Edited by Chela. Powered by Blogger.

Channel Favorit Untuk Belajar Soal CPNS

Menyadari betul bahwa otak saya ini tingkat intelegensinya B aja alias biasa saja, ada banyak hal yang butuh effort untuk bisa menyelesaikannya. Termasuk dalam meyiapkan diri di tes beberapa kali tes CPNS. Dan tes-tes lainnya dink. Hahahaha. 


Jika yang lain belajar sekali, saya butuh beberapa kali sampai saya paham. Apalagi menyoal hitungan saya lemah. Diawang-awang aja nggak bisa kecuali ngawang-awang bayangan mantan yang nyakitin hahaha. Harus ada coretan dan saya paham alur mengerjakannya seperti apa. 

Sementara untuk soal-soal tes CPNS, melahap buku setebal itu ternyata NGGAK ADA SATUPUN ADA SOAL YANG MIRIP. Nyrempet sedikit ada sih ya, tapi kalau sama plek ketiplek ya nggak akan ada. Kecuali ulangan semesteran anak-anak SD wkwkwk. 

Ada yang bilang mengerjakan tes CPNS itu nggak harus pinter-pinter amat tapi juga kudu amat pinter dalam strategi. Belajar semalam aja sebenarnya nggak cukup, makanya CPNS 2019 kemarin saya sering sekali mentengin video di youtube dan akan betah berlama-lama hanya untuk membahas soal sambil belajar. 

Kenapa youtube? ya karena ada banyak sekali youtuber sekarang yang membahas soal CPNS. Berbeda dengan tahu 2013, 2014 ketika saya ikut tes, modal belajar dari buku tebal dan modul yang dijual seharga 25 ribu dapat 3 itu. Cara belajar untuk tes CPNS sekarang jauh lebih enak bahkan enak buanget. Makanya saya sangat berterimakasih kepada kalian para ASN yang merangkap menjadi youtuber dengan berbagi ilmu secara gratis. Semoga rejeki dan kebaikan kalian berlimpah ya. 

Modal belajar untuk persiapan tes CPNS 2019 kemarin adalah dari channel youtube berikut ini:

  • Dosen Ndeso

Nggak ngerti kenapa namanya dosen ndeso, tapi yang jelas suaranya medhok hahaha. Channel milik mas Fajar Rohman Hariri ini setiap pembahasan soalnya dia jelaskan dengan sangat detail dan sangat mudah dipahami. Ditambah mas Fajar juga sering memberikan tips dan trik untuk menyelesaikan soal terlebih yang saya ubleg adalah soal TIU (tes Intelegensia umum). Menariknya lagi adalah jika ada video mengenai FR yang diberikan oleh para peserta tes yang sudah melaksanakan tes. Jadi FR dari mas Fajar ini menurut saya FR asli dan dilanjut dengan contoh soal yang hampir setipe dengan FR. 

  • Ping Lie

Saya juga nggak ngerti mengapa diberi nama Ping Lie. hahahaha. Di channel ini saya juga terfokus di TIU apalagi untuk trik menghitung soal yang kalau saya lihat pertama kali pasti akan berkomentar "iki soal model piyeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee!"hahaha. Ada trik-trik khusus yang diberikan dari tingkat mudah ke rumit. Baru setelah menemukan formulanya, soal yang nampak sulit akan bisa dikerjakan kurang dari 1 menit. 

  • Wenda Alifullah 

Mungkin agak telat menemukan channel ini dan tahu channel ini dari rekomendasi teman SMA. Menariknya dari channel Wenda Alifullah ini adalah ketika saya menemukan salah satu video yang isinya sebuah motifasi jika kita mengalami sebuah kegagalan sementara kita sudah mempersiapkan diri dengan sangat baik. Seperti Allah belokkan jalan kita ke jalan yang sebenarnya kita saja nggak mau. Nggak ngerti juga kenapa motivasi ini bisa masuk ke saya bahkan beberapa kali saya bisa menyapa dia di instagram. Motivasinya tidak berhenti saja di youtube melainkan dia membalas dan semakin memberi semangat, 


Terus bagaimana dengan hasil tes CPNS bu guru? Alhamdulillah saya mendapatkan nilai SKD 358. Pengumuman hasil SKD saya ada di posisi lima. Karena formasi yang dibutuhkan hanya satu, otomatis saya tidak lanjut ke tahap SKB. 

Sedih? hoooo ya pasti. Sampai setik saya menulis postingan ini saja hasil pengumuman tidak saya lihat. Informasi itu datang dari teman-teman yang alhamdulillah mereka menyemangati saya. Ambisi? Ya jelas ada bahkan dalam memilih sekolah tujuan saya mengikuti perkataan orang tua. Padahal papa melihat peluang emas jika saya daftar di Kabupaten Jepara. Entahlah, sampai saat ini juga saya masih bertanya-tanya mengapa Allah selalu belokkan saya ke jalan dimana kebahagiaan orang tua menjadi tujuan saya. Menjadi CPNS adalah kebahagiaan bapak ibu, juga saya. 

CPNS? klise ya! Iya klise banget dan saya sendiri tidak ingin menutup pola pikir saya untuk hanya tertuju pada PNS. Meski latar belakang keluarga adalah PNS, takaran kesuksesan anak adalah bisa menjadi PNS, bahkan setelah PNS mungkin saya akan sepenuhnya dilepas orang tua untuk menjalani kehidupan keluarga tanpa harus digondheli. PNS yang masih diidam-idamkan saat ini entah mengapa belum berpihak kepada saya dan papa. 

Gagal lagi... gagal kesekian kali. Bahkan saya merasa malu dengan tetangga dan keluarga besar terutama keluarga besar ibu. Saya juga malu dengan mbak dan mas ipar saya. Karena saya gagal lagi mendapatkan SK. Sementara saya juga sudah berusaha, belajar, berdoa, mungkin salah strategi memilih sekolah.

Tapi di sisi lain, ada banyak peluang yang datang bahkan harus saya jemput. Seperti yang sudah saya bilang saya tidak ingin mengurung diri dari kegagalan dan sukses dari jalan PNS saja. Asah kemampuan dan terus berusaha juga berdoa, saya meyakini pelangi indah itu akan datang ke saya dan keluarga. 

Sehingga suatu hari nanti bapak dan ibu akan mengatakan "saya bangga denganmu, nak!"


Nah, malah jadi curhat kan. Yang jelas dari 3 channel youtube ini saya sangat berterimakasih karena sudah membagikan hal-hal baik yang bisa bermanfaat bagi saya. 

No comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)