Edited by Chela. Diberdayakan oleh Blogger.

Hari Guru dan Mereka yang Menginspirasiku

Hari guru dan mereka yang menginspirasiku ~ Harusnya postingan ini aku publish tepat di peringatan hari guru. Tapi entah mengapa ide seolah mampet dan semangat ngeblog sedng tergantikan dengan semangat yang lainnya. Yelah, nyusun berkas demi pendataan guru honorer non K2. 


So, ini tema yang lumayan susye ya mbak Relita dan mbak Yuli. Tapi demi kalian, akan aku upayakan menulis tema ini dengan sepenuh hati. Haha... 

Kenangan sama guru tuh banyak ya mbak. Terlebih di sudut pandang aku, guru itu punya style macem-macem. Tapi yang aku garis bawahi adalah kesederhanan dan rasa mengasihi itulah yang membuat sosok guru itu selalu bersahaja di mata muridnya. 

Dan... Sosok itu adalah..

👴 Bapak 
Bapakku seorang guru. Guru teladan di masanya bahkan setelah purna aku sering mendengarkan cerita tentang bapak. Beliau yang tak pernah menceritakan keluarganya di depan rekan kerjanya. Beliau yang selalu larut dalam buku bacaan dan alunan musik jawa beserta gerakan gemulai dari tubuhnya. Beliau yang selalu membawa pulang piala bersama murid binaannya. Sosok bapak ini yang menginspirasi aku manakala ibu selalu bercerita bahwa murid bapak dulu sering datang kerumah walau sekedar minta dibuatkan ketela bakar. 

❤️ Bu D.P. Iriany
Beliau guruku sewaktu kelas 2 SD. Dari sosok inilah aku banyak sekali mendapatkan pengajaran budi pekerti, penerapan sopan santun yang terkadang dirumah aja nggak aku lakuin. Dari sosok beliau aku bisa hapal lagu Mars Sikatan yang jadi hits di SD 3 Purwodadi. Bahkan dengan diajar beliau kenangan indah zaman SD seolah menjadi semakin manis. Makan bersama, lomba tebak-tebakan paling cepat, bahkan kami sering berlomba kebersihan dengan teman di regu piket harian. Sungguh, kenangan sederhana ini sampai sekarang nggak pernah terlupakan. 

❤️ Pak Yanto Matematika
Sosok ini sudah sepuh. Sebenarnya purma tugas, tapi karena kecintaan beliau dengan dunia pendidikan membuatnya tak pernah lelah mengajar. Aku bertemu beliau ketika kelas 1 Smp. Dengan sepeda RRT yang sudah tua, buku yang dijepit di goncengan belakang. Selalu mengajar dengan penuh senyum dan jarang sekali marah. Kadang mikir, ini manusia apa malaikat? Disaat nilai ulangan. Aku dan teman-teman anjlog pun beliau dengan sabar dan rela mengulang materi. Kegigihab beliau sangat menginspirasiku. 

🤗 Pak Diyon 🤗
Diam-diam dibalik kegengsianku, aku mengidolakan sosok ini. Diam, tegas, sabar pakai banget sampai anak-anak didiknya terlihat begitu mencintainya. Iyes, dialah suamiku 😊. Nggak tau deh ya, aku memang ngefans dan jatuh hati kepadanya. Bukan sebagai suami melainkan dalam konteks kerjaan. Aku sadar betul perjuangan dia dan aku masih sangat jauh, tapi sikap nrimo dan legowo bahwa dia masih berstatus guru honorer tidak mematahkan semangatnya. Salut pokoknya buat pak guru!! 


Ya, kesederhanaan, mengasihi,melayani dan dedikasi inilah yang menjadi benang merah dari sosok yang menginspirasiku. Tanpa jasa guru memang aku nggak bisa sampai di detik seperti sekarang ini. 

Berterimakasih memang tidak cukup untuk membalas jasa mereka. Karena bagaimanapun, kertas dalam setiap lembar halaman hidup kita pasti akan tertoreh tinta dari mereka. Sosok guru yang mrnjadi penerang dalam gulita. 

Selmat hari guru meskipun telat.. Hidup guru!!! 

6 komentar

  1. Wah, guru2 yg berdedikasi. Terimakasih ya Bu Chela sudah menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. Waaah, Selamat hari guru yaa..
    Tetep semangat meski honorer, tapi jasamu Bu Guru Kecil, ga keciil donk.

    Btw salam donk buat Pak Guru Diyon, aku ngepens juga, sopo kuwii?

    BalasHapus
  3. selamat hari guru ya bu guru, semoga makin menginspirasi

    BalasHapus
  4. Hidup guru! :) sy jg suka sm guru yg sederhana, melayani dan mengasihi..smg bisa meneladani mereka yaa mba..

    BalasHapus
  5. hiduplah dan sehatlah para guru. Saya idolanya guru waktu SMA, Pak Agus namanya, selalu riang gembira dan tidak mengecilkan kemampuan muridnya

    BalasHapus
  6. Selamat hari guru ya bu guru 😀

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)