Edited by Chela. Powered by Blogger.
Showing posts with label fakta. Show all posts

Beko

embul

Kali ini saya hadir dengan cerita dari si embul ginuk-ginuk Intan. Dua hari kemarin saya drop dan masuk angin, saya pikir ini hal yang wajar mengingat saya kurang istirahat dan tidur. Curiga sebenarnya dimana saat masuk angin itu saya lihat Intan nenenya gak sesegar dan sebanyak biasanya. Udah gitu dia keringetan banyak dan dingin bahkan sempat agak anget-anget badannya. Saya pikir itu hal wajar karena siang itu udara juga panas. Begitu sorenya dia mulai cranky, biasanya dia cranky kalau mau bobok aja. Tapi ini warbiyasak sekalih sampai saya bingung harus gimana, si papa sampai ijin buat gak berangkat ngelesin dan si mbah juga turun tangan.

Larangan Ibu Menyusui

Sebagai ibu menyusui saya sering banget ditegur. Kayaknya hidupku ini penuh teguran kali ya. Hahahaa... lagi dan lagi mitos atau fakta itu ada disekeliling saya dan itu bikin keki deh. Saya ngrasa kalaupun diterapkan di jaman sekarang kok ya udah ga jamannya lagi, atau kalau dilogika juga sepertinya gak masuk banget. Dan itu bikin dilema loh.

Tarak

gambar from google
Saya pikir setelah melahirkan mitos-mitos dan pantangan yang dipercayai orang tua jaman dulu akan berakhir. Ternyata oh ternyata justru berlanjut dan cenderung kalau saya melogika hampir tidak masuk akal. Tapi, demi menghormati apa yang sudah banyak beredar di masyarakat jadi ya saya cuma iyain aja sih. Biar seneng kan kita dapat pahala.

Kemangi Bikin Plasenta Nempel?

pict from google
Sudah gak asing lagi kan sama tanaman yang satu ini. Baunya wangi dan biasa dipakai buat lalapan. Tanamannya pun bisa tumbuh dengan mudah di kebun rumah, bahkan bisa dibilang untuk membudidayakan tanaman ini gak perlu modal banyak dan perawatan yang susah. Dulu sih banyak banget tukulan tanaman ini di samping rumah, dan sama ibu selain dipakai buat lalapan dipakai juga buat pepes sampai  bikin sambel tempe. Yes, kemangi yang warnanya hijau dan baunya khas banget.

Khasiat Air Kelapa Muda


Pastinya udah gak asing lagi kan sama tumbuhan sejuta manfaat.Yup, pohon kelapa, baik batang daun sampai buah kelapa bisa dimanfaatkan oleh manusia. Nah ngomongin soal buah kelapa, tentu bukan hal yang asing. Apalagi kelapa yang masih muda, dibikin es kelapa muda diminum saat udara lagi panas-panasnya. Es the aja bisa lewat segernya jika dibkndingkan dengan kelapa muda yang dicampur semacam rumput laut, kolang kaling, agar-agar, tape, dan susu. Jadi kebayang es teler yang biasa saya beli dikedai es langganan. Hmm..seger!!

Khasiat Minyak Blondo

pict from google

Diantara teman-teman sudah tau apa minyak blondo? Awalnya sih saya juga nggak ngerti itu minyak apaan. Dari pas hamil trimester pertama ada guru senior yang care banget dengan nasehat-nasehat seputar kehamilan. Salah satu pesan yg sering dia katakan adalah "kalau udah usia 8bulan nanti diminumi lengo (minyak) blondo ya".