Edited by Chela. Powered by Blogger.
Showing posts with label bapak. Show all posts

Bapak dan Pensiun

Sebuah postingan tentang kekagumanku terhadap sosok bapak.

 *****

masa mudanya ganteng kayak anjasmara ^_^
Akhir-akhir ini saya sedang galau. Dan entah kenapa ingatan saya seolah ingin bernostalgia di jaman kecil. Kembali ke masa kecil, tepatnya begitu. Masa dimana saya masih banyak waktu untuk bermain dan belajar bersama bapak. Memang saya anak bontot yang lekat dengan sosok bapak. Dikit-dikit bapak, kalau dinakali sama temen mengadu ke bapak, pokoknya sampai dibilang anak bapak. Sedangkan mbak jauh lebih dekat dengan ibu. Memang dua anak perempuan ibu sama bapak ini memiliki sosok favorit sendiri-sendiri. Bukan berarti saya dan mbak hanya sayang sama salah satu orang tua kita lho ya.

Dariku Untuk Bapak

Menu sahur pagi ini, masih dengan menu sederhana. Tak ada rangkaian lilin sebagai penghias meja makan. Sesekali dia mengatakan "dek, nambah  lagi maemnya biar kuat". Perlakuan seperti anak kecil #i think, tapi itu yang selalu aku rindukan ketika jauh dari rumah.

Dia orang yang selalu mengabsen namaku ketika pagi mulai menyapa. Dia yang selalu menunggu di teras ketika aku pergi dan nggak pulang-pulang. Dia yang selalu mendengarkan keluh kesahku, dan dia juga yang menaruh harapan besar sebagai penerusnya di dunia kerja.

Ya, dia itu rajaku. Lelaki tampan itu hari ini tepat berusia 60 tahun (sesuai KTP) hehe.. Usia dimana dia sudah tidak muda lagi tetapi jiwa muda masih selalu berkobar, usia dimana rambutnya sudah memutih, usia dimana dia harus mau tidak mau purna dalam mengemban amanah dan pengabdiannya terhadap negara, usia dimana harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan.

Tak ada kado spesial, hanya sebuah sabuk kulit yang mewakili iringan ucapanku padamu pagi ini. Hanya sebuah doa yang selalu kuucap dalam setiap solatku "Tuhan, lindungi orang tuaku, berikan umur panjang, kesehatan, berkah dalam menjalani setiap rancanganMu karena belum mampu ku balas semua kasih sayang mereka". 

Selamat ulang tahun bapak, tetap menjadi lelaki kebanggaan keluarga kami. Jadi kakek terhebat dari dafa, fida, keisha. Semoga allah selalu melimpahkan rahmatNya kepada bapak. Aameen.
Like father like daughter 

59Th Bapak

Yang tersayang bapakku nan gendud,

Pertama-tama adek ngucapin terimakasih sekali selama ini Bapak selalu ada dimana adek melangkah. Sampai orang-orang mengecap adek anak manja sama Bapak. Tapi adek gak menghiraukan itu pak, memang adek sayang banget sama bapak begitu juga sayang adek ke ibu. Bapak itu bagi adek sosok yang sangat hebat. Kata orang bapak galak, tapi buat adek itu memang cara bapak buat jaga adek dan keluarga. Bapak orang yang pantang menyerah. Dari semua cerita pengalaman hidup bapak yang pernah adek dengar adek tau seberapa tangguh perjuangan bapak hingga detik ini.

Melihat semua kenangan masa kecil adek sama bapak, sejujurnya adek kangen saat jemari cempluk bapak menyisir rambut adek kalau sehabis mandi. Bedakin adek dengan bedak bayi yang kata bapak dulu "anakku wedok ben ayu" (anak perempuanku biar cantik). Seiring waktu ke waktu kebiasaan indah dengan bapak itu mulai sirna sampai sekarang.Yah, karena anak perempuan bapak ini sudah besar. Dan tak terasa bapak sudah terlihat keriput di wajahnya, rambut yang berubah menjadi putih. Tak jarang satu atau dua helai alis bapak ada yang putih. Bapak sudah tua, dan hari ini 3 Agustus usia bapak genap 59 tahun. Setahun lagi bapak purna tugas dalam membina guru-guru se dabin IV. 

Adek sering mendengar mereka membuat parikan tentang bapak. Kae lho pak pengawas yang ganteng tur koyo bubur mongah mongah gedhe dhuwur blangah-blangah. Banyak yang memuji kharisma bapak, wibawa bapak, gagahnya bapak, dan gantengnya bapak. Bagi adek tetap bapak yang jadi primadona di keluarga ini. Bapak yang hebat dan sudah membekali adek dan mbak dengan ilmu budi pekerti yang gak adek dapetin di sekolah.

Gak ada kado istimewa hari ini. Hanya secarik postingan ala kadarnya buat bapak. Doa adek dan al-fateha buat bapak sehabis solat supaya bapak panjang umur, diridhoi semua usaha dan kerja , selalu awet muda, dapat membina keluarga dengan lebih harmonis lagi, dan yang pasti kesehatan yang tiada tara. Sebuah pengharapanku sampai saat ini, bapak sehat dan nantinya bapak yang akan menjadi wali disaat seseorang mengucapkan ikrar ijab kabulku. 
Selamat ulang tahun bapak gendud. Adek sayang bapak. Tetap menjadi seorang pemimpin hebat di keluarga ini. amin :)