Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Buku Terbitan Erlangga, Buku Penunjang Belajar dan Mengajar Dari Dulu Hingga Kini

Bisa dibilang aku besar ditemani dengan buku terbitan Balai Pustaka dan semenjak kelas 4 SD aku mengenal sama buku dari penerbit Erlangga. Sudah tau kan ya kalau buku terbitan Balai Pustaka itu kebanyakan sampulnya warna hijau dan dipinjamkan gratis oleh pihak sekolah. Baru sekitar kelas 4 ada buku baru terbitan Erlangga, cuma baru sebatas dipakai bu guru sama pak guru aja. 



Kelas 6 barulah sekolahku dulu mengadakan pembelian buku penunjang sebagai buku pendamping buku paket dari Balai Pustaka. Milihnya ke penerbit Erlangga dan entah kenapa di jenjang berikutnya sampai SMA, aku jadi semakin akrab sama aneka macam buku dari Erlangga. Bahkan jadi guru-pun aku rela merogoh kocek lumayan banyak dari hasil nabung duit gaji buat beli buku Erlangga buat referensi ngajar. 


Ndilalah kok, sebelum mutasi kemarin bu kepsek kasih hadiah pengadaan buku pendamping guru yang diterbitin Erlangga. Kusungguh bahagia, buk!


Menurut aku nih ya beberapa kelebihan dari buku-buku yang diterbitkan oleh Erlangga. Aku merangkum sesuai versiku yach...

❤ cakupan materi yang luas, dan banyak diselingi pengetahuan umum. Ini yang jadi point kenapa buku Erlangga jadi pendamping buku dari Balai Pustaka dulu.

❤ entah semacam sugesti atau bukan, buku penerbit Erlangga ini menjawab aneka macam pertanyaan yang nggak ada di buku lainnya.

❤ nggak monoton tulisan aja, disertai gambar ilustrasi yang menarik dan terlihat sangat jelas. Beberapa halaman juga full colour.

❤ tersedia dalam berbagai macam seri  buku. Buku paket materi, kumpulan soal sesuai jenjang kelas, dan kumpulan soal persiapan UN. 

❤ khusus untuk buku kumpulan soal UN, terdapat rangkuman materi dan aneka macam latihan soal.

ada kolom untuk kuis yang bisa menjadi ajang tebak-tebakan ke anak. Kolom seperti ini dapat membuat anak semangat untuk belajar. 

❤ menyesuaikan kurikulum yang berlaku. 

Namun, ada beberapa kekurangannya sih ya and i'm sorry to say it...

✌ rentang harga yang bisa dibilang lumayan tinggi. Makanya banyak orang tua muridku yang keberatan kalau harus membeli buku. Ini jauh berbeda kalau orang tua murid yang sadar bahwa pengadaan buku pendamping buat anak itu perlu. 

✌ ada beberapa buku tebal sehingga anak merasa semakin berat beban di tasnya. 

✌ untuk area Purwodadi sendiri memang hanya disediakan di toko buku tertentu. Misalkan akan membeli seri Erlangga yang lain sih ya mesti ke Gramedia dulu. haha.. maklum kota ketjil.

****
Tapi memang setiap buku penunjang materi itu ada kelebihan dan kekurangan. Karena aku memang cocok dengan penerbit Erlangga sih ya sejauh ini dari masa sekolah sampai kerja ya recomend untuk pakai Erlangga. Nggak menuntut kemungkinan memakai dari penerbit lain. Buat aku yang utama mengenai pengadaan buku ya menyesuaikan budget

Nah, solusi untuk anak-anak sih karena memang buku sekolah tidak semua pakai dari Erlangga ya dicombine aja. Materi bisa dari buku yang sama dengan anak-anak, nah sebagai pelengkapnya biasanya aku beri tambahan materi di buku catatan atau bahkan latihan soal dengan sumber dari buku Erlangga. 

2 komentar

  1. Aku juga di rumah pakai terbitan Erlangga untuk buku panduan anak2. Meskipun harganya agak lebih mahal dibandingkan buku terbitan lain tapi worth it lah untuk kemajuan belajar

    BalasHapus
  2. Harganya emang lumayan mehong, tapi bagus kok Erlangga

    Sayangnya buku pelajaran dari penerbit manapun sekarang gak bisa dilungsurkan ke adiknya lagi. Itu yang bikin makin mahal

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)