Edited by Chela. Powered by Blogger.

Kulkas Anda Terendam Banjir?Segera Lakukan Ini


Kulkas Anda Terendam Banjir? Segera Lakukan Ini ~ Bencana banjir bisa datang kapan saja, apalagi jika curah hujan tinggi. Masyarakat yang sering terkena banjir sudah tahu bagaimana menyelamatkan barang elektronik seperti kulkas. Tapi kalau sudah terlanjur terendam tentu rasa kecewa muncul karena bisa jadi kulkas tak bisa digunakan lagi. Tenang! Ada cara jitu agar kulkas  bisa kembali berfungsi.



4 Cara Cerdas Selamatkan Kulkas
Jika kulkas hemat energi atau jenis kulkas lainnya sudah terendam banjir, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka beberapa komponen penting, membersihkannya, lalu mengeringkannya dan memasang kembali. Yang paling penting adalah jangan langsung coba menyalakannya dulu, karena hanya akan membuat kerusakan menjadi tambah parah.

  • Buka Komponen Penting

Ada tiga komponen dari kulkas yang harus segera di buka yaitu relay yang terletak di bagian bawah kulkas, thermostat yang biasanya berfungsi mengatur suhu, dan overload protector yang terletak di dekat kompresor. Ketiganya biasanya berada pada bagian belakang mesin. Sebelum dibuka pastikan terlebih dahulu kulkas dalam kondisi mati.

  • Bersihkan

Setelah ketiga komponen itu dibuka, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan ketiganya dari air dan lumpur yang mungkin saja lengket saat banjir terjadi. Anda bisa membersihkannya menggunakan kain lap basah hingga semoa kotoran yang menempel hilang.

  • Keringkan

Langkah selanjutnya adalah mengeringkan ketiga komponen tersebut, bisa dengan menjemurnya di bawah matahari langsung atau menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer jika ingin lebih cepat kering.

  • Pasang Kembali

Setelah ketiga komponen itu kering Anda bisa melekatkannya kembali ke posisi masing-masing. Biasanya komponen ini sama pada setiap kulkas hanya letak dan mungkin ukurannya yang berbeda seperti pada kulkas merek Panasonic yang memilikinya di bagian permesinan kulkas bagian belakang.


Kalau Anda sudah melakukan upaya penanggulangan kulkas rusak akibat banjir dengan cara di atas, kemungkinan besar kulkas bisa hidup normal kembali. Cara ini juga meminimalisir pengeluaran jika Anda membawanya ke tukang service kulkas. Yang perlu diingat adalah sambil melakukan trik di atas, jemur juga kulkas secara keseluruhan hingga kering, baru dihidupkan kembali. Selamat mencoba.

No comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)