Edited by Chela. Powered by Blogger.

Suka Cita Peserta OSN 2019 Menerima Buku Tabungan

Suka Cita Peserta OSN 2019 Menerima Buku Tabungan ~ Ngomongin Olimpiade Sains Nasional atau lebih sering kita sebut OSN, tentu dambaan bagi mereka yang menyukai sains. Saya saja sebagai guru merasakan sendiri betapa lebih besar tantangannya ketika mendampingi anak untuk maju seleksi OSN meski tingkat kecamatan. Entah dari bobot soal yang butuh pemahaman luar biasa karena model HOTS atau soal sepele yang kadang dilogika saja bisa terpecahkan. 



Saya berterimakasih karena mendapat kesempatan untuk mengikuti keseruan OSN 2019 ini. FYI, Olimpiade Sains Nasional tahun 2019 ini memang dilaksanakan di dua tempat yaitu di Yogyakarta dan Sulawesi Utara. Untuk tingkatan SD dan SMP bertempat di Yogyakarta, sedangkan jenjang SMA dilaksanakan di Manado Sulawesi Utara. Penyelenggaraan berlangsung pada tanggal 30 Juni - 6 Juli 2019.


Tema yang diangkat adalah Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan. Dimana melalui anak-anak hebat dan berbakat di bidang Sains, Matematika dan IPS ini diharapkan mampu menjadi Indonesia Emas di tahu 2025 nantinya. Memang, tantangan dunia semakin kedepan akan semakin berat, akan tetapi melalu ilimuan cilik inilah nantinya yang akan semakin mengharumkan bangsa Indonesia. 


Sebanyak 1.433 siswa berhasil terpilih sebagai peserta OSN dengan pembagian SD/MI 272 siswa, SMP/MTS 396 siswa, dan SMA/MA 685 siswa. Mereka merupakan perwakilan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, sudah jelas donk ya selain berlomba mereka juga bisa menjalin silaturahmi dan mendapatkan teman baru dari berbagai daerah. 

Buku Tabungan Beasiswa Berprestasi Untuk Seluruh Peserta OSN 2019


Tepatnya hari keempat pelaksanaan OSN dan di Ballroom Alana Hotel, saya mengikuti kegiatan yang terbilang santai namun suasana akrab masih sangat terasa. Agenda hari itu adalah seluruh peserta OSN 2019 menerima buku tabungan beasiswa berprestasi dan wisata edukasi di Candi Prambanan. 

Sebelum pembagian buku tabungan, biasa lah ya peserta diajak seseruan dengan panitia dan peserta lain. Diantaranya berbagi suka duka mengikuti OSN tahun ini. Luar biasanya adalah pengalaman mereka itu lucu-lucu dan seru, seperti 

^ Kisi-kisi soal yang di pelajari dan soal yang diujikan berbeda sehingga menjadi semacam shok terapi karena bisa jadi soalnya lebih sulit.

^Makanan di Yogyakarta enak-enak.

^ Senang mendapatkan pengalaman dan teman baru dari lain daerah

^ Soal ujian baik tertulis maupun eksplorasi gampang-gampang susah. 


Tabungan Beasiswa Berprestasi ini sendiri merupakan sebuah apresiasi dari Kementrian Pendidikan kepada peserta yang terpilih dalam OSN 2019. Penyerahan buku tabungan disaksikan juga dari Dirjen Pengembangan SMP melalui bank BNI. Nantinya untuk pencairan dana yang sudah tertulis di buku tabungan bisa dilakukan di kantor cabang bank BNI terdekat di provinsi masing-masing peserta. 


Persyaratan pengambilan tabungan ini juga disampaikan langsung oleh pihak bank BNI. Peserta diminta membawa beberapa berkas seperti buku tabungan asli, fotocopy rapor bagian depan yang berisi biodata siswa, pengambilan slip penarikan harus di kantor cabang, dan wajib didampingi oleh orang tua/wali siswa. 


Setiap peserta OSN 2019 mendapatkan beasiswa berprestasi sebesar 3 juta rupiah dan langsung masuk di rekening BNI mereka masing-masing. Nantinya bagi mereka yang berhasil memperoleh juara, akan ada tambahan lagi berupa uang pembinaan yang besarnya sesuai dengan medali yang mereka dapatkan. 



Iseng juga sebenarnya, kok saya kepengen kepo gitu nantinya uang beasiswa itu akan dipakai untuk apa. Saya tanya kepada salah seorang peserta perwakilan dari Sumatra Utara bahwa nantinya beasiswa itu akan digunakan untuk beli keperluan sekolah. Wuaaa... senang ya pastinya. 

perwakilan dari Kalimantan Timur sedang menandatangani buku tabungan


Pemberian buku tabungan itu juga siswa harus melengkapi beberapa berkas dengan tanda tangan asli tiap peserta. Bahkan sebelum diterima, setiap peserta dipastikan untuk memeriksa kembali data apakah ada kesalahan penulisan nama atau kurangnya kelengkapan berkas yang lain. Nah, kalau menemukan kesalahan penulisan nama peserta  atau buku tabungannya hilang bisa menghubungi pihak bank BNI atau telfon ke 0215742464 . 

penyerahan buku tabungan beasiswa secara simbolis kepada perwakilan peserta


Oiya, sepanjang menanti nama mereka dipanggil, tampak sekali keakraban peserta satu sama lain. Mereka duduk berdasarkan bidang mata pelajaran yang mereka ikuti jadi semuanya membaur. Karena suasana sangat santai, peserta juga dipersilakan sambil menikmati coffe break dan cemilan yang disediakan oleh panitia. Sayangnya saya mau ambil nggak berani. Hahaha..


OSN 2019 sudah berlalu bahkan saya mengikuti juga keseruan saat penutupan di Hotel Alana dan The Rich Yogyakarta. Bahkan live streaming juga penutupan di Manado. Diharapkannya para pemenang bersiap dengan OSN internasional yang akan dilaksanakan di India dan selamat ya kepada provinsi Jawa Barat sebagai Juara Umum OSN 2019. 


Pesan juga nih buat putra-putri yang ingin ikut OSN bahwa harus banyak belaja, berdoa dan berlatih. Jangan mudah menyerah dan jangan beranggapan bahwa pelajaran sains itu susah. Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan! Sampai jumpa di OSN 2020. 

5 comments

  1. wah seru ya acaranya, bangga dgn siswa berprestasi sbg juara dlm OSN 2019.

    ReplyDelete
  2. Ikut acara lomba gini paling seneng tuh bisa tambah temen ya mba. Masih kecil kayak mereka dapat memperluas pertemanan asik banget deh :)

    ReplyDelete
  3. Jadi semuanya dapat tabungan, kak? Wah senengnya. Semakin senang yang juara, dapat hadiah dapat pula tabungan. Berkah anak anak pintar

    ReplyDelete
  4. Wiwin | pratiwanggini.netJuly 10, 2019 at 11:20 AM

    Dibukain tabungan dari beasiswa, semoga kedepannya mereka juga rajin menabung :)

    ReplyDelete
  5. Baguslah, apresiasi diwujudkan dalam bentuk tabungan pendidikan.. Biar bisa digunakan dengan bijaksana. Hihi...tfs mb...

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)