Edited by Chela. Powered by Blogger.
Showing posts with label edukasi. Show all posts

Corona Covid-19 yang Bikin Panik

Corona Covid-19 yang Bikin Panik~Terhitung sejak 16 Maret 2020 sampai hari ini kegiatan pembelajaran yang semula di sekolah harus benar-benar off. Istilah kerennya adalah #SchoolFromHome dimana sekolah dialihkan di rumah masing-masing. Otomatis orang tualah yang berperan sebagai guru bagi anak-anaknya. Gimana rasanya ngajar anak sendiri? hehehehe. 


Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak

Belajar Toleransi dari Permainan Tradisional Anak ¬ Menjadi anak di era 90an itu menyisakan kenangan masa kecil yang luar biasa indah. Hari-hari dilalui penuh dengan canda tawa bersama teman sekampung. Bermain pasaran, kasti, sepedaan, rumah-rumahan, jamuran, sledor-sledor dan aneka macam permainan anak lainnya.

Mencari Urutan Peristiwa dalam Sebuah Bacaan

Mencari Urutan Peristiwa dalam Sebuah Bacaan ~ Salah satu unsur intrinsik atau unsur yang terdapat dalam sebuah bacaan baik dongeng, cerita, atau legenda adalah alur. Alur disebut juga sebagai urutan peristiwa atau jalannya cerita dari awal sampai akhir. 



Siap Darling Di Kompleks Candi Gedongsongo

Siap Darling Di Kompleks Candi Gedongsongo Melakukan perubahan terhadap lingkungan itu memang tidak bisa dilakukan sendirian dan hanya dalam sekali waktu. Harus terus berlanjut dimana dalam pelaksanaannya tetap menyisipkan wawasan baru yang secara tidak langsung bisa semacam mem-brain wash kita untuk lebih peduli dengan lingkungan.





Aroma Khas Anak SD

Apa yang pertama kali kalian pikirkan jika melihat foto di bawah ini? Foto yang saya jepret ketika upacara bendera Hari Senin. Maklum ya, jabatan lainnya selain guru ya jadi tukang jeprat-jepret dan nggak nyangka ternyata saya sendiri merasakan seseru itu. Nih ya fotonya 😄

sekolah dasar
barisan minyak telon

Kulkas Anda Terendam Banjir?Segera Lakukan Ini


Kulkas Anda Terendam Banjir? Segera Lakukan Ini ~ Bencana banjir bisa datang kapan saja, apalagi jika curah hujan tinggi. Masyarakat yang sering terkena banjir sudah tahu bagaimana menyelamatkan barang elektronik seperti kulkas. Tapi kalau sudah terlanjur terendam tentu rasa kecewa muncul karena bisa jadi kulkas tak bisa digunakan lagi. Tenang! Ada cara jitu agar kulkas  bisa kembali berfungsi.

Ada Peran Kita untuk Mencegah Perkawinan Usia Anak

Agustus lalu saya mendapati sebuah undangan yang biasa diletakkan di teras rumah. Undangan pernikahan yang terlihat sangat sederhana. Saya buka dan tertulis sebuah nama yang sangat tidak asing ketika membacanya. Lantas saya mengingat, saya samarkan saja namanya menjadi Mawar dengan alamat di Desa Ngembak. Tak berselang lama ingatlah saya dengan nama dan sekilas wajahnya diingatan. 

Tak Ada Perayaan di Hari Guru

Euforia hari guru sampai hari ini masih terasa. Topik hangat terkait pidato Mas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim masih sibuk diperbincangkan. Banyak pendapat yang mewakili setiap kepala dan tetunya ada yang pro maupun kontra. Hal yang lumrah! Apalagi masih ada sliweran status-status yang mengagungkan sosok guru. Nostalgia masa sekolah dengan guru favoritnya, bahkan perayaan hari guru yang begitu meriah dan ada di berbagai sosial media. 

Menjaga Cagar Budaya Indonesia adalah Tugas Kita


Menjaga Cagar Budaya Indonesia adalah Tugas KitaDua puluh dua tahun yang lalu, saya teringat sebuah kisah yang diceritakan oleh Bu Iriyani, guru kelas saat saya masih duduk di bangku kelas dua sekolah dasar. Hari sebelumnya beliau menjanjikan kepada saya dan teman-teman satu kelas bahwa besok akan ada sebuah kisah tentang salah satu tokoh agama yang diagungkan oleh umat Budha. Kebetulan sekali, kelas saya dulu termasuk kelas Bhineka Tunggal Ika, jadi lima agama resmi di Indonesia membaur jadi satu. Rukun, aman, dan kami sering berbagi cerita.

KOLABORAKSI DARLING SQUAD HIJAUKAN SITUS RATU BOKO DAN CANDI IJO


KOLABORAKSI DARLING SQUAD HIJAUKAN SITUS RATU BOKO DAN CANDI IJO ~Santer banget ya belakangan ini kampanye soal pengurangan penggunaan kantong plastic. Beberapa mini market juga menerapkan kantong plastic berbayar ketika belanja. Infografis yang berceceran di media massa mengenai kondisi Indonesia dan sampah yang saat ini mengotori lautan Indonesia. Juga alternative pembungkus makanan selain sampah juga sangat mudah kita jumpai. Ya gimana, manusia tiap hari menghasilkan sampah dan salah satu penyumbang pemanasan global juga dari sampah yang tidak kita pilah.

Sampah, Cuan, dan Sekolah

Sampah, Cuan, dan Sekolah ~ Apa yang terlintas di pikiran kalian tentang sampah? Menjijikkan? Bau? Kotor? Sumber penyakit?. Setiap hari tentu manusia menghasilkan yang namanya sampah. Pernah nggak merenung gitu sepulang belanja “ternyata sampah yang aku hasilkan sekali berbelanja lumayan banyak” atau saat mengamati murid yang asik menikmati jajanannya lalu melihat tong sampah seketika penuh meskipun baru istirahat pertama.

Menanamkan Budaya Antre Sejak Dini

Menanamkan Budaya Antre Sejak Dini ~ Lihat foto ini jangan ditanya siapa yang motoin. Saya punya kepercayaan buat mengabadikan beberapa momen yang ada di kelas. Entah jepretan itu dari saya sendiri atau dari murid. Pokoknya saya selalu melibatkan anak-anak dalam setiap momen terlebih yang ada kaitannya dengan mereka. 


Akreditasi Sekolah yang Bikin Panik Tapi Masih Sempat Piknik

Dalam perjalanan ke Jepara bulan Maret lalu, saya dirundung perasaan gelisah. Agenda piknik bersama "Adhit dan Para Selir" sudah direncanakan 2 bulan sebelumnya. Otomatis sebagai tim kowar-kowar akan sangat malu jika saya batal ikut.



Pembiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun di Sekolah

"Pak..pak.. kan tanganku bersih, kenapa harus cuci tangan?","Pak Pur... Kok cuci tangannya pakai sabun,to? Gini wae udah bersih yoo!"  Anak-anak berseru sambil mengerubungi Pak Purmadi, guru olah raga SD kami. Sementara Pak Pur masih asyik aja menyiapkan tandon air dan sabun di depan kelas 6A. 

Cermat Dalam Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan

Cermat Dalam Memilih Perusahaan Asuransi Kesehatan ~Kalian tentu setuju donk bahwa kesehatan adalah aset penting dalam diri sendiri dan orang-orang tercinta. Saya setuju baget secara ibu penderita diabetes dan sempat bolak-balik opname, bapak penderita hipertensi. Sehat itu mahal, jelas banget itu. Biaya pengobatan non BPJS aja sekali periksa bisa ratusan sampai jutaan, makanya selain menjaga gaya hidup, ada baiknya juga menyiapkan asuransi kesehatan. 



Banyak Sekali Manfaat Dari Susu Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Banyak sekali manfaat dari susu untuk kesehatan tubuh anda ~ Bagi anda yang sering mengonsumsi minuman yang mengandung banyak nutrisi tidak asing lagi dengan minuman susu. Susu terkenal dengan minuman yang kaya akan protein serta kalsium yang tinggi. Oleh karena itu banyak sekali orang yang mencari minuman susu untuk membantu kesehatan tubuhnya.



Hari Pertama Sekolah Tahun Ajaran 2019/2020

Hari Pertama Sekolah ~kok udah telat banget seminggu baru update tentang hari pertama kuliah? ya gapapa sih karena memang hari pertama sekolah dan seminggu seterusnya masih berasa sibuk-sibuknya. asheegg.. 


Lintas Generasi Beradu Akting di Film Mahasisi Baru

Masih ingat nggak ketika masa-masa OSPEK dulu. Disaat masih culun-culunnya datang dari kota kecil dan pisah sama keluarga. Tempat baru otomatis butuh adaptasi yang dramanya cukup  berat. Untungnya ada temen-temen kampus dan kos yang rasa kekeluargaannya sangat terasa luar biasa, jadi hari-hari berat jauh dari orang tua demi menyelesaikan studi terasa menyenangkan. Uniknya adalah teman kampus juga lintas usia, banyak juga si mahasiswa PGSD yang usianya jauh di atas saya waktu itu. Nunjukin banget kan kalau menuntut ilmu itu tidak terbatas pada usia. "Belajar itu harus sepanjang hayat" pesan salah seorang dosen saya dulu.


Jatuh Cinta dengan Produk Safi Age Defy

Jatuh Cinta dengan Produk Safi Age Defy ~Menjelang usia 30 tahun, belakangan ini saya sedang gencar mencari serangkaian perawatan kulit wajah. Nggak dipungkiri, pertambahan usia memang muncul beberapa kerutan halus di wajah. Meskipun setiap hari bertemu dengan anak-anak, perkara elastisitas kulit juga tidak bisa diabaikan. Itulah mengapa saya nekat ikut acara KEB Solo bersama Safi tanggal 7 Juli 2019 di Java Terrace Caffe &Resto Solo. 

Perlu dan Penting Untuk Memahami Tawaran Pinjaman Dana



Perlu dan Penting Untuk Memahami Tawaran Pinjaman Dana  ~Belakangan ini orang tua disibukkan dengan riuhnya PPDB online dan zonasi. Hal seperti itu juga dialami oleh ibu pengasuh Intan (Setelahnya saya akan menyebut ibu di postingan ini), dimana anak bungsunya masuk SMK Negeri. Sekolah SMK menjadi pilihan Galih karena dia berkeinginan selesai sekolah akan langsung terjun ke dunia kerja. Sementara saya termasuk sering diajak curhat oleh ibu mengenai biaya sekolah Galih. Saya sih memahami bahwa memang masuk sekolah membutuhkan biaya banyak. Tentang dana sekolah memang sudah ada, akan tetapi ibu ada rasa khawatir kalau memang masih kurang. Nah, ibu ini berkeinginan untuk mengajukan pinjaman online  cepat