Edited by Chela. Powered by Blogger.

Melek Informasi Seputar Finansial Melalui Fortune Indonesia

Belum mapan secara finansial di usia 32 tahun sebenarnya membuat saya cukup resah. Gaji sebagai guru honorer yang sudah saya lakoni selama 11 tahun ini memang terbilang belum bisa mencukupi untuk menutup  kebutuhan sehari-hari. Ada saja kurangnya meski sudah berusaha menambah penghasilan.
 

Lalu, saya terpikirkan pertanyaan teman saya beberapa waktu lalu. "Gaji pertamamu nanti buat apa?". Ya, syukur alhamdulillah sebentar lagi saya resmi menjadi ASN PPPK. Ada satu kelegaan dalam hati dimana nominal setiap bulan sudah tampak jelas di lembar leger gaji pegawai. 



Yang terpikirkan dengan gaji pertama saya sebagai ASN PPPK adalah bukan belanja ini itu menuruti hawa nafsu, melainkan saya ingin memperbaiki kondisi finansial keluarga terutama menyiapkan dana pensiun. Ada perbedaan sih antara PNS dengan ASN PPPPK dimana tunjangan hari tua atau tunjangan pensiun memang ditiadakan. Jika saya tidak memulai menyiapkan dana pensiun dari sekarang, ada ketakutan di hari tua nanti saya akan kesulitan keuangan. 



Tetapi namanya manusia, ya. Ada saja godaan kanan kiri untuk menikmati hasil jerih payah selama ini. Tidak dipungkiri ada wishlist yang selama ini saya tulis terkait jika nantinya punya uang saya ingin liburan ke.... atau jika gaji sudah banyak saya ingin beli sepatu bermerk lah, mobil untuk mobilitas ke kantor lah bahkan yang lainnya. Namun, semesta sangat baik dengan membawa saya bertemu pada sebuah artikel mengenai pentingnya memiliki dana pensiun. 


Artikel Finansial di website Fortune Indonesia


Sebuah artikel kategori finansial di website Fortune Indonesia membuat saya berfikir cukup panjang mengenai pentingnya mempersiapkan dan memiliki dana pensiun. Ulasan dalam artikel tersebut menurut saya cukup lengkap dengan pembahasan yang mudah saya mengerti. Sehingga imbas setelah membaca artikel tersebut adalah gairah untuk mulai menyiapkan dana pensiun semakin menggebu-gebu. Tidak ada kata terlambat kan ya?



Melek Informasi Seputar Dunia Bisnis melalui Fortune Indonesia

Tampilan website Fortune Indonesia melalui smartphone


Pertemuan tidak sengaja  dengan artikel finansial di website Fortune Indonesia membawa saya menyelami website ini lebih dalam. Mungkin bagi teman-teman lainnya sudah pernah dengar tentang Fortune atau Majalah Fortune Indonesia.  Namun jika kalian sama seperti saya yang baru ngeh tentang Fortune, let me tell you.

sumber: https://ebooks.gramedia.com

Bahwa, Fortune pertama kali didirikan pada tahun 1929 di New York. Fortune merupakan media bisnis terkemuka di dunia yang berfokus pada majalah, situs web, dan seri konferensi. Sejak pertama kali didirikan, Fortune dinilai berhasil mempertahankan kualitas, akurasi, dan transparansi dalam setiap penyampaian informasinya.


Fortune resmi diluncurkan di Indonesia melalui IDN Media pada tanggal 8 Agustus 2021. Lahir di tengah pandemi yang kita tahu bahwa dua tahun terakhir ini adalah masa sulit yang dialami oleh semua pihak. Dimana imbas dari pandemi covid-19 ini menghantam banyak sektor termasuk ekonomi. 


Kehadiran Fortune di Indonesia semoga dapat merajut harapan dan membangkitkan optimisme akan Indonesia yang lebih maju. Tak semata-mata hadir sebagai sumber informasi bisnis yang terpercaya atau penyedia perspektif yang mendalam, kami berharap Fortune dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia: memandang jauh ke berbagai peluang, melihat kesempatan di tengah problema, dan mengubah pejuang menjadi pemenang. ~ Winston Utomo dan William Utomo (Founder IDN Media)~



Berselancar tentang Dunia Bisnis di kanal Fortune Indonesia

Ternyata dunia bisnis itu sangat luas ya teman-teman. Banyak hal baru terkait pasar ekonomi yang selama ini mungkin saya sudah pernah membaca namun masih awam dengan istilahnya. Beruntung sekali meski terbilang masih baru, portal online ini memang mudah sekali untuk diakses dimana kita dapat memilih kategori artikel sesuai dengan kebutuhan kita. 


Kategori artikel yang dimiliki oleh website Fortune Indonesia diantaranya:  


💰 Market : Mengulas tentang berita pergerakan dan prediksi Indeks Harga Saham Gabungan. 


💰 Business : Mengulas tentang perkembangan bisnis, perusahaan, inovasi, dan profil tokoh. 


💰Finance : Mengulas tentang berita ekonomi, kebijakan BI, pajak, perbankan dan Asuransi. 


💰 News : Berisi tentang berita politik, kesehatan, industriindustri, energi dan internasional. 


💰 Technology : Mengulas tentang berita gadget, software, AI, aplikasi dan teknologi terbaru. 


💰Syariah : Berita ekonomi, investasi, asuransi, investasi dan perbankan syariah. 


💰 Luxury : Berita barang mewah, gadget, travel, hotel dan kuliner. 


Terdapat tujuh kategori artikel yang dapat kita pilih. Atau bisa juga kita langsung klik gambar ataupun judul  artikel yang memenuhi tampilan di halaman utama. Nah, untuk artikel terbaru juga disajikan dalam slide page sesuai dengan kategori artikelnya. Jelas ini sangat memudahkan kita memilih artikel mana yang akan kita baca. 



Selain itu, terdapat navigasi menuju ke sosial media Fortune Indonesia seperti facebook, instagram, twitter, youtube dan Linked in. Sosial media tersebut dapat kita follow dan sangat memungkinkan kita untuk tetap mendapatkan update informasi terkait dunia bisnis, kan. 


Pengalaman Mencari Informasi Finansial di Website Fortune Indonesia

Saat ini memang saya membutuhkan banyak sekali informasi yang berkaitan dengan finansial baik pengaturan finansial hingga investasi. Mengenai dana pensiun hingga investasi reksa dana juga dibahas dengan menarik. Bahkan ulasan mengenai pajak yang saya banyak belum paham juga dikemas dengan ulasan yang sangat mudah untuk  dipahami. 


Apalagi tampilan dari website ini terbilang ramah di mata saya baik tampilan melalui laptop/PD maupun tampilan mobile yang biasa saya akses dengan smartphone. Ramah karena tampilan halaman utama yang simple dan latar belakang clean sehingga tampilan ketika artikel dibuka secara utuh dapat kita baca dengan jelas. 


Pemilihan gambar yang menunjang setiap artikel juga tepat dan pas, karena unsur visual yang menyatu dengan judul menjadi daya tarik bagi pembacanya. Apalagi ulasan di setiap artikel menurut saya memiliki standar akurasi, keseimbangan informasi, dan transparansi terbaik di kelasnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Fortune Indonesia yang hadir dalam platform digital jurnalisme bisnis yang dengan kualitas terbaik dan membawa dampak positif bagi generasi milenial mendatang. 


Saya merasa setiap artikel dikemas dengan bahasan yang unik. Pemaparan yang resmi namun disajikan dengan pemilihan kata yang mudah untuk dipahami. Oiya, saya juga menemukan ulasan artikel finansial yang mengaitkan dengan drama korea Squid Game. Drama yang sedang ramai diperbincangkan, ternyata diulas juga dalam website ini. Hal unik menurut saya karena melalui sebuah tayangan film atau drama kita dapat menemukan insight baru yang bermanfaat untuk kita bahkan dari sudut pandang yang tidak kita pikirkan sebelumnya. 


Meskipun di sisi kanan dan kiri halaman utama website terdapat iklan, so far saya masih sangat memaklumi keberadaan baris-baris iklan tersebut. Daripada terdapat iklan pop up yang menutupi tampilan artikel sehingga sangat mengganggu ketika artikel akan dibaca. 


Tentunya ini adalah pengalaman menarik bagi saya yang sedang semangat-semangatnya memperkaya informasi tentang finansial. Semua saya lakukan demi mapan secara finansial dan tahu sejauh ini kondisi keuangan keluarga seperti apa. Selain itu, memperoleh informasi dari sumber yang akurat juga penting dimana informasi yang saya dapat juga nantinya layak untuk dibagikan.  


Jadi, tidak hanya melalui Majalah Fortune Indonesia saja untuk mendapatkan informasi tentang bisnis. Dengan website Fortune Indonesia, kita tidak hanya melek informasi bisnis dari lingkup kecil melainkan sampai lingkup dunia. 


Selamat berselancar!!! 

No comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)