Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Karena Guru Juga Manusia, Maka Guru Juga Butuh Piknik!



Karena Guru Juga Manusia, Maka Guru Juga Butuh Piknik!   - Oh iya donk, piknik itu nggak cuma punya mereka yang hobby traveling aja. Guru juga butuh. Karena apa? Jaman sekarang piknik itu sudah masuk ke kebutuhan hidup yang harus segera dipenuhi. Apalagi buat yang sibuk banget. Kerja sampe lupa waktu, buat menyeimbangkan tubuh dan pikiran serta supaya stay waras, piknik solusinya.
 

Aku pun juga gitu. Setelah tertampar sama nasehat salah seorang temen blog juga “kerja terus buat apa sih? nyari duit itu nggak ada habisnya, setidaknya manjain tubuh dan pikiranmu. Piknik biar nggak stress!” oke bunda Idah terimakasih taparannya di WA. 

 
Mengajar itu bukan satu pekerjaan yang sepele. Justru sebagai guru itu kerjaan yang sebenarnya nggak bisa disambi dan ditunda. Oke kamu orang kantoran, menghadapi file dan monitor, kalau nggak mood bisa ditunda besok-besok. Lha guru? Objeknya benda hidup, sist. Nggak diajar sehari aja mereka seperti anak ayam kehilangan induknya. Gurunya nggak niat belajar siap-siap orang tua protes ini itu. 


Makanya, bagi siapa saja yang bilang “ngajar itu gampang, tinggal diterangkan materinya trus dikasih tugas. Beres!” sini tuker profesi sama aku ^_^ 

 
Padahal tidak semudah itu, lho. Makanya tiap agenda study tour udah di depan mata, itu semacam penyegar ditengah gurun pasir. Atau ada tanggal merah di tengah minggu atau deket banget sama weekend. Duh rasanya!! Aku seperti menyelam di lautan yang ikannya bagus-bagus dengan terumbu karang yang cantik kemudian aku berenang bersama lumba-lumba 🦈 (gak ada gambar lumba-lumba sih). *apasih* 

 

Nah biasanya memang selain piknik dengan anak-anak, aku meluangkan piknik bareng keluarga kecilku sih. tergantung budget juga, bisa sekedar dalam kota kalau pas lagi bokek, luar kota yang masih deket-deket atau yang jauh aja sekalian sambil nginep. Kembali lagi, semua bergantung budget.
 
Aku ada tips piknik yang bisa lumayan hemat sih ya menurutku. Kali aja kan bermanfaat buat kalian :
🌈 Rencanakan family trip dengan mengajak temen deket. Semakin ramai pikniknya berasa semakin seru
 
🌈 Atur tujuan piknik dengan menyesuaikan budget dan timingnya. Biasanya aku lebih prefer ke lokasi yang family friendly. Secara Intan masih kecil, jadi wahana semacam permainan air, kebun binatang itu aku rasa cocok. Yang terpenting nggak terlalu susah buat dapetin tiketnya, seperti beli tiket masuk Jakarta Aquarium  secara online.
 
🌈 Manfaatkan rumah saudara untuk menghemat anggaran sewa penginapan.
 
🌈 Kalau pakai mobil pribadi, soal bensin bisa dibeli secara patungan.
 
🌈 Aku lebih suka pakai backpack kalau lagi pergi termasuk piknik. Alasannya sih simple, muat banyak dan nyaman aja di pundak. Bisa diisi macam-macam mulai dari popok, jajanan buat Intan, bahkan minyak telon. Sekarang beli backpack wanita aja macam-macam modelnya. Tinggal pilih aja yang sesuai dengan selera dan kebutuhanmu.
 
🌈 Nggak usah malu kalau harus bawa makanan dari rumah. Piknik nggak harus jajan di lokasi, kan? Apalagi ada anak kecil yang kalau laper rewelnya bisa semakin heboh. Antisipasinya bawain aja makanan. Bisa makanan yang simple seperti frozen food atau cemilan kesukaan. 

***

Sedikit sih tipsnya, tapi memang kebiasaan itu yang sering aku lakuin kalau piknik. Hahaha…. Yach, piknik semacam penghargaan untuk diri sendiri karena sudah lelah bekerja. Nggak harus mahal, asalkan bahagia dan menikmati kebersamaan dengan teman atau keluarga.
 
Setidaknya dengan piknik, seorang guru bisa me-refresh otaknya dan ketika kembali ke sekolah akan menjadi lebih bersemangat saat mengajar. Ya, karena guru juga manusia jadi butuh piknik juga. Harap maklum kalau gurunya sering uring-uringan di kelas, itu akibat dari kurang piknik.. hahaha.

4 komentar

  1. Sepertinya aku dulu waktu jadi guru,piknikkk terus...hahaha. kadang acara sekolah,acara pimpinan,acara kemah,acara osis dll

    BalasHapus
  2. Sebentar lagi aku mau piknik ke Bawen. Piye, ikut nggak?

    BalasHapus
  3. Aku paling setahun sekali piknik sekolahnyaaa....

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)