi flu atau pun batuk krn menghangatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik!!! duo ai juga pakai transpulmin

      Hapus
  5. waktu kecil aku biasanya pake bawang merah.. wah ternyata ada yang lebih simpel ya..." balsam..
    thanks sharenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul!!! lebih simple pakai transpulmin mbaa

      Hapus
  6. harus nyoba nih buat Marwah, langsung deh ke apotek ah beli transpulmin

    BalasHapus
  7. Betul, kalau sakit jangan dikit-dikit diberi obat. Apalagi tanpa resep ya. Seorang teman yang sarjana farmasi bilang gini dulu.

    Tulisannya bagus, semoga menang :)

    omnduut.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya saya juga dapat nasehat itu juga dari temen bidan. makasih suportnya omnduut

      Hapus
  8. Baru tau balsam.ini.mbak...kayaknya enak tuh...

    Yang terapi bawang merah.juga sering itu saya lakukan mbak..cuma.resepnya beda...nice info mbakkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mbak frida...iy balsamnya enak kok mbaakk...

      Hapus
  9. Kalau anak2 kena batpil abis mandi aku oles2 transpulmin biasanya bikin nyaman mbk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama habis mandi jadi lebih hangat

      Hapus
  10. terima kasih infonya bun
    membaca referensi dari teman2, sptnya bs juga untuk stok di rumah nih

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang aku masih pakai terapi bawang merah buat anakku. Kebetulan anakku nggak masalah dengan aroma bawang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi aroma bawang goreng mbaa,,hahaha

      Hapus
  12. Kayaknya bagus nih balsemnya kalau emang diformulasikan khusus anak. Selama ini sih pakainya minyak kayu putih atau minyak telon aja.

    BalasHapus
  13. Anak saya termasuk yang g suka bau macem2, minyak kayu putih aja gsuka baunya. Kalo balsem ini baunya gmn mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. baunya lembut sih..mint gitu dan lebih ke aromaterapi

      Hapus
  14. Transpulmin andalan keluarga saya jg nih...
    Kalau anak saya doyan dipakein bawang, harum katanya, malah saya yg males sama baunya hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya baawang baunyamemang harum.xixixi

      Hapus
  15. terbukti ampuh bingits dan tanpa efek samping dalam mengusir flu

    BalasHapus
  16. info bemanfaat jika para suami ikut membacanya. :)

    BalasHapus
  17. Balsam hangat ini pasti nyaman buat anak-anaaak ya mbaaa

    BalasHapus
  18. Kayanya Transpulmin ini harus selalu ada di kotak obat ya. Karena, anak-anak tuh sering banget masuk angin atau tiba-tiba flu. Jadi, ngga buru-buru dibawa ke dokter. Selagi masih bisa kita tangani sendiri ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.pertolongan pertama banget sih buat aku

      Hapus
  19. Saya juga pakai ini sejak Amay umur setahun Mba.. Tapi karena baru tau ada Transpulmin Balsam Keluarga, sampai umurnya skrg 6 tahun, Amay tetap pakai Transpulmin BB, hehe..

    BalasHapus
  20. Kenzo juga pakai nih, alhamdulillah cocok. sehat2 ya buat anak kita cel

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)