Edited by Chela. Powered by Blogger.

Rukun Agawe Santosa Crah Agawe Bubrah

Aku teringat tentang cerita guru SDku sewaktu duduk di kelas dua dulu. Bahwa jaman dulu sering ada kegiatan bersama-sama di desanya untuk membersihkan lingkungan yang biasa disebut gugur gunung. Selain itu ada juga acara “sambatan” dimana para bapak bahu -membahu mendirikan rumah warga. Bisa dikatakan itu adalah tradisi yang sampai saat ini mungkin masih berlaku. Kalau di desaku masih ada tapi entah kalau di desa lain.

Tusuk Konde



Yang tersisa dari mbah putri, sebuah tusuk konde untuk mempercantik tatanan gelungan rambut putihnya. Kepada ibu, beliau wariskan  yang sampai saat ini tersimpan rapi di laci meja rias ibu. Kebayang betapa cantiknya simbah ketika rambutnya berhias tusuk konde "Doea Negara".



Booking Tiket Untuk Sepupu


Belom pernah naik pesawat itu rasanya… kayak orang paling ndeso sedunia. Ah biarin ajah, memang aku itu takut ketinggian apalagi kalau naik burung besi. Duh.. gak bisa kebayang kan  gimana rasanya. Tapi penasaran juga sih. Apalagi kalau naik pesawat rasanya Semarang-Jakarta cuma berasa sekedipan mata. Apalagi sekarang banyak juga kantiket promo pesawat. Aih…bu guru katrok. hahaha..

69 Tahun Indonesia Merdeka

mereka
Nak,
Malam 17an lalu mungkin di tempat kalian digelar acara tirakatan. Ya, tirakatan menyambut HUT RI yang ke 69. Dari rumah, ibu cukup mendengarkan lantunan sambutan dan doa setelah itu berlanjut dengan dendangan lagu-lagu dangdut. Ramai, ramai sekali. Kembang api mengudara dari sisi timur rumah ibu. Ah.. mereka gegap gempita menyambut esok hari dimana Indonesia akan berumur 69 tahun kemerdekaannya.

Gentong

Kalau di dapur ada benda yang cukup besar dan teronggok di sudut ruangan. Dari kecil sampe gedhe ini benda itu masih ada. Kalau aku nanya ke ibu, beliau jawab “itu warisan dari mbahmu..ibune ibu”. Muncul deh tanda tanya besar, kenapa benda itu yang dipilih ibu sebagai warisan dari mbah. Kalaupun dijual mungkin nggak laku. Tapi aku yakin benda itu memiliki kisah tersendiri buat ibu dan masa kecil ibu. Benda itu aku sebut Gentong.