Edited by Chela. Powered by Blogger.

Pentingnya Alat Pelindung Diri di Tempat Kerja

Pentingnya Alat Pelindung Diri di Tempat Kerja~Di Indonesia, kita sangat jarang melihat berbagai penyuluhan mengenai pentingya alat pelindung diri di tempat kerja terutama untuk lingkungan kerja yang ekstrem. 


Pentingnya alat pelindung saat bekerja



Sebagai contoh beberapa lingkungan kerja yang cukup ekstrem seperti tempat dengan aliran listrik tegangan tinggi, pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian, serta pekerjaan yang berhubungan dengan konstruksi bangunan.


Karena beberapa faktor tersebut pada artikel ini kita akan membahas betapa pentingnya alat pelindung diri (APD) di tempat kerja. Diharapkan artikel ini akan menjadi salah satu informasi yang sangat berguna untuk menyadarkan keselamatan kerja adalah yang utama. 


Kenapa Alat Pelindung Diri Sangat Penting?

Sebenarnya alasan satu - satunya dari pentingnya APD di tempat kerja yang ekstrem adalah untuk mencegah terjadinya cedera parah ketika terjadi kecelakaan kerja. Sebagai manusia kita diberikan pemikiran yang sangat baik untuk mencegah berbagai kejadian buruk, untuk mengurangi dampak dari kecelakaan kerja ini maka dibuatlah pelindung diri yang sesuai dengan standar setiap industri. 


Setiap industri memiliki alat pelindung diri sendiri misalnya untuk tenaga kesehatan APD yang mereka gunakan akan berbeda dengan para pekerja yang bergelut dengan ketinggian dengan salah satu contohnya body harness.


Lalu bagian tubuh apa saja sih yang dilindungi oleh APD atau alat pelindung diri ini? Secara umum semuanya, namun biasanya adalah bagian tubuh yang sangat rentan cedera saat terjadinya kecelakaan. 


Bagian Kepala

Biasanya di bagian kepala ini ada pelindung yang disebut dengan safety helmet. Mungkin sudah banyak yang menyadari helm pelindung di proyek, petugas kesehatan, ataupun pemadam kebakaran? Nah, sebagian besar dari mereka pasti memiliki pelindung di bagian kepala. 


Tujuannya dengan menggunakan pelindung kepala ini adalah menghindari cedera parah di bagian kepala, seperti yang kita tahu kepala adalah organ vital dari manusia. Dan biasanya safety helmet ini tidak sembarangan karena sudah dipastikan sesuai dengan standar setiap industri. 


Wajah dan Mata

Biasanya untuk pelindung wajah dan mata ini menggunakan perlengkapan yang disebut dengan face shield. Nah, face shield ini memiliki beragam jenis, ada yang digunakan untuk industri misalnya untuk industri yang berhubungan dengan bahan kimia, atau ada juga untuk petugas kesehatan yang lebih digunakan untuk mencegah penularan penyakit, seperti yang sering kita lihat di kala pandemi. 


Dalam dunia pekerjaan wajah dan mata ini adalah protokol wajib untuk dilindungi, hal ini tentu sudah diatur dengan peraturan industri sehingga pemilik usaha juga wajib mengingatkan bahkan menghukum pekerja yang melanggarnya. 


Pelindung Tangan dan Kulit

Selanjutnya pelindung tangan dan kulit, sebagai contoh seperti sarung tangan anti cutting, kemudian untuk kulit biasanya wearpack, atau coverall. Industri yang membutukan perlindungan tangan dan kulit ini seperti pabrik yang banyak memiliki peralatan tajam, kemudian bengkel, serta beberapa tempat yang berhubungan dengan bahan kimia atau bahkan tenaga medis. 


Pelindung Telinga

Nah, ini dia yang sangat sering terlupakan dimana pelindung telinga juga bisa menjadi alat pelindung diri penting. Di Indonesia banyak sekali bengkel motor, mobil tanpa menggunakan pelindung telinga, padahal dalam jangka panjang, telinga kita bisa saja akan terganggu. 


Ada banyak contoh kejadian bahwa orang - orang yang bekerja di pabrik yang memiliki alat bising, seperti industri manufacture, atau produsen barang tertentu lebih memiliki resiko yang besar untuk kehilangan kemampuan mendengar dalam jangka yang panjang. Sehingga pelindung telinga ini merupakan salah satu hal yang harus digunakan oleh para pekerja. 


Kesimpulan 

Tidak hanya di lingkungan kerja, sebenarnya melindungi diri sendiri adalah sebuah kewajiban yang harus kita lakukan dimana saja, dan kapan saja. Sebagai contoh, saat ini masih banyak orang lupa atau malas untuk mengenakan helm. Kemudian masih lalai ketika harus menggunakan sabuk pengaman ketika mengendari mobil. Untuk itulah sejak dini kita harus menanamkan kesadaran keselamatan kerja, dan juga keselamatan sehari - hari. Semoga artikel ini membantu ya? 

No comments

Silahkan tinggalkan jejak di blog guru kecil ya. Mohon untuk tidak memberikan LINK HIDUP dalam kolom komentar. Jika memang ada,komen akan di hapus. Terimakasih;)