Edited by Chela. Powered by Blogger.

Ketahui Ini Bila Kamu Kaum Muda Yang Akan Membeli Rumah Baru!!

Ketahui Ini Bila Kamu Kaum Muda Yang Akan Membeli Rumah Baru ~ Kamu sekarang sukses dan sudah punya tabungan yang cukup untuk membeli sebuah rumah di Bandung. Tapi sebagai pembeli yang awam tentang properti, tentunya kamu butuh pengetahuan lebih seperti bagaimana proses dalam mencari rumah dan melakukan pembelian secara tepat.
Sumber: pixabay

Ditambah lagi dunia properti rentan terhadap penipuan karena minimnya pengetahuan calon pembeli. Nah, buat kamu yang berencana membeli rumah tapi masih awam dalam bertransaksi, kamu bisa mempelajari hal-hal dibawah ini sebagai penambah wawasanmu.

✔ Minta Bantuan Kontraktor Profesional
Dunia properti saat ini sangat berkembang sehingga kita tidak tahu mana orang yang benar-benar jujur dalam berbisnis. Jika kamu adalah orang awam dalam hal ini maka ada baiknya kamu menyewa seorang profesional yang akan membantumu memproses segala sesuatunya menjadi lebih baik. 

Mungkin kamu kurang paham tentang proses jual beli tanah, SHM, dan aturan hukum lainnya tentang pertanahan dan bangunan, jadi daripada kamu repot di belakang karena salah langkah dan ditipu, lebih baik menggunakan jasa profesional untuk mengurusnya.

Selain semua terjamin aman, kamu juga punya wewenang untuk lebih aktif bertanya dan mengetahui seluk beluk properti dibalik sosok profesional. Jadi untuk pembelian di tahun berikutnya setidaknya kamu sudah punya pengalaman yang bisa diterapkan.

✔ Bijak Menggunakan Dana Yang Tersedia
Dana yang tersedia adalah hal pertama yang harus dipahami sebelum melangkah lebih jauh. Setelah itu kamu bisa lanjut mencari properti yang sesuai dengan kondisi keuangan dan keinginanmu. 

Hal ini juga bisa memberi kamu batasan tentang rumah-rumah impian yang saat ini bisa kamu jangkau dengan ketersediaan dana yang ada. Pendanaan adalah caramu untuk melihat sebuah rumah apakah sudah sesuai dengan kemampuanmu. Ini akan mempermudahmu dalam mencari katalog sehingga tidak semua properti kamu lirik.

✔ Prioritaskan Daftar Keinginan
Saat datang ke pameran properti, carilah rumah yang paling banyak memiliki kesesuaian dengan daftar keinginanmu. Seperti jumlah kamar, luas bangunan, hingga fitur lain yang menjadi nilai tambah dalam mengkonsep rumah idaman.

✔ Fokus Pada Lokasi
Lokasi begitu penting karena akan berpengaruh pada mobilitasmu dan anggota keluarga lainnya. Lokasi juga merupakan hal yang tidak dapat dirubah sampai kapanpun. Jika bangunan atau luas kamar bisa direnovasi, tentunya lokasi tidak akan berubah sampai kapanpun. Jadi pastikan kamu mendapatkan lokasi yang tepat.

✔ Jangan Memusingkan Hal Kecil
Setelah kamu sampai proses yang lebih jauh, cobalah untuk tidak terlalu detail menanggapi hal-hal kecil yang tidak sesuai dengan konsepmu. Misalnya keramik di dapur yang bertekstur kasar dan berpola aneh, atau kamar mandi yang tidak memiliki bathtube

Ini akan membawamu ke hal-hal yang sangat rumit dan kamu akan bingung dengan banyaknya pilihan karena satu fitur sederhana yang sebenarnya tidak terlalu penting. Ambil langkah mundur dan lihat rumah secara keseluruhan karena ada banyak hal mendasar yang harus dipikirkan daripada sekedar lantai keramik yang tidak sesuai dengan keinginanmu.
 
✔ Mulailah Dengan Penawaran Terbaik
Jika kamu telah menemukan target rumah impian yang tepat maka sekarang saatnya berada satu langkah lebih jauh dengan melakukan penawaran. Tapi biasanya jika kamu memilih berhubungan dengan perusahaan properti besar maka tentu akan ada banyak saingan yang berkompetisi untuk mendapatkan rumah idaman yang sama denganmu. 

Dan tentunya penawaran yang akan kamu lakukan tidak akan berbuah apa-apa. Daripada penawaran hargamu ditolak dan tidak sesuai dengan harga para pebisnis properti, ada baiknya kamu juga mempertimbangkan apakah properti yang akan kamu dapat sudah seimbang dengan harganya.

✔ Kumpulkan Informasi Lebih Lanjut
Kumpulkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana proses jual beli akan berlangsung. Cari tahu juga hal-hal lain seperti biaya balik nama atau pengurusan SHM dan lain sebagainya agar kamu juga tidak merasa tertipu dikemudian hari. Jika kamu telah paham dengan segala konsekuensinya maka kamu bisa lebih puas dan mempersiapkan diri untuk beberapa waktu ke depan mengurusi segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelian rumah.

✔ Negosiasi Dengan Pihak Terkait
Setelah rumah impian siap dibeli, cobalah bernegosiasi lebih lanjut tentang apa yang akan kamu dapatkan selain rumah. Bisa jadi asuransi rumah atau hal lain yang berkaitan dengan keuntungan lebih. Ingat, ini adalah negosiasi jadi pertimbangkan bagaimana mereka juga bisa menerima permintaanmu dan mengajukan penawaran lain.

✔Jangan Melakukan Perbaikan Sekaligus
Hal ini biasanya menjadi kesalahan umum para pemilik rumah baru. Mereka tidak sabar untuk menambal segala kekurangan dari rumah baru mereka menjadi lebih sempurna sesuai dengan keinginan mereka. Kamu tidak perlu langsung mengeluarkan dana tambahan untuk memasang wallpaper atau mengganti cat sesuai dengan keinginanmu sesegera mungkin setelah rumah kamu dapatkan.

Lebih baik nikmati dulu semua yang telah tersedia. Selama kamu masih bisa tinggal dan beraktivitas normal di rumah tersebut tentunya tidak ada masalah jika tidak melakukan renovasi sedini mungkin.

Itulah beberapa hal yang sangat perlu untuk kamu ketahui saat membeli rumah baru khususnya bagi kamu muda. Usia yang masih muda cenderung memiliki pertimbangan yang tidak terlalu matang. Untuk itu sangat perlu bagi kita untuk sadar diri dan tidak gegabah dalam memutuskan sebuah perkara bahkan untuk persoalan membeli rumah Bandung dijual. Semoga bermanfaat. [PP]

6 comments

  1. Setuju sekali.
    Beli rumah baru memang perlu perencanaan matang karena memang harganya tidak murah. Jangan sampai karena kurang nya informasi, malah seperti beli kucing dalam karung ya ��

    Lebih baih serahkan pada ahlinya.

    ReplyDelete
  2. Thank you infonya, lagi persiapan buat beli rumah juga nih

    ReplyDelete
  3. Terima kasih tipsnya..bermanfaat untuk pasangan yang berencana membeli rumah nih:)

    ReplyDelete
  4. Anakku belum lulus kuliahnya udah rencanakan beli rumah begitu kerja, ya udah emaknya bagian mengaminkan aja

    ReplyDelete
  5. Ini idaman banget punya rumah sendiri, bener juga bilang mbak bahwa untuk mempersiapkan semua tidak boleh gegabah. Harus pelan pelan dan sabar memenuhi satu persatu untuk rumah idaman

    ReplyDelete
  6. aaak jadi kepingin punya rumah, tapi bikins esuai konsep sendiri, kalau beli di perumahan, bakal rombak total karena keinginannku buanyaaak, hehehe

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)