Edited by Chela. Powered by Blogger.

Museum Angkut Malang, Surga Bagi Pecinta Dunia Otomotif

Museum Angkut Malang, Surga Bagi Pecinta Dunia Otomotif ~ Namanya saja sudah Museum Angkot, otomatis yang dipamerkan adalah jenis kendaraan kan buguru. Haha. Yaiyalah, sebelumnya saya hanya mbatin "kapan bisa ke Museum Angkut!" Eh rejeki nggak dinyana datang dari mbak yang siap memboyong sekeluaega besar untuk liburan jelang akhir tahun 2019 lalu ke  Surabaya dan Malang. 

Alhamdulillah yaa.... 

Jadi bisa dikatakan traveling kali ini tuh perdana karena akomodasi yang kami gunakan adalah  kereta api. Menjadi permata pengalamanku khsususnya, pergi dengan bapak ibu juga anggota keluarga lainnya. 

Bersiap di lobi hotel

Nah, kaget juga kalau ternyata setelah kami menikmati suasana di Tunjungan Plasa Surabaya, esok paginya mobil travel yang sudah mas ipar sewa datang pagi--pagi ke hotel. Setelah sarapan kami bersiap melaju ke Kota Malang dimana target perjalanan hanya dua jam dari pusat kota Surabaya, ternyata harus molor menjadi 4 jam karena saking padatnya lalu lintas kota Batu Malang. 

"Ya awit mbiyen Batu Malang kui ramene koyo ngene, nduk!" Komentar yang bapak berikan ketika kami berisitirahat di rest area untuk membeli snack dan kopi. 


Lama di Jalan, Terbayarkan dengan Serunya di Museum Angkut

Jalur tol, sementara lepas dari padatnya lalu lintas kota Batu 

Setelah merasakan kejenuhan di dalam elf dan padatnya lalu lintas kota Batu Malang, akhirnya oh akhirnya kami sampai di Museum Angkut Malang. Sayangnya cuaca kurang bersahabat, agak mendung bergelayut dan sempat hujan saat kami berada dalam area museum. 

Oke, kujelaskan sedikit mengenai Museum Angkut yang ternyata menjadi destinasi wisata favorit para siswa di kota swikee ini. Museum Angkut merupakan museum transportasi dan tempat wisata modern yang terletak di Kota Batu Jawa Timur, sekitar 20 km dari Kota Malang. Museum dengan luas 3,8 hektar ini terletak di lereng Gunung Panderman. Pantas saja udaranya sejuk sekali. 

Ada banyak koleksi aneka macam transportasi di Museum Angkut. Sekitar 300 koleksi jenis angkutan baik dari tradisional hingga modern. Saya sih menjamin kalian akan terpana dengan aneka macam mobil hingga jenis pesawat yang belum pernah kita lihat di zaman kita. Huhuhu saya saja sangat takjub. Terutama kereta kuda bak kereta kencana yang sayang sekali tidak bisa dinaiki. 

Jika kita beranggapan mobil-mobil baik dari kuno hingga modern ini adalah barang yang hanya dipamerkan saja, hm... salah lho. Ternyata masih banyak juga kendaraan yang masih bisa menyala dan digunakan juga untuk atraksi. Meskipun beberapa jenis transportasi kuno dipamerkan dalam bentuk replika saja. 

Yakin lah.. nggak akan kecewa kalau pergi ke Museum Angkut terlebih ketika weekend. Karena saat kunjungan saya kala itu ada atraksi di kawasan Gangster Town dan SERU ABISSSS!!!!!

Beberapa Zona yang Memanjakan Kita untuk Berswafoto


Saking luasnya kawasan Museum Angkut, ternyata kita dihadapkan tidak hanya dalam aula besar saja. Ada beberapa zona daerah dimana menyesuaikan dengan jenis kendaraan. Dan setting setiap zonanya itu menyerupai tempat aslinya. huhuhuhu. 

1. Zona Hall Utama 

Zona ini akan kalian temukan ketika pertama kali masuk ke area gedung museum. Terdapat beraneka macam kendaraan populer dari zaman ke zaman. Dari kereta kencana sampai mobil ferrari juga ada, lho. 

2. Zona Edukasi

Zona ini memamerkan pada alat angkutan yang bernilai sejarah baik di Indonesia maupun luar negeri. NAmpak juga terdapat berbagai becak kuno dan delman dimana spot ini menjadi favorit bapak dan ibu. hahahaha. Ada juga lho mobil kuno yang dulu dipakai sang Proklamator kita, yaitu mobil Chrysler Windsor Deluxe. 

3. Zona Sunda Kelapa

Masuk di zona ini kalian akan merasakan sensasi pecinan sunda kelapa era dahulu. ditambah backsound khas Tionghoa dan aroma dupa, xixixixi. rasanya ini menjadi zona favorit kedua saya di Museum Angkut. Zona ini seolah menampilkan Batavia zaman dulu. Nostalgia banget yaaa.

4. Zona Gangster Town dan Broadway Street

Masuk di zona ini kita kaan merasakan seolah sedang berada di Broadway. Untungnya saat itu hujan sudah reda jadi atraksi mobil dan pawai mobil dan tokoh superhero bisa kami nikmati. Kami rela di zona ini hampir dua jam untuk menikmati pawai mobil ngepot sana sini dan penari yang membuat suasana petjah untuk nggak ikutan goyang. huhuhuhu. Zona terfavorit saya dan Intan tentunya. 

5. Zona Eropa

Welcome to yurop!!! ada aneka macam kendaraan seperti vespa dan replika bangunan khas Eropa lengkap dengan salju yang terbuat dari dakron. Xixixixi. Pokoknya noni noni belande banget lah masuk di zona ini. 

6. Zona Istana Buckingham

Disinilah zona dimana Intan sudah tidak badmood sehingga dia bisa menikmati kunjungan kami di Museum Angkot. Ya, zona dimana Pangeran Charles dan Ratu Inggris ini selain ada bangunan menyerupai kerajaan Inggris juga ada arena bermain. xixixixi. 

Begitu keluar dari zona Buckingham ini hujan kembali turun gaes. huhuhuhu. Kita lanjut ke zona berikutnya yukk sambil berhujan-hujan ria.

7. Zona Las Vegas
sayangnya saya hanya lewat karena hujan semakin deras. di zona ini kita seperti dalam suasana di Amerika Latin.

8. Zona D'Topeng Kingdom
Masuk di zona ini serasa Indonesia banget. JAdi zonanya ini memiliki sensasi keindahan serta kekayaan warisan negara kita. 
 
9. Zona Pasar Apung
Berasa di pasar Apung Kalimantan dimana kita bisa menikmati berbelanja oleh-oleh untuk saudara di rumah. Nah yang seru nih menuju ke zona apung, kita akan memasuki gerbong kereta yang juga bergerak dari zona sebelumnya sehinggak ada sensasi kita beneran naik kereta. xixixixi.

10. Zona Hollywood
Kalau zona ini kita akan disajikan kendaraan-kendaraan yang digunakan di film-film Hollywood.

11. Zona Flight Training
Lokasi zona ini ada di lantai tiga, sayangnya saya tidak sempat menjelajahi karena hujan. Di zona ini ada simulasi mengemudikan pesawat lengkap dengan ruangan cockpit. Untuk mencoba di zona ini kita kena tiket lagi ya. 


Ternyata oh ternyata, sehari menyusuri Museum Angkut itu puas banget. Sayangnya cuaca sangat tidak bersahabat sehingga kami tidak menjelajah semua zona. Tetapi mendapati zona yang sudah kami nikmati dan kita gunakan untuk berfoto-foto sudah membuat kami sangat bahagia. 

Kalau nanti diajak ke Museum Angkut lagi sih mau banget. hihihihi. Asal tidak hujan supaya bisa lebih puas!


Detail Informasi 
Lokasi : Museum Angkut Batu, Malang
HTM : Weekend : 100.000 (Pesan lewat Traveloka Xperience saat itu sekitar 98.000). Kamera kena charge biaya 30.000
Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314



Referensi tambahan :
 https://www.jtp.id/
https://www.datawisata.com/museum-angkut-malang

No comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)