Edited by Chela. Powered by Blogger.

Mengenali Aib Diri

Setiap anggota badan manusia diperuntukkan untuk tugas yang khusus. Adapun rasa sakit dari anggota tubuh itu menandakan ketidak mampuannya untuk melaksanakan tugas itu atau bisa dilaksanakan tapi dalam keadaan kacau. Tangan yang sakit itu menandakan ketidakmampuannya untuk memegang. Hati yang sakit selalu merasa berat untuk melaksanakan ketaatannya. Itulah yang dinamakan dengan cacat atau aib diri.
Namun, tak semua orang mampu peka bahkan mendeteksi keberadaan aib yang melekat pada dirinya. Terlebih yang bersangkutan dengan sifat yang melekat. Ada empat jalanyang bisa ditempuh bila ingin mengetahui aib diri sendiri :
1. Menghadap seorang syaikh/alim yang bisa mengetahui aib jiwa, sehingga dia bisa mengenali aibnya dan sekaligus mengobatinya. Atau dengan kata lain guru spiritual.
2. Mencari teman akrab yang jujur, dapat dipercaya, serta bagus agamanya. Agar ia bisa menjadikan teman akrabnya itu sebagai pendampingnya, dan memberinya peringatan dari akhlak atau perbuatan yang kurang baik.
3. Mengambil manfaat tentang aib dirinya dari penuturan musuhnya. Sebab mata yang penuh kebencian itu tentu akan memancarkan keburukan. Manfaat yang bisa diambil dari seorang musuh, bisa MENGINGATKAN aib dirnya.
4. Bergaul dengan manusia. selagi ia melihat sesuatu yang tercela pada diri mereka, maka dia segera menjauhinya.
Diadaptasi dari : AL-imam Asy-syeikh ahmad bin Abdurrahman bin quddamah Al-maqdisy,”muhtashar Minhajul Qoshidin” dengan beberapa perubahan.(majalah islami Elfata)
Postingan ini sekedar info bagi teman-teman. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu bagian dari cara kita menemukan jati diri kita. Janganlah kita mudah marah apabila ada seseorang yang mengungkapkan aib kita. Terimlah itu dengan hati sabar dan jadikan itu sebagai alasan kita untuk introspeksi diri. =)

Bunga...Lambang Kepemimpinan Perempuan Indonesia

Perempuan tak ubahnya selalu identik dengan keindahan,melalui kehalusan perasaan atau "sense of beauty".Seperti halnya juga wanita juga menyukai bunga karena keindahan dan keharumannya, oleh karena itu bunga dijadikan lambang tipe kepemimpinan.
Dr. Marta Tilaar memilih 5 jenis bunga yang tumbuh di bumi ibu pertiwi kita ini, yakni antara lain : Mawar, Melati, Teratai, dan Cempaka..
penasarankan gmana ne tu bunga menggambarkan tipe kepribadian perempuan Indonesia??baca terus yuA.....

BUNGA MAWAR : Mawar seakan menjadi bunga yang sadar akan keindahan yang dimilikinya, karena keharuman dan keindahan yang dimilikinya itu merupakan sesuatu yang menarik perhatiannya. Tapi disamping itu mawar juga pandai membentengi diri dengan duri agar setiap perhatian yang ditumpahkan adalah benar-benar perhatian yang terseleksi. Perempuan dalam tipe ini mempunyai "self confidence" yang tebal. Pemimpin yang masuk dalam kelompok ini sangat komunikatif dan popular,wibawanya besar, dan mengayomi pengikutnya.

BUNGA ANGGREK : Melambangkan kelangkaan, kemewahan, sekaligus kehangatan. Begitu pula pemimpin yang ada dalam kelompok ini, ia tak sama dengan sekelilingnya.Berbeda tapi dalam arti yan positif. Seorang yang ulet, cara kerja intensif, tekun dan giat menghadapi berbagai tantangan.Sangat mengharagai "team work",dan mampu mengerti bagaimana cara menghormati dan menghargai kemampuan orang lain.Dengan pesona keindahan dan kekuatannya, ia akan berusaha keras mencapai apa yang diinginkan.

BUNGA MELATI : Sebagaimana bunga melati yang kecil, mungil, rendah hati, tetapi memiliki makna dan manfaat yang sangat dalam. ia bersifat sederhana,tidak menonjolkan diri dan tidak memanfaatkan kehebatan lahiriah. Memberikan porsi istimewa terhadap KEJUJURAN.Keputusan yang diambil bijaksana dan prinsipnya ini membuat ia menjadi suri tauladan.

BUNGA TERATAI : Pemimpin perempuan dalam tipe ini tergolong religius, maka dari itu tingkah lakunya anggun dan santun.sementara itu,independensi pemimpin kategori ini juga setara dengan kemandirian teratai yang mengambang anggun diatas permukaan danau.menjanjikan keteguhan sekaligus keteduhan.Karakteristik yang mendominasi adalah agung, jujur, suci dan independent.

BUNGA CEMPAKA : Memiliki sikap penuh tanggung jawab, dan juga mampu mengayomi para pengikutnya dengan teladan yang ditunjukkan.Karakteristik yang menonjol adalah sikap yang Flamboyant dan kemampuannya menjadi pengayom. pemimpin dalam kelompok ini akan berdiri lebih tinggi, lebih kuat dan lebih harum daripada orang yang dipimpinnya.kelebihan itu membuat para pengikutnya meletakkan kepercayaan an harapan di pundaknya.


Maka petik makna yang ada....
perlu kita yakini bahwa perempuan sangat berpotensi menjadi seorang pemimpin, jika ia mengetahui kemampuan dan spirit untuk terus dikembangkan.



Hayo.....termasuk dalam tipe apa neh kalian calon pemimpin????????



referensi materi seminar"ketika kita harus berbicara pada keluarga"

indahnya dunia anak

kalo waktu bisa diputar lagi, kayanya gw milih jadi anak kecil lagi deh. knapa????........kayanya tu masa2 kayag gag da beban gitu...yang ada cuma maen, makan, tidur, sekolah,dapet duit,de el el lagh....jadi ngiri deh gw liad keceriaan anak2 kecil..hahahaha
nah..siang ne tuh cerah banget, udara juga rada seger tapi yang namanya kota purwodadi meskipun seger tapi campur debu juga.jadi busem ne wajah..hahahahaha.Asyik banget noh gw ma ponakan gw lagi nyanyi2 bareng disamping rumah sambil liatin anak2 TK ma SD pada pulang cekulah [kebetulan samping rumah gw tuh ada sekulaan jadinya yah tiap ari tuh liatin anak2 sekula:)) ]

pas lagi asyiknya nyanyi2 tiba2 ajah banyak anak kecil pada kerubutin sesuatu..pada liatin ke atas cmwa termasuk ponakan gw noh.Gag aku perhatiin sih tapi tiba2 ponakan gw nyletuk "liat tuh diatas poon, ada yang manjat". langsung ajah gw liat tapi kehadang ma poon pepaya..(aN***Tz tu poon)..gw panggil ajah tu salah satu anak kecil dan gw tanyaiin tuh..
gw : "ada apa si dek? kok pada krubutin gitu kaya semut krubutin gula?"
anak kecil : "tuh ada yang lai manjat poon jati kecil mbak"

langsung ajah gw bediri....dan gw liat tuh anak lagi ngapain. dan ternyata tu anak berusaha buat ngambil layangan putus yang lagi nyangkut di dahan poon jati. gw liat tuh raut mukanye, serius kaya nahan kentut..hahahahaha (geli banget gw liatnya..;) )
bermodalkan nyali yang kuat, keahlian panjat poon dan sebatang kayu kecil,,tu anak tag ada takutnya manjat poon gitu, susah payah tangan mungil dia menggapai tu layangan sampe akhirnya dia BERHASIL.....BERHASIL....HORE!!!!!!!!!:))
nah pas turun tu anak mlorot ajah gitu kaya maen prosotan..hahahaha..dengan wajah sumringah dan senyum lebar tu anak pulang deh kerumah, sambil liatin tu layang2 dan ketawa ketiwi tanpa dosa dia berjalan menuju rumahnya.hehehehe
seneng banget de pastinya tu anak dapet layangan gratis...hehehehe

itu si belum seberapa...malahan kemaren sore tuh samping rumah itu banyak banget anak2 kecil pada lari2 gitu, kirain ada nenek muw nglairin,kecelakaan ato apa..ehhhh gag taunya ngejar layangan putus...gag peduli tuh matahari menyengat kulit dan hawa panas menyelimuti tapi tetep ajah smangat buat ngejar layangan. sampe berbecek-becek ditengah sawah pun mreka lakuin demi sebuah layangan putus :) emang asyik yah kayaknya :)

duh...duh....emang indah yah dunia anak...seru abis.....tapi kadang gw ngrasa masa kecil kurang bahagia deh...kadang juga gw ikut ngejar layangan gitu,...hehehehe..SIAPA MAU IKUD AKU NGEJAR LAYANGAN????ASYIK LOH KAWAN:))

emang tu kalung sensi ma gw

aduh...duh...malang bener ne nasib..muW keliatan lebih canteg ajah ne kalung gag mau diajak kompormi...ato tuh kalung sensi yah ma leher gw.padaal leher gw gag sepanjang leher jerapah..hikz...

gini nih critanya...

pagi itu aku bangun yah lumayan siang lah..jam 7 geto..habis begadang malemnya..hehehehe padaal kata bang haji roma begadang itu gag baik, tapi gw itungannya demen noh yang namanya begadang.Untung ajah mama gag nyap2 aku banguN siang (udah apal ma kebiasaan dari kecil kali yah, susah bener ne anak kalo disuruh bangun pagi..hehehehe).nah pas ne mata udah bener2 bisa melek langsung ajah noh gw ke kamar mandi, niatnya muw cuci baju. udah nglumpuk segabreg lah.tanpa ada pikir panjang gw cuci tuh baju ma celana jeans, mana banyak banget lagi,,(SIAL @#!%$&??!!)langsung ajah neh abis nyucii tuh baju gw mandi, gaya dikit lah pake lulur gitu..hehehehe..pas aku liad bawah, tau2 kayak ada permata kecil gitu (gw kira badan gw bisa ngeluarin permata..hehehehehe)gag taunya tuh bandul kalung gw...gw pikir kalung gw udah kebawa ma arus air, panik lah gw....
pas gw raba tuh gw punya leher,, dengan seyum yang teramat berkembang, dan gigi putih yang menawan ternyata kalung gw masih ada tp dalam keadaan putus hikz.....hikz...
udah serih noh tu kalung putus di leher gw...emang tuh kalung kagag mau apa yah dileher gw...ato dijual ajah buat inpestasi??huh sebel deh mesti ke tukang patri emas lagi aklo gitu nah...sampe apal tu tukang patri emas langganan.."kalung lagi yah mba?napa gag dijual ajah..." sambil senyum2 batin gw bilang "kalo dijual ntar duitnya habis buat poya2 tyus ditanyain ma mama nyahok gw ntar"..ARRRGHHH!!!!!!!!

masih untung tuh kalung gag ilang, gag seperti nasib gelang kaki gw..ilang waktu di bus dan sampe rumah pas gw crita ma mama..wuduh buju bunenk..nyap-nyap 3 hari 3 malem....panas ne kuping tapi gw nangis juga dink..hikZ...:( sampe2 uang jatah harian dikurangi jadi limit dah:(

emang tu kalung sensi ma gw apa yah...sampe2 udah 5x putus dan udah 5x juga gw datengin ke tukang patri yang sama.mana dompet lagi kering kerontang ....huhft...gag jadi terliat menawan nan cantig lagi ne tanpa aksesori...:(

bOncEL nuMpang naMpanG ya...

kenaLin neh keluarga BONCEL gw..cantik2 loh hahahaha (uya muw pilih yang mana???hahhahhahaha). keluarga boncel itu terbentuk ketika kita pas lagi mengalami nasib yang sama..halagH....lagi baru2nya di S1 PGSD...ngrasa cocok dan nyambung tyus serin bareng gitu lah...pencetus nama "boncel" itu adalah gw...gag tau knapa di otak gw terlintas nama BOCEL..lucu jua..hehehehehe..ya udah lah sepakat deh waktu itu cheila, noni, lya, ayu, reni tergambung dalam BONCEL faMiLLy..hehehehe. terkenal rame kalo di kelas tp tetep damai dan otak berisi juga donk....hahahahaha.naH,..kali ini bOncEL muW pamEr nE pOto2 paS agy habiZ shOtiNg vcd pembelajaran neh......rAme2 gituh boNceL.....aMA bu doSen jua tP bu doSen muW caBut ke Amerika buat study lanjut T.T sLamat jaLan iBu petra T.T



asYik bangEt tuh pas lagi proses syuTingg, muka kite yang udah culun jadi semakin terlihat culund..hahahahahahahaha...tapi ada kebanggaan tersendiri ketika ibu petra mengatakan " aduh, kalian kreatif dan lucyu2 sekali...." terasa mau terbang gemana gettow...hahahahahahhahahaha.....






pOto yanG ne tuh keLuarga besar boNceL yaNg imUd beUd...terutama noh yang pake baju pinK..hahahahhaha...mAntaB kali laH kiTa berPose nya...ahahahahaha








nAh kalO yaNG iNi TuH bOncEL laGi ma bU petRa.....tP :( iBu dosEn kiTa nYang gaUL ne mUw go to aMeriKA buAt stuDy laNJut..tP taG apaLah...tEteP inGet kUg buk..hahahaha










hYAAAAAaaaaaaaaaaa....asYiKnya raME2....heheheheheheheh baReNg ma tEman2 tergOkiL...hehehehehehe