Edited by Chela. Powered by Blogger.

Membaca itu asyik ^^

Assalamualaikum epribadih...
postingan di awal pekan nih, mumpung masih dalam rangka liburan kuliah.
----- yuk kita berbagi info lagi -----

Pernah gag sih kita itu diomelin ma ortu atau mungkin kakak kita " Kamu ini disuruh membaca susahnya minta ampun" *mlotot mode on* . Semacam itu lah pokoknya, secara kita juga tahu kan kalo membaca itu merupakan jalan menuju puncak prestasi, dan ada juga pepatah yang mengatakan kalo dengan membaca kita akan membuka jedela dunia.

Tapi bagi sebagian orang khususnya anak-anak itu memang susah untuk diajak membaca, dengan alasan membaca itu bikin ngantuk, membaca itu membosankan, membaca itu blablabla, dan masih banyak alasan ngalor ngidul gag jelas. Dan hal itu bisa bikin ortu kita pusing kelabakan dan tentunya ngomel yah.

Nah, maka dari itu bagi para kaum orang tua atau kakak yang masih punya adik, gag usah kawatir. Saya akan berbagi info bagaimana anak atau adik kita atau bahkan kita gemar membaca, simak baik-baik yah^^
  1. Sediakan bacaan baru bagi anak atau adik-adik kita. Tentunya sesuaikan dengan umur mereka yah biar gag kesulitan memahaminya. Pilih buku yang menarik yang disertai dengan gambar dan permainan warna karena bisa menarik minat anak atau adik kita.
  2. Saat adik kita atau anak membaca jangan dibiarkan sendirian, tapi dampingi mereka agar ia paham pesan dari buku tersebut. Jangan terlalu lama, cuku 25menit saja, selanjutnya biarkan mereka mengeksplorasi diri.
  3. Berikan pengarahan kepada anak atau adik kita agar tidak mengalami kesulitan. Bila sulit memahami, Anda bisa menjelaskannya. Katakanlah anak atau adik kita sukar mengeja huruf, beri mereka waktu untuk mencoba. Tapi biasanya kalau berkali-kali anak tetep gag bisa, hibur dia dan ajak membaca bersama-sama.
  4. Dan ini yang paling terpenting, jangan pakai kekerasan. Misalnya kita memarahi mereka ketika tidak suka membaca. Justru anak akan merasa tertekan. Dan juga akan membuat anak menjadi alergi dengan buku bacaan. Coba tukar dengan aktifitas lain, nah Anda bisa memvariasikan aktifitas berikutnya dengan membaca buku hingga akhirnya anak atau adik kita menyukai.

Tidak ada salahnya kan kita mencoba menerapkan buat diri kita dulu baru setelah itu kita tularkan kepada adik atau anak kita. Asyik kok kalo kita gemar membaca buku, serasa kita jalan-jalan keliling dunia loh^^. Semoga bermanfaat yah.

Stop Kekerasan dalam Dunia Pendidikan

Assalamualaikum epribadih.....
Malam minggu gag ada yang ngapel, ya udah bikin postingan ini ajah^^

*Siapkan dulu camilan kalian buat baca postingan ini yak..lumayan panjang bahas ini dan itu*
----yuk kita mulai...^^----



Masih inget gag sih dulu waktu kita masih di bangku SD, kadang ada beberapa diantara kita ini susah banget kalo di suruh belajar. Bawaannya pengen mainan ajah*dunia anak getow*, bahkan ada diantara ortu kita tuh sering marahi kita, ngomel-ngomel dan bahkan ada yang mengalami kekerasan. Biasanya ortu kayak gitu biar anak nurut dan mau buat belajar. Tapi tidakkah kalian sadari wahai ortu dan teman-teman calon guru dan ortu juga, bahwa dengan tindak kekerasan pada anak bisa berdampak psikologis pada diri anak atau adik kita. *wajah serius*

Secara anak-anak itu juga manusia biasa, mereka pasti juga akan memberikan pertahanan diri apabila ia mengalami kekerasan seperti, balas membentak jika dimarahi, melawan dengan fisik kalau dimarahi, bahkan lari terbirit-birit kalo dia ngrasa gag bisa melawan. Penanganannya pun juga belum maksimal banget, padahal gag cuma kita tapi anak-anak juga butuh rasa aman. Karena yang namanya aman pasti kan nyaman. Ya gag? ^.^

Nah, maka dari itu saya selaku panitia juga disini yang dipilih dari HMP PGSD UKSW diutus untuk menyelenggarakan suatu kegiatan yang sangat positif, Seminar Nasional dengan mengusung tema Stop Kekerasan dalam Dunia Pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi wawasan bagi ortu, guru, bahkan calon guru tentang pentingnya edukasi tanpa adanya kekerasan.

*Suka duka dalam proses pengumpulan dana dan sebagainya udah di postingkan kemaren toh ^^*

Ada yang berminat?????? Silahkan bergabung dalam kegiatan positif ini, dijamin gag rugi kok buat ikut kegiatan ini. Seminar Nasional inijuga diharapkan bisa diikuti oleh mahasiswa atau gur dari luar jawa juga. Seperti mas Uya yang bersedia ikut dalam seminar ini. *thanks pak guru*


*Dan liat ni, hasil bikinan dari Daniel*



Teman-teman berminat????? bisa hubungi saya lewat facebook saya kok^^ . Ditunggu partisipasinya yah. Dan semoga bermanfaat.

Postingan intermeso untuk berbagi info ^^ semoga mendapat pahala yang melimpah.hahahahay..thanks al

Seminar = Pusing???

Liburan kali ini sungguh berbeda dari liburan kemarin-kemarin. Karena apa??liburan kali ini saya cukup di pusingkan dengan salah satu kegiatan yang diadakan oleh HMP PGSD yaitu Seminar Nasional. Cukup menarik juga temanya Stop Kekerasan dalam Duni PEndidikan. Bayangkan ajah ini gag seminar ecek-ecekan tapi Nasional. 2bulan sudah diriku ini berkutat dengan proposal dan lain sebagainya,belum juga kendala lain yang CUKUP BANYAK ada di depan mata. Seperti pembicara yang tidak bersedia mengisi,dana yang kurang mencukupi, pengunduran acara,dan masih banyak ini itu. Dan hal itu cukup membuat pusinkkk tujuh keliling.Yah,niatnya panitia sih pengen kasih yang terbaik buat PGSD..secarraaaa kita masih dalam masa-masa kalut dalam perombakan apa gitu dari pihak atasan.Tapi itu tidak menyurutkan langkah kami untuk tetap bekerja bersama (Sok Semangat padahal lagi mlempem).

Dan berbagai cara pun kita lakukan,seperti melakukan usaha dana berupa Menjual barang bekas (yakin baru kali ini aku melakukan pekerjaan itu) dan juga menjual suara alias Ngamen di Goa Maria Kerep (pasang muka tebal pokoknya).Cukup lumayan juga dengan segala daya upaya merayu para pengunjung Goa maria,selama 2 jam saya dan teman-teman mendapatkan 50ribu. *pletags*
tidak sampai situ usaha kami untuk memperoleh tambahan dana,keesokan harinya kita menjual barang-barang bekas yang sudah kami kumpulkan beberapa hari yang lalu.Lumayan juga hasilnya setelah bersitegang dengan tengkulaknya dan bernego harga,100ribu lebih pun berhasil kami dapatkan.^alhamdulillah^
dan ini saya pertontonkan hasil dokumentasi saat usaha dana,sebenarnya malu juga:( tapi tak apalah. Ini nilai plus buat kami (plus malu lha yo :P), setidaknya ada pengalaman tersendiri buat kami panitia dibanding teman-teman yang hanya menjadi peserta sajah.*sedikit sombong yah*

Ini barang-barang yang kita kumpulin tyus kita jual.



dan ini polah teman-teman lagi memilih-milih barangnya..



ada juga yang iseng-iseng ^^




Mumpung lagi sadar ada kamera ^^



Yah seperti itulah sepenggal cerita saya selama menjalani hari di liburan ini dan disibukkan dengan kegiatan Seminar.Semoga tanggal 3 februari 2010 bisa berjalan lancar.Ada yang mau ikud??datang yah ke UKSW^.^
lanjut lagi besook ajah yah.tugas menjemput peri kecil di sekolah sudah menanti..ciyaoooooo

Mengenali Aib Diri

Setiap anggota badan manusia diperuntukkan untuk tugas yang khusus. Adapun rasa sakit dari anggota tubuh itu menandakan ketidak mampuannya untuk melaksanakan tugas itu atau bisa dilaksanakan tapi dalam keadaan kacau. Tangan yang sakit itu menandakan ketidakmampuannya untuk memegang. Hati yang sakit selalu merasa berat untuk melaksanakan ketaatannya. Itulah yang dinamakan dengan cacat atau aib diri.
Namun, tak semua orang mampu peka bahkan mendeteksi keberadaan aib yang melekat pada dirinya. Terlebih yang bersangkutan dengan sifat yang melekat. Ada empat jalanyang bisa ditempuh bila ingin mengetahui aib diri sendiri :
1. Menghadap seorang syaikh/alim yang bisa mengetahui aib jiwa, sehingga dia bisa mengenali aibnya dan sekaligus mengobatinya. Atau dengan kata lain guru spiritual.
2. Mencari teman akrab yang jujur, dapat dipercaya, serta bagus agamanya. Agar ia bisa menjadikan teman akrabnya itu sebagai pendampingnya, dan memberinya peringatan dari akhlak atau perbuatan yang kurang baik.
3. Mengambil manfaat tentang aib dirinya dari penuturan musuhnya. Sebab mata yang penuh kebencian itu tentu akan memancarkan keburukan. Manfaat yang bisa diambil dari seorang musuh, bisa MENGINGATKAN aib dirnya.
4. Bergaul dengan manusia. selagi ia melihat sesuatu yang tercela pada diri mereka, maka dia segera menjauhinya.
Diadaptasi dari : AL-imam Asy-syeikh ahmad bin Abdurrahman bin quddamah Al-maqdisy,”muhtashar Minhajul Qoshidin” dengan beberapa perubahan.(majalah islami Elfata)
Postingan ini sekedar info bagi teman-teman. Semoga dapat bermanfaat dan bisa menjadi salah satu bagian dari cara kita menemukan jati diri kita. Janganlah kita mudah marah apabila ada seseorang yang mengungkapkan aib kita. Terimlah itu dengan hati sabar dan jadikan itu sebagai alasan kita untuk introspeksi diri. =)

Bunga...Lambang Kepemimpinan Perempuan Indonesia

Perempuan tak ubahnya selalu identik dengan keindahan,melalui kehalusan perasaan atau "sense of beauty".Seperti halnya juga wanita juga menyukai bunga karena keindahan dan keharumannya, oleh karena itu bunga dijadikan lambang tipe kepemimpinan.
Dr. Marta Tilaar memilih 5 jenis bunga yang tumbuh di bumi ibu pertiwi kita ini, yakni antara lain : Mawar, Melati, Teratai, dan Cempaka..
penasarankan gmana ne tu bunga menggambarkan tipe kepribadian perempuan Indonesia??baca terus yuA.....

BUNGA MAWAR : Mawar seakan menjadi bunga yang sadar akan keindahan yang dimilikinya, karena keharuman dan keindahan yang dimilikinya itu merupakan sesuatu yang menarik perhatiannya. Tapi disamping itu mawar juga pandai membentengi diri dengan duri agar setiap perhatian yang ditumpahkan adalah benar-benar perhatian yang terseleksi. Perempuan dalam tipe ini mempunyai "self confidence" yang tebal. Pemimpin yang masuk dalam kelompok ini sangat komunikatif dan popular,wibawanya besar, dan mengayomi pengikutnya.

BUNGA ANGGREK : Melambangkan kelangkaan, kemewahan, sekaligus kehangatan. Begitu pula pemimpin yang ada dalam kelompok ini, ia tak sama dengan sekelilingnya.Berbeda tapi dalam arti yan positif. Seorang yang ulet, cara kerja intensif, tekun dan giat menghadapi berbagai tantangan.Sangat mengharagai "team work",dan mampu mengerti bagaimana cara menghormati dan menghargai kemampuan orang lain.Dengan pesona keindahan dan kekuatannya, ia akan berusaha keras mencapai apa yang diinginkan.

BUNGA MELATI : Sebagaimana bunga melati yang kecil, mungil, rendah hati, tetapi memiliki makna dan manfaat yang sangat dalam. ia bersifat sederhana,tidak menonjolkan diri dan tidak memanfaatkan kehebatan lahiriah. Memberikan porsi istimewa terhadap KEJUJURAN.Keputusan yang diambil bijaksana dan prinsipnya ini membuat ia menjadi suri tauladan.

BUNGA TERATAI : Pemimpin perempuan dalam tipe ini tergolong religius, maka dari itu tingkah lakunya anggun dan santun.sementara itu,independensi pemimpin kategori ini juga setara dengan kemandirian teratai yang mengambang anggun diatas permukaan danau.menjanjikan keteguhan sekaligus keteduhan.Karakteristik yang mendominasi adalah agung, jujur, suci dan independent.

BUNGA CEMPAKA : Memiliki sikap penuh tanggung jawab, dan juga mampu mengayomi para pengikutnya dengan teladan yang ditunjukkan.Karakteristik yang menonjol adalah sikap yang Flamboyant dan kemampuannya menjadi pengayom. pemimpin dalam kelompok ini akan berdiri lebih tinggi, lebih kuat dan lebih harum daripada orang yang dipimpinnya.kelebihan itu membuat para pengikutnya meletakkan kepercayaan an harapan di pundaknya.


Maka petik makna yang ada....
perlu kita yakini bahwa perempuan sangat berpotensi menjadi seorang pemimpin, jika ia mengetahui kemampuan dan spirit untuk terus dikembangkan.



Hayo.....termasuk dalam tipe apa neh kalian calon pemimpin????????



referensi materi seminar"ketika kita harus berbicara pada keluarga"