Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Pembelajaran Tematik : Denah

"eh... Bu Chela bawa gunting sama lakban." Teriak Najib disela dia mencatat tulisan di buku catatannya.


"Emangnya mau bikin apa,bu?" Celetuk Mala dngan tingkat kekepoan tinggi.

"Lihat aja nanti..." Jawabku santai.

Iya, skenarionya meleset banget dari RPP. Gapapa lah ya, hawong RPP kan buat formalisasi aja juga bisa. Yang penting anak paham. Ya nggak?

Hari jumat tematiknya itu menyangkut mapel BI sama IPS. Materi IPS nya sih baru tentang denah, sementara materi bahasa selain membaca dongeng juga anak-anak belajar bagaimana memberikan sebuah tanggapan dari sebuah kasus.

Daripada dijelasin dan bikin ngantuk, mending dikasih aktifitas aja. Setelah sebelumnya kegiatan apersepsi, aku ngajak mereka menyanyikan lagu tentang mata angin sambil menunjukkan letaknya. Wow!! Mereka excited.

Barulah aku menuju ke materi tentah denah. Pancingannya sih selain mata angin, aku membawa sebuah undangan bekas dan menunjukkan sebuah gambar yang biasanya ada di bagian belakang. Ternyata anak-anak tahu itu denah tapi mengenai manfaat dan tetekbengejnya belum sepenuhnya paham. Hanya sebatas tahu.

Lalu, aku mengabil lakban dan gunting di kantor kemudian beraksi di tengah kelas yang sengaja di bikin longgar.

So, kalau mau ikuta coba siapkan dulu
📝 Lakban hitam
📝 Gunting
📝 Lantai yang cukup luas


Udah cuma itu aja modalnya. Nah selanjutnya :

✏️ Bersihkan lantai kelas dulu dari debu. Manfaatkan petugas piket kelas ya.
✏️ Buatlah sebuah denah sekolah dengan menggunakan media lakban
✏️ Beri intruksi kepada anak untuk menentukan setiap ruangan sesuai dengan denah dan lokasi aslinya.
✏️ Aku sengaja mengambil contoh denah sekolah karena ini lingkungan terdekat dengan anak.
✏️ Beri kesempatan anak untuk saling berdiskusi.
✏️ Jika suasana terbilang "lumayan" gaduh karena debat kusir, peringatkan saja mereka untuk tetap fokus pada tugas.

Dari kegiatan ini aku concern pada beberapa hal, diantaranya :

♣️ Kemampuan anak memahami fungsi dari sebuah denah.
♣️ Membaca arah mata angin dalam sebuah gambar
♣️Termasuk memberikan pemahaman kepada anak mengapa dalam gambar arah utara selalu menunjuk ke atas
♣️Kemampuan anak dalam membaca sebuah denah
♣️Kemampuan berkomunikasi lesan dengan teman maupun guru
♣️ Kemampuan menyampaikan pendapat, mempertahankan pendapat dan menghargai perbedaan pendapat dengan lain
♣️Kemampuan dalam memadukan benda nyata dengan media yang ada dalam gambar.

Kesimpulannya :
Seperti biasa anak-anak terlihat sangat antusias dan excitednya mereka malah lebih memahami kondisi lingkup sekolah.

"Bu... Ruang perpusnya kok ga ada?" 🤣🤣🤣🤣

Dan setelah aku lihat lagi ternyata aku melewatkan salah satu ruangan di belakang kelas enam. Haha...
Kegiatan akhir pembelajaran ini adalah anak-anak diberi penguatan materi. Masih seperti biasa yaitu latihan soal.

Besok, belajar apa lagi ya?? Manteman ada yang bisa kasih ide pembelajaran menarik nggak? Share yuk 😘




7 komentar

  1. Cara belajar yang fun untuk mempelajari denah. Wah aku selalu terinspirasi setiap kali mampir ke gurukecil nih mbak.. ^^

    BalasHapus
  2. ah serunya ya mba jadi guru. Karena saya dulunya pengen jadi guru tapi nggak kesampaian malah jadi petugas lapas :D
    senangnya punya guru kreatif jadi nggak ngantuk, kalau jaman saya dulu ingat banget tiap belajar IPS bawaannya pengen bawa bantal karena gurunya cuma nyuruh nyatat dengan didikte *LOL.

    Salam kenal mba, saya follow yaaa :)

    BalasHapus
  3. BU Chela kreatif banget liat anak-anak difoto pada fun gitu nyimaknya jadi belajar ga membosankan teringat kukecil yang monoton dengan gaya satu arah yang ada aku selalu bulak balik toilet cuci muka klo pelajaran IPS wkwkwkwk

    BalasHapus
  4. Waktu SD aku pernah diajar oleh guru yang banyak sekali praktiknya. Alhasil, buku pelajaran penuh dengan gambar-gambar dan hasil praktik, tapi aku suka, hehehe. Berasa bangga gitu, bukunya banyak gambar pelajarannya.

    BalasHapus
  5. Wuaaah, kreatif banget bu guru! Anak-anak muridnya pasti senang banget ya diajari dengan aktivitas kreatif begini. :D

    BalasHapus
  6. cara belajarnya asik dan kreatif, anak pasti senang ya ikut belajar begitu.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)