Edited by Chela. Powered by Blogger.

Tips Mudah Merawat Kacamata



Semenjak kemunculan Afgan, rasanya keberadaan kacamata bukan lagi hanya menjadi milik mereka yang memang membutuhkan untuk membantu penglihatannya. Inget banget sih jaman SD dulu, ada temen pakai kacamata karena memang matanya minus. Alih-alih tertolong penglihatannya, yang ada jadi objek bully. Ejekan "si miopi" pun melekat ke teman saya.


Bahkan, aku menemui muridku yang harus berkacamata juga jadi bahan ejekan teman-temannya. Kukira bullyan tentang teman berkacamata cuma ada di tahunku..Eh ternyata, sekarang masih aja ada. 

Belakangan kacamata memang jadi makin hits yach. Bukan hanya sebagai alat bantu penglihatan, tapi kemana-mana banyak tuh anak muda atau yang usia matang pada pakai kacamata. Bahkan anak bayik aja udah dipakain kacamata. Biar gahoel.

Harga dua puluh ribuan juga hajar aja yang penting EKSIZZZZ!!! Hahaha.. 

Aku sendiri juga pakai kacamata sejak 2014 awal. Nggak dipakai tiap hari sih ya karena minusnya cuma dikit. Tapi memang kebawa aja, rasanya pakai kacamata kok keren gitu. Wkwkwk..  keren gundhulmu, Chel!.

Tapi gini, akhir 2017 kemarin aku harus ganti kacamata. Karena kacamata yang biasa aku gunakan terlebih ketika berkendara tuh nggak nyaman. Mataku jadi perih lantas kemudian berair kayak orang nangis gitu. Nggak cuma itu aja, mataku juga pegel dan rasanya memang pandangan agak kabur. Aku mikir minus nambah, kupanggil deh mas Wisnu si langganan kacamata buat ke sekolah. 

Ternyata minusku nggak nambah. Tapi kok aku ada keluhan seperti itu coba. Lalu aku mencoba mengoreksi sendiri sih ada apa dengan mataku. 

😩 Terlalu keseringan lihat layar baik HP atau laptop (belakangan hari kala itu sih)

😩 Kebanyakan begadang jadi kurang tidur. Ngaruh banget ke mata ternyata.

😩 Kacamata yang memang sudah waktunya buat ganti.

Dipoint terakhir juga aku baru ngeh setelah konsultasi sama mas Wisnu. Ibaratnya begini, kita bisa aja pakai kacamata tapi untuk pemeliharaannya gimana. Diperhatiin nggak? Asal taruh aja? Usap kacanya juga asal??

Nggak cuma hati aja, kacamata juga butuh disayang-sayang biar awet.

So, kacamata dalam hal ini kacanya itu memang ada masa expirednya. Kalau kepunyaanku memang masa expired 2-3 tahun. Belum tahu kacamata pertamaku? Nih... Pakai kaca yang fotogrey jadi kalau dipanasan bisa jadi agak gelapan gitu.


Kupikir cuma makanan, gincu, bedak aja yang ada expirednya. Nggak taunya kaca juga ada. Makanya kalau memang pemakaian lebih lama seperti ada yang beda dari kacamata kita. Dan disarankan juga segera ganti demi kemaslahatan penglihatan kita. Mata itu alat indera paling utama. Jadi hayukk disayang-sayang banget.

Kukasih tips simple nih ya gimana caranya merawat kacamatamu. *Biar awet kayak cintaku padamu*

πŸ‘“ Pertama : usap bagian kaca dengan searah. Jangan bolak balik ya. Cukup hatimh aja yang dibolak-balikin sama Allah. Hahaha. Tujuannya supaya kacamu nggak tergores. Dan ingat, mengusapnya juga pakai perasaan.

πŸ‘“ Kedua : kan ada tuh cairan pembersih kacamata. Kalau punya bolehlah dipakai, kalau enggak juga nggak masalah. Cukup diusap dengan cara pertama aja. Asalkan tanganmu bersih dari noda terutama noda minyak habis makan gorengan.

πŸ‘“ Ketiga : gunakan kain khusus untuk membersihkan kacamata. Diutamakan dengan permukaan yang halus. Jika nggak ada, cukup dengan tisyu wajah juga bisa.

πŸ‘“ Keempat : setelah dipakai, sebaiknya segera simpan kacamata di tempatnya lagi dan posisikan kembali dengan kondisi dilipat. Karena dengan begitu kita bisa meminimalisir bagian badan kacamata *halah apasih bahasanya* berubah ukuran. Jadi nyantol di telinga tuh bisa kendor gitu lho. You know what i mean kan gaes...

πŸ‘“Kelima : hindari untuk melempar kacamata sekalipun sudah disimpan di tempatnya.

πŸ‘“ Keenam : jauh lebih bagus lagi kita bisa menjaga kesehatan mata kita dengan menerapkan kebiasaan baik. Seperti membaca di tempat dengan cahaya terang, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, melakukan senam mata, dan cek kesehatan mata secara berkala jika memang sudah mengalami gangguan penglihatan.

Nah, itu tips untuk merawat kacamata. Semoga bermanfaat ya. 

2 comments

  1. Kacamataku ada dua satu buat di rumah satu buat di mobil jika pergi dan ada acara jadi bisa tetap kelihatan kalau jarak jauh, nah sekarang yang di rumah ilang udah 3 hari entah kemana belum ketemu heuheu terpaksa nonton pakai kacamata yang di mobil nih, aku pun minus mata kanan 1 3/4 kiri 1 1/2

    ReplyDelete
  2. Wah punyaku berarti udah expired dari kapan tahu yaaaa. Udah lama gak kupakai, eh selain expired juga udah ketinggalan gaya jadi emang butuh ganti banget nich. Makasih ya Che tipsnya

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)