Edited by Chela. Powered by Blogger.

Cerita Berprosesnya Blog Gurukecil(dot)com

Beberapa kali ketemu teman guru yang juga senior dimasa kuliah, selalu nanyain "masih eksis aja di facebook. Masih ngeblog juga?" jawabnya enak juga donk. "ya masih lah... ngeblog itu menyenangkan, kok.". Kupikir pertanyaan akan berhenti sampai di situ saja, eh ternyata masih berlanjut loh. Kebetulan juga, aku ngobrol sama pak Sawijo itu sambil nungguin anak-anak apel pembukaan Jambore kemarin. 



"Pokoknya nanti saya harus diajarin caranya ngeblog!". Kalimat itu mengalir dari Pak Sawijo. Enteng donk jawaban aku "lah... tutorial kan banyak di google, lha wong saya juga bukan orang yang ahli!" hahahaha. 


Obrolan kami semakin mendalam tentang perbloggingan. Dunia blogging saya mulai dari tahun 2009 dan itupun karena ketidak sengajaan. .Nah, sekarang sih aku pengen ceritain juga gimana berprosesnya aku dan blog ini... semua berawal dari...


... Tugas Pembelajaran Matematika SD
Saat itu diampu oleh Pak Wahyudi dan beliau ini memang dosen yang mengedepankan penggunaan IT banget. Sekelas calon guru SD, tugas itu harus di muat dalam blog. Semesteran selesai teman-teman cuekin blognya dan aku yang keterusan. hahaha...


... Kegemaran Bercerita dan Menulis
Aku itu katanya cerewet dan seneng bercerita atau nggosip lah ya. Awal ngeblog isinya curhataaaaannnn aja, ceritain pacar baru, lagi berantem, nemu kebaya impian, selesai yudisium. Pokoknya apa aja diceritain dan di tulis di blog. Kalau flashback sih, dulu memang aku seneng banget nulis buku diary. Mau kejadian nyenengin , nyebelin, jatuh cinta, putus cinta, semua aku tulis di buku diary. Trus dibaca donk sama ibu karena nemu diaryku di lemari lol.


Semakin kesini aku banyak belajar juga dari beberapa teman bloger mengenai menyajikan postingan yang memang asyik untuk di baca dan tidak membosankan. Banyak membaca sangat membantu aku untuk menambah kosa kata dan yang pasti harus bisa menemukan style kita sendiri.



... Mencoba Ngeblog dengan Blog Gratisan
iya, kata Pak Wahyudi ada platform yang bisa di pilih untuk memulai sebuah blog. Saat itu disarankan memilih blogspot karena lebih mudah dipelajari apalagi untuk pemula dan otodidak macam aku ini. Memang sih banyak enaknya dengan blog gratisan saat itu apalagi masih dalam satu rumah dengan google. Bisa dikatakan zaman awal-awal ngeblog masih sangat merhatiin page range. Belum ngerti banget apa yang namanya SEO, tapi selama page range menyentuh angka 3 sih ya bahagianya luar biasa.

Tapi, kelemahan dengan blog gratisan adalah terlalu panjang jika kita harus memberikan alamat blog. Blog ini bermula dengan domain www.gurukecil-chela.blogspot.com. Saat event Blogger Nusantara tahun 2013 lalu, aku minder kalau di tanya alamat blognya. Sementara mereka yang datang dan ikut di acara adalah blogger kelas keren-keren semua. huhuhuhu



...Akhirnya beralih ke domain berbayar
Atas saran beberapa teman akhirnya aku memutuskan untuk beralih ke domain berbayar. Incaranku saat itu sih .com atau (dot) com. Alhamdulillahnya begitu minta bantuan bang Ipuy dan nama domain dipilihkan oleh beliau tuh masih tersedia. 

Setelah resmi dengan www.gurukecil.com, sampai saat ini aku ngerasain banget nilai plusnya menggunakan domain berbayar. Yang aku dapat nih ya..

1. mudah buat ingat nama domain. 
2. nama domain bisa menjadi trademark si empunya blog.
3. jadi makin semangat membuat konten berupa tulisan karena kalau blog dianggurin rasanya sayang banget duit yang dipakai perpanjangan domain.
4. dapet duit dari blog baik job review maupun content placement.




Beli domain di Niagahoster


Buat pemula yang mau beralih dari domain gratis ke domain berbayar, ada banyak lho penyedia web hosting. Seperti niagahoster yang merupakan  layanan Web Hosting Indonesia Terbaik dengan disk space dan bandwith unlimited, technical support 24 jam, Supermicro server, cPanel hosting, Softaculous, dan datacenter tier-4 DCI Indonesia yang canggih di Indonesia. 

penawaran domain murah

cek nama domain online shop


Sejauh ini pasti beranggapan bahwa penyedia hosting itu hanya dari Eropa dan Amerika, ternyata di Indonesia sudah ada dan fitur yang disediakan ini terbilang lengkap. Kebeneran aku memang sedang mencari domain murah untuk online shop yang sudah aku jalani selama 2 tahun belakangan ini. Wacana untuk membuat blog khusus jualan sudah ada, tinggal eksekusinya saja. Di Niagahoster ini harga hostingnya termurah, dan bisa jadi pilihan untuk kalian yang sedang merintis ke dunia blogging atau bisnis. 



Last but not least, selain kalian mempersiapkan domain blog apalagi aku sarankan banget yang berbayar, adalah komitmen untuk tetap konsisten menulis. Komitmen untuk konsisten update blog. Karena yang susah itu adalah menjaga mood untuk tetap menulis, sayang kan kalau udah ngeblog eh setiap bulan cuma posting sebiji. Kayak gitu ada loh, siapa? haha,,, ya jelas aku lah!!! LOL. Maka dari itu, mumpung nama blognya itu unyu, ditambah lagi ada niagahoster yang menawarkan domain dengan harga murah, hayuklah semangat buat ngeblog!

7 comments

  1. Semua blogger pasti berproses ya mba. Saya juga gitu, dulu pakai blogger gratisan aja merasa sudah cukup. Makin kesini kalau mau terlihat profesional ya harus pakai domain berbayar. Ternyata terjangkau banget kok karena bayarnya per tahun.

    ReplyDelete
  2. Yang punya kapan berproses?? Hahaha...
    Blog-ku sudah mati semuuuaaa, berasa jijik baca tulisan jaman alay, :lol:

    Ditunggu berubah domain jadi KepalaSekolahKecil[dot]com, masa ya mau jadi Guru terus ga naik jabatan?? :))

    ReplyDelete
  3. menginspirasi sekali km Chel, tetap konsisten di dunia blogging. semoga kita bisa menebar manfaat lewat blog ya. amin

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  5. Idem, Bu Guru.. Post2 awalku isinya tsurchaaat.. haha.... Alhamdulillah makin kesini porsi curhatnya makin kecil hehe.. TFS ya .lagi mau nanya2 ttg hosting juga nih..

    ReplyDelete
  6. Wah senangnya sekarang dah makin profesional ya ngeblogmya

    ReplyDelete
  7. duit dari blog juga pasti lebih banyak dari yang buat perpanjangan domain, makasih sharingnya bu guru.
    Kunjungi juga alfisbu.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)