Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

6 Manfaat Kegiatan Mewarnai

My ponirah ๐Ÿคฃ
Aku ingat jaman SD kelas 1 dulu pernah nangis ketika ikut lomba mewarnai. Kalau nggak salah dulu bertempat di hotel Laksana dengan sponsor susu SGM atau apa gitu. Pokoknya yang membekas di perlombaan kala itu adalah aku nangis, nggak mau mewarnai, dimarahin ibu dan sampe rumah jadi bulan-bulanan kekecewaan ibu. Pas itu memang ibu yang nganter. 

Padahal perkara menggambar dan mewarnai aku seneng. Entah deh dulu karena salah pakai media mewarnai. Aku pakai spidol dan you know lah, hasil pakai spidol kalau belum mahir bakal belepotan. 

Then, aku memendam kesukaanku itu karena setiap belajar menggambar aku dimarahin ibu. Alasannya sih menggambar nggak bikin pinter. 

Aku emang nggak pinter, tapi aku orangnya jujur dan penuh cinta kasih. Pinter aja nggak cukup kan ya, nyatanya banyak tuh contoh di tipi-tipi sekalinya udah salah eh pura-pura sakit, trus begitu dibilang nggak salah langsung sembuh besoknya. Si bapak mah gitu ya... Inget, penikmat tipi mah nggak cuma embah-embah pikun aja. 

Oke lanjut! 

Jadi sekarang aku memang lagi seneng mewarnai dan menggambar. Memang sih gambarku belum yang gimanaaaaa gitu, karena aku concern ke belajar mewarnai bareng kak Dini. 

Etapi, ada yang nyinyir. Udah tua ngapain belajar mewarnai gitu. Ya, aku bilang aja kalau aku kurang kerjaan dan kurang duit. Haha... 

Selama belajar mewarnai, aku sendiri juga merasakan sendiri manfaatnya. Selain bekal buat ngajarin Intan dan adik-adiknya nanti, mewarnai buat aku jadi terapi. 

Kok bisa? Hoooiya.... Belum tahu ya? Cuss... Siapkan cemilan dan lanjut bacanya yuk. 

Mewarnai memiliki banyak sekali manfaat seperti : 

๐Ÿ–Œ️ Melatih Ketrampilan Motorik Halus๐Ÿ–Œ️
Sama halnya dengan menulis, kegiatan mewarnai ini bisa melatih ketrampilan motorik halus. Cocok banget kan buat kegiatan si kecil dirumah. Apalagi dalam mewarnai ada koordinasi atara gerak tangan dan otak. Bisa jadi salah satu alternatif stimulus ke si kecil, kan. 

๐Ÿ–Œ️Melatih Konsentrasi๐Ÿ–Œ️
Siapa yang susah komsentrasi? Sini belajar mewarnai. Karena bagaimanapun mewarnai itu seperti sihir yang seringnya bikin aku susah berpaling. Apalagi dengan adanya permainan warna kita gak akan cepat bosan. Ditambah dalam hal menggoreskan warna, meleng dikit melewati garis itu emang bikin hasil terlihat kurang cantik. Disitulah mewarnai memang melatih konsentrasi banget.

๐Ÿ–Œ️Terapi kesabaran๐Ÿ–Œ️
Yampun... Ini aku banget yang nggak sabaran apalagi kalau ke papa. Mewarnai itu memang melatih kesabaran banget. Kesabaran menggoreskan crayon diatas kertas. Mau hasil bagus ya goresnya hati-hati, kalau ngasal ya sudah jelas ya hasilnya... Pokoknya semakin sabar, hasilnya semakin bagus ๐Ÿ˜‚๐Ÿคฃ

๐Ÿค—Melatih tanggung jawab ๐Ÿค—
Memang terlihat sepele, tapi melalui kegiatan mewarnai kita bisa melatih anak untuk latihan bertanggung jawab. Contoh : dia akan mengembalikan krayon ke tempatnya setelah digunakan, merapikan hasil gambar, dan menyelesaikan keseluruhan gambar sampai tahap finishing.

๐Ÿ‘ฎ Melatih Kedisiplinan ๐Ÿ‘ฎ
Iya disiplin. Nggak mesti yang harus ikut upacara bendera. Disiplin ini artinya mengerjakan dan selesai tepat waktu. Katakanlah durasi mewarnai selama 2 jam, jadi ya harus selesai selama 2 jam juga. Ini penting banget apalagi untuk membantu membentuk karakter anak. Disiplin is a must. 

๐Ÿพ Melatih anak untuk berimajinasi ๐Ÿพ
Imajinasi anak-anak itu mrmang liar. Bisa saja langit bagi mereka warnanya ungu, daun warna merah, atau gambar mereka yang kelihatan abstrak bagi kita eh bagi anak-anak adalah sebuah robot canggih. Haha... Itu, kita tidak bisa membatasi imajinasi mereka. Cukup arahkan saja. Ketika mereka meminta langit berwarna ungu, bisa kan kita bikin suasana langit senja. Eyak... Pokoknya biarkan mereka berimajinasi lewat warna salah satunya. 

Mewarnai emang terlihat sepele dan banya yang menganggap semua orang bisa. Tetapi, ketika mempelajari tehniknya tuh masyaallah... Butuh waktu dan effort buat belajar lagi dan lagi. 

Dakuw bukan orang ahli, tapi dakuw memang pingin sih upgrade kemampuan juga. Apalagi aku interest sama bidang seni. 

So, mommy zaman old maupun zaman now. Ketika menemukan banyak sekali coretan dalam buku si kecil, jangan langsung dimarahi ya. Sadarilah bahwa sekarang ini ada multiple intelegent dan rasanya kok nggak pas kalau memukul rata anak-anak harus mahir dalam kemampuan kognitif 

Semoga artikel ini bermanfaat yach. Yang mau belajar mewarnai, sila datang ke rumah ku ya ๐Ÿ˜„.

9 komentar

  1. buku notes dari gudibek event tadinya numpuk gitu aja dan aku bingung mau diapain, akhirnya jadi sarana menggambar dan mewarnai buat mada anakku yg lagi doyan bermain dgn pensil warna

    benar, mewarnai itu kegiatan yg sangat bermanfaat buat anak2, klo di paud tempat anakku yg 'ahli' urusan mewarnai itu para anak2 cewek, mereka bisa sabar mewarnai dgn rapi sementara anak2 cowok termasuk anakku mah ngewarnain semaunya mereka aja ... yg penting done trus dibolehin main outdoor XD

    BalasHapus
  2. wah aku juag suka mewarnai bareng sama suami sambil ngobrol di teras belaakang rumah

    BalasHapus
  3. Banyak manfaat ya mbk dr kegiatan satu ini. Njajal ah. ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  4. Sejak ada bubuky,aku sempat beli krayon waktu dia 8 bulan. Buat dia mainan, megang. Terus kl aku buat bikin mainannya bubuky,bikin sendiri diwarnain sendiri,asal usrek2 aja hahaha....

    BalasHapus
  5. Pinter mewarnai tuh Mbak. Hasilnya aja bagus. Dan bisa padu padan warna gradasi dan lain lain. Kalau aku bilang mewarnai itu butuh bakat. Sama kayak menggambar. Jadi kalau bakat ya mewarnainya bisa bagus kayak Bu guru cheila ini. Kalau aku pasti belepotan kemana mana danngaj nyeni.

    BalasHapus
  6. Aku sampe beli mba buku colouring book for adult gitu. Dan biasanya aku warnai kalo sdg nunggu orang, ato sedang dlm long haul flight yg bikin aku bete ga bisa ngapa2 in :p. Ya mewarnai yg paling pas :) . Beneran kok itu bisa ngilangin jenuh juga

    BalasHapus
  7. Saya pernah belikan ponakan pensil warna untuk mewarnai supaya ponakan jadi rajin dan bisa berimajinasi

    BalasHapus
  8. Mewarnai, kegiatan yang paling anaku suka sampai kini. Pulang sekolah pasti langsung main-main warna...ternyata memang banyak manfaatnya..maka saya biarkan saja...thanks for sharing mbak....:)

    BalasHapus
  9. kalau anakku itu suka menggambar tetapi ga suka mewarnai mbak...tp kemaren tak kompori terus akhirnya mau

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)