Edited by Chela. Powered by Blogger.

Yang Harus Diperhatikan Menjelang Lebaran


Yang Harus Diperhatikan Menjelang Lebaran ~ Tinggal menghitung hari kan ya puasanya. Minggu terakhir bulan Ramadan biasanya akan semakin gencar pemberitaan mengenai arus mudik. Swalayan, mall bahkan pasar juga ramai, masjid dan mushola juga masih ramai, ditambah jalanan semakin ramai. Euforia lebaran memang bukan hanya milik umat muslim, teman saya yang non muslimpun juga merasakan dan bahkan menikmatinya.


Apalagi mudik menjadi tradisi tahunan yang sangat dinanti oleh para perantau. Jauh hari sudah beli tiket pesawat atau tiket kereta api, keluarga menanti di rumah dengan penuh suka cita. Kalau saya sih mudiknya deket aja, pakai kendaraan pribad juga oke lah ya. Dan memang, karena saking bahagianya menyambut lebaran jangan sampai kita menyepelekan hal kecil sekalipun.


Banyak juga loh berita kurang enak baik di TV maupun radio. Apalagi semalam papa nyletuk pas kita masuk ke swalayan hits di Purwodadi. "Ma.. ramai begini rawan copet. Tas nya...".  Oiya... Bener juga kan ya. 

Nah, yang mau mudik atau masih mempersiapkan lebaran untuk berkumpul dengan keluarga. Coba deh meski terkesan sepele, perhatikan beberapa point berikut ini :


1. Waspada Uang Palsu 
Nggak dipungkiri bahwa ada semacam tradisi bagi-bagi rejeki untuk sanak keluarga. Sasarannya adalah uang dengan pecahan baik besar maupun kecil dengan kondisi masih baru. Nomor seri masih urut dan masih khas bau uang baru dicetak. 
Banyak banget jasa penukaran uang (biasanya dengan imbalan 10% dari nominal yang akan kita tukar), namun kita juga wajib hati-hati. Takutnya kita mendapatkan uang palsu. Bukannya curiga atau bagaimana, waspada itu sangat perlu. Makanya selektif memilih tempat penukaran uang juga sangat penting. Pilih bank yang memang ditunjuk langsung dan bisa melayani penukaran uang baru tanpa dipungut biaya. Atau kalau enggan bisa nitip keluarga yang bekerja di bank. 


2. Cermati tanggal kadaluarsa
Buibu juga pasti sangat jeli melihat tanggal expired. Apalagi bagi yang sedang mempersiapkan parselan untuk keluarga, teman sekantor ataupun untuk anak buah. 
Selain cermat dalam membandingkan harga, cermati pula tanggal kadaluarsanya. Karena jangan sampai kita memberi bingkisan makanan tapi malah nggak bisa dimakan karena sudah expired

3. Awas copet dimana-mana
Seperti yang papa bilang semalam, seluruh penjuru mall, pasar ataupun swalayan pasti akan ramai. Kondisi ramai seperti itu pasti akan sangat memudahkan oknum pencopet untuk beraksi. 

Untuk itu berhati-hatilah ketika sedang berbelanja. Ada baiknya pisahkan uang di beberapa bagian saku tas atau saku celana. Usahakan tas selalu mudah dalam pengawasan, dan kalaupun ada suami yang menemani berbelanja titipkan tas atau dompet ke suami sementara kita asyik memilih belanjaan.

4. Jalan ramai, hati-hatilah!
Arus mudik sudah semakin padat merayap. Jalanan ramai ditambah banyaknya patroli polisi menjelang hari raya. Ibarat pepatah "Pulang malu tak pulang rindu", biasanya jargon itu dibawa oleh para perantau. 
Hati-hati itu wajib mau mudiknya pakai kendaraan umum atau pribadi. Jika merasa capek, manfaatkan rest area dan lanjutkan lagi perjalanan dengan kondisi fit. Jangan lupa periksa kondisi kendaraan sebelum digunakan ya. 

5. Awas maling mengincar rumah kosong.
Ditinggal mudik pastikan rumah dalam keadaan aman. Hindari menyimpan uang atau perhiasan dengan jumlah banyak, karena biasanya pencuri akan mencari emas atau barang yang mudah dijual menjelang hari raya. Kok aku bisa bilang begini? Ya karena saudaraku pernah ngalamin sendiri. Rumah ditinggal mudik, begitu balik eh acak-acakan di satroni maling.

Jika tinggal di perumahan, bisa minta tolong bapak satpam untuk selalu ngecek keamaan sekitar rumah. Atau titipkan ke tetangga atau saudara yang memang tidak mudik. Dan jangan lupa nyalakan lampu di beberapa ruangan agar rumah tidak terlalu sepi.


Waspada itu perlu makanya jangan terlena dengan segenap suka cita persiapan menjelang lebaran. Agar puasa kita lancar, lebaran disambut dengan happy. Yuk sama-sama saling waspada, saling menjaga agar hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.


Selamat mudik dan selamat berkumpul dengan keluarga. 

7 comments

  1. Kadang suka lupa ngecek tgl kadaluarsa pas belanja makanan, sampe rumah baru deh inget.. memang harus diinget2 ya mba,mana tau belanja byk buat lebaran, jgn sampe kejadian ada brg expired

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah saya udah sampai kamoung dgn selamat, kalau di Medan sih ga terlalu macet, saya juga ga tukar uang, jd InsyaAllah aman dari uang palsu.

    terakhir semua barang berharga sudah saya amankan dari kosan di perantauan alias dibawa pulang semu, dr pada kenapa2 mending repot2 bawa mudik jg

    ReplyDelete
  3. Waah benar jg nih harus waspada menjelang lebaran agar selamat pas hari H dan pasca lebaran. Terima kasi sharingnya.

    ReplyDelete
  4. Awas copet,, iya, di terminal, bandara dan stasiun rawat banget,, musti hati-hati banget,, jangan sembarangan taroh di saku atau tas,, simpan di tempat yang tertutup dan aman,,

    ReplyDelete
  5. Bener banget nih mbak, biasanya momen lebaran kayak gini banyak flash sale besar-besaran di toko-toko besar bukan yang online loh yah. Di sini sebagai pembeli kita harus jeli lihat tanggal kadaluarsanya, jangan sampai kita keliru karena terpikat harga yang fantastis. Dan yang terakhir sebisa mungkin cek semua barang dan pastikan semua pintu sudah dikunci dengan benar. jangan sampai ketika mudik rumah kita malah kecolongan karena kurang waspada dari awal.

    ReplyDelete
  6. saya fokus ke poin ke 5, karena dari 17 rumah yang biasanya aktif dihuni, kini tinggal kami ber 2 yang tidak mudik lebaran.. :)

    ReplyDelete
  7. harus waspada nih uang palsu ...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)